YEH LABUH: Air Terjun di Area Candidasa

 

http://tourism.karangasemkab.go.id/







YEH LABUH:

Air Terjun di 

Area Candidasa

Wulan Ardhana


Keindahan objek wisata di Pulau Dewata Bali, hampir tidak pernah habisnya jika an1mareaders mau menjelajahinya, tidak hanya suguhan pantai,  sawah terasering, tetapi juga sejumlah air terjun, menjadi daya tarik istimewa bagi para pecinta rekreasi alam petualangan.

 

  

Setelah sebelumnya artikel area wisata di area Candidasa, Sengkidu seperti Pantai Bias Putih atau Pantai Virgin beach, kemudian Air Terjun Jagasatru, dan Desa Bali Aga Tenganan. Kini masih ada lagi yaitu air terjun yang berada relatif dekat dengan Air Terjun Jagasatru, area tetap masuk Manggis, namun kali ini tepat di Desa Selumbung Kaler. Air Terjun Yeh Labuh, Yeh artinya air dan labuh berarti jatuh atau terjun, sebenarnya air terjun ini memiliki nama yang identik artinya dengan air terjun juga dalam Bahasa Daerah Bali.


Yeh Labuh yang berada di Kabupaten Karangasem dapat dikunjungi, lokasinya tersembunyi dan jauh dari keramaian, air terjun ini sangat cocok bagi yang anti mainstream. Yeh Labuh waterfall memiliki pemandangan alam indah dengan rekreasi alam petualangan, seperti permata yang tersembunyi (hidden gem) yang akan memberikan pengalaman liburan baru di kawasan pariwisata di Bali Timur. Keindahan tersembunyi yang disuguhkan oleh Air Terjun Yeh Labuh, Karangasem. Nama Yeh Labuh mungkin belum banyak orang mengetahui keberadaan tempat rekreasi alam air terjun di Kawasan Pariwisata Bali Timur, sehingga Yeh Labuh waterfall ini, masih jarang pengunjung dan membuat suasana alamnya tenang dan lebih damai, apalagi saat pandemic ini.

 

Namun seiring berjalannya waktu perlahan tapi pasti akan lebih banyak orang yang akan tahu, sharing area wisata yang dilakukan langsung oleh para pengunjung, sebagai destinasi wisata terbaru di wilayah Kabupaten Karangasem dan menjadi tujuan tour yang potensial di kawasan pariwisata di Bali Timur. Saat ini air terjun Yeh Labuh belum dikelola secara maksimal, sebagai kawasan tujuan pariwisata, ke depannya diharapkan agar lebih lengkap dengan sarana pendukung, sehingga mereka para pengunjung bisa lebih nyaman menikmati pesona alam yang ditawarkan.

 

Lokasi Air Terjun Yeh Labuh tepatnya di Desa Selumbung Kaler, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali Timur. Jika perjalanan dilakukan dari Denpasar menuju Karangasem, maka pada jalan raya utama an1mareaders akan bertemu pertigaan yang ada patung buah manggis dengan penutup seperti gazebo versi kecil, jadi patung buah manggisnya tidak begitu kentara, belok ke kiri, Patung buah manggis ini setelah melewati perempatan Padang Bai dan sekitar 5 km sebelum Pura Candidasa. Setelah memasuki jalan yang ada patung buah manggis saat di perempatan pertama kemudian belok ke kanan untuk menuju desa Selumbung Kaler.

 

Ikuti jalan utama tersebut dan perhatikan tanda di pinggir kiri jalan bertuliskan "Yeh Labuh," bila ragu dan belum tahu, sebaiknya menanyakan lagi pada warga setempat keberadaanya, mereka akan senang hati memberitahunya. Air terjun Yeh Labuh ini memiliki dua undakan air terjun bertingkat, tempat pertama yang paling bawah, disebut dengan nama Air Terjun Tibu Kresek, kemudian ke area berikutnya naik sekitar 10 menitan maka akan tiba di Air Terjun Tibu Tengah, kedua air terjun inilah dinamakan Air Terjun Yeh Labuh.

 

Air Terjun Tibu Tengah bagian atas dari Air Terjun Yeh Labuh ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter, sedikit lebih rendah dari air terjun Jagasatru yang juga berada di Area Manggis, yang memiliki ketinggian 40 meter. Air Terjun Yeh Labuh memiliki keindahan lain, dalam perjalanan ke sana dapat juga mengisinya dengan menyusuri sungai, bebatuan dan jalan setapak yang cukup menantang, bahkan terkadang harus memanjat tebing, perjalanan ke tempat ini akan menjadi rekreasi alam petualangan menyenangkan. Liburan menikmati tempat-tempat indah seperti ke objek wisata air terjun Yeh Labuh ini, dengan medan yang cukup sulit dan menguras tenaga ini, lebih disarankan bersama rombongan, agar bisa saling membantu dan lebih menciptakan suasana lebih menyenangkan.

 

  

Referensi:

https://www.balitoursclub.net/air-terjun-yeh-labuh/

http://tourism.karangasemkab.go.id/wisata/air-terjun-yeh-labuh-yang-mengyegarkan-hati/

https://www.mentaribaliholiday.com/2015/11/objek-wisata-air-terjun-yeh-labuh-di.html





AN1MAGINE VOLUME 6 NOMOR 4 APRIL 2021

Jurnal majalah digital bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine (baca: animagine) mewadahi karya kreatif seperti cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GrupFacebookInstagramTwitter.


Komentar

Postingan Populer