SAINS: Hologram yang Bergerak di Udara

 

https://www.nsf.gov/discoveries/disc_images.jsp?cntn_id=302784&org=NSF



SAINS: Hologram 

yang Bergerak di Udara

 

Aditya Abdulgani



Kelompok penelitian holografi Universitas Brigham Young telah menemukan cara membuat hologram "lightsaber" - hijau untuk Yoda dan merah untuk Darth Vader - dengan menggunakan sinar.

 

Terinspirasi oleh fiksi ilmiah, para peneliti juga telah merekayasa versi yang sama kecilnya dari Starship Enterprise dan Klingon Battle Cruiser yang dapat dilihat dengan mata telanjang. "Apa yang dapat dilihat dalam adegan yang kami buat adalah benar-benar nyata holograam yang berada di udara; bukan rekayasa komputer," kata pemimpin peneliti Dan Smalley, seorang insinyur listrik di BYU. "Hal Ini tidak seperti di movie, di mana lightsaber atau torpedo foton tidak pernah benar-benar ada di ruangan secara fisik. Ini nyata, dan jika dihat dari sudut mana pun, hologram terlihat ada dan berada di ruang tersebut."

 

Hologram tersebut adalah karya terbaru dari Smalley dan tim peneliti yang menarik perhatian nasional dan internasional tiga tahun lalu ketika mereka menemukan cara menggambar objek yang mengambang bebas tanpa layar di luar angkasa. Teknik ini disebut sebagai tampilan jebakan optik, hologram dibuat dengan menjebak satu partikel di udara dengan sinar laser dan memindahkan partikel tersebut, meninggalkan jalur yang diterangi laser yang mengapung di udara seperti "printer 3D untuk cahaya".

 

Proyek baru para peneliti, yang didanai oleh U.S. National Science Foundation, naik ke level berikutnya dan menghasilkan hologram animasi sederhana di udara. Perkembangan ini membuka jalan dan menambah pengalaman yang imersif ke depannya di mana orang dapat berinteraksi dengan objek virtual seperti holografik yang hidup berdampingan dalam ruang secara langsung dengan kita. "Sebagian besar tampilan hologram 3D sebelumnya mengharuskan seseorang untuk melihat layar, tetapi teknologi hologram terobosan baru ini memungkinkan bagi penggunanya untuk membuat gambar mengambang di udara - dan itulah dapat terlihat secara fisik, ilmu fisika, bukan fatamorgana," kata Smalley. "Teknologi ini memungkinkan pembuatan konten hologram animasi dinamis yang mengorbit atau merangkak atau meledak di udara setiap hari."

 

Untuk mendemonstrasikan prinsip tersebut, tim peneliti telah menciptakan figur tongkat virtual yang berjalan di udara. Para peneliti mendemonstrasikan interaksi antara gambar hologram  virtual buatan mereka dengan manusia, di mana tim peneliti meminta seorang siswa meletakkan jarinya di layar volumetrik dan kemudian merekam sosok tongkat yang sama berjalan bersama dan melompat dari jarinya. Smalley dan Rogers merinci ini dan terobosan terbaru lainnya di Nature Scientific Reports. Mereka menunjukkan kemungkinan untuk mensimulasikan gambar hologram virtual dengan menggunakan latar belakang proyeksi perspektif dengan waktu yang bervariasi.

 

"Kami dapat memainkan beberapa trik unik dengan gerakan paralaks (motion graphics), dan kami dapat membuat tampilan terlihat jauh lebih besar daripada ukuran aslinya secara fisik," kata Rogers. "Metode ini memungkinkan kami untuk menciptakan ilusi tampilan yang jauh lebih dalam hingga secara teoritis tampilan hologram dengan ukuran tak hingga."

 

Referensi

[1]  Hologram experts can now create real-life images that move in the air https://www.nsf.gov/discoveries/disc_summ.jsp?cntn_id=302784&org=NSF&from=news

[2]    New 'Hologram' Device Levitates Particles to Create 3D Objects in Thin Air https://www.livescience.com/61561-hologram-true-3d-sculpture-light-sci-fi-real.html



 


AN1MAGINE VOLUME 6 NOMOR 5 MEI 2021

An1magine (baca: animagine). An1mgine Jurnal majalah digital bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine (baca: animagine) mewadahi karya kreatif seperti cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GrupFacebookInstagramTwitter.




Komentar

Postingan Populer