WORKSHOP ONLINE: Developing Educational Game bagi Pemula

 





WORKSHOP ONLINE

Developing Educational 

Game bagi Pemula


Membuat game? Tentu saja menyenangkan, karena selama ini yang banyak dilakukan hanya bermain game dan tidak pernah tahu bagaimana membuatnya.

 

Workshop online yang diselenggarakan oleh An1mage dan Dcreate ini memberikan titik awal bagi para pemula untuk memulai "bagaimana sih membuat game" bagi yang tiddak memiliki keterampilan programming. "Ya ternyata inti dari game adalah adanya kemampuan pemain menggerakkan karakter utama, kemudian karakter utama melakukan interaksi tertentu seperti menekan tombol, kemudian bagaimana ke area lainnya, semuanya adalah link mirip seperti halaman di internet," demikian ungkap Ariesto Hadi Sutopo, pembicara utama workshop online yang dimoderatori oleh M.S. Gumelar.

Para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan Ariesto Hadi Sutopo yang merupakan seorang peneliti, dosen, penulis buku tentang ragam membuat game, sekaligus game developerSetahap demi setahap dijelaskan apa itu game, apa itu game edukasi. Game dibagi menjadi dua yaitu game tradisional atau nondigital, dan game digital. Kemudian game digital dibagi sesuai tampilan yaitu game 2D dan game 3D. Sedangkan untuk pengguna dibagi dua menjadi game untuk anak-anak dan game untuk orang dewasa. Game sesuai tujuan juga ada dua yaitu game hanya sebagai hiburan murni atau game yang ditujukan selain menghibur juga penggunanya mendapatkan tambahan ilmu tertentu, di sinilah Ariesto Hadi Sutopo menekankan pentingnya game edukasi.

 

Game edukasi berguna untuk dunia pendidikan dan memudahkan transfer segala macam ilmu pengetahuan sesuai kebutuhan dengan lebih mengena dan efektif karena adanya interaksi aktif dari para siswa atau mahasiswa yang memainkannya, jadi game edukasi tidak selalu untuk anak-anak, juga untuk orang dewasa, misalnya game simulasi pesawat. “Ada banyak software, game engine, dan bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk membuat game, gunakan yang paling memungkinkan dan termudah untuk segera memulai, praktik lebih penting agar mengerti terlebih dulu,” ujar Ariesto Hadi Sutopo sembari memberikan penjelasan ragam software, game engine, dan bahasa pemograman yang sering digunakan dalam membuat game digital.

 

Menurutnya, yang paling penting adalah membuat konsep gamenya apa? Ceritanya bagaimana? Cara bermainnya bagaimana? Sebab bila yang pertama tersebut belum didapatkan, maka akan kesulitan untuk langkah berikutnya. “Memiliki kemampuan bidang ilmu yang akan diajarkan akan memberikan kemudahan dalam membuat game misalnya ilmu biologi, maka langkah awal untuk game bagi anak-anak adalah mengenalkan ragam satwa, misalnya Komodo Dragon makan apa?” Ariesto sembari menunjukkan game buatannya di mana Komodo Dragon akan memakan rusa, bukan makanan lain seperti tanaman, buah, atau singa yang bukan di area Pulau Komodo.

 

Ariesto mulai memberikan contoh membuat game sederhana menggunakan Game Studio 2 yang dapat didownload gratis versi trialnya. Ariesto menyarankan menggunakan Game Studio 2 karena ada potensi memudahkan dalam membuatnya bagi yang belum memiliki kemampuan programming, karena ada cara membuat game dengan cara drag and drop saja. Contoh diberikan Ariesto dengan mulai membuat karakter sederhana berupa kotak yang dapat digerakkan ke kanan, kiri, atas, dan bawah, kemudian interaksi dengan suatu benda dan juga ke ruangan lainnya.

 

Dalam membuat game, Ariesto menyarankan sebenarnya tidak membuat sendirian, tetapi dalam suatu tim, yang saling mengisi, misalnya ada yang mendesain cerita, ada yang mendesain cara bermain, ada yang mendesain tampilan, dan juga ada yang andal programming. Tetapi bila hanya ingin tahu dan belajar, dipersilakan membuat game sederhana sendiri. Akan lebih cepat membuat suatu game bila menggunakan template atau game yang sudah jadi sebagai contoh kemudian dapat diubah sesuai kebutuhan.  Acara diakhiri dengan tanya jawab dan virtual foto-foto.


 


AN1MAGINE VOLUME 6 NOMOR 5 MEI 2021

An1magine (baca: animagine). An1mgine Jurnal majalah digital bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine (baca: animagine) mewadahi karya kreatif seperti cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GrupFacebookInstagramTwitter.



Komentar

Postingan Populer