SHOH ACADEMY: 3D Modeling di Industri Video Game


 

SHOH ACADEMY:

3D Modeling di Industri Video Game

Mas Be


Sesuai dengan permintaan yang tinggi selama mengadakan SHOH Academy Sharing Session, banyak teman-teman yang selalu penasaran dengan 3D Modeling. Dari mulai konsep, proses pengerjaan sampai bagaimana suatu modeling bisa digunakan di tahap selanjutnya tanpa ada masalah teknis.



SHOH Academy membuat sharing session tentang modeling 3D berkolaborasi dengan studio game AGATE. Akan dibahas apa saja perbedaan modeling untuk animation dan juga video games. Hadir Yohan Power sebagai host di sesi kali ini, menampilkan bintang tamu Adityaloka Pratama sebagai Lead 3D Artist dari Agate.

SHOH Academy sharing session kali ini diikuti 188 peserta berlangsung pada hari Sabtu 24 April 2021 mulai pukul 13.00 hingga 15.00 diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Medan, Padang, Bangka, Tanjung Pinang, Jambi, Lampung, Jakarta, Bekasi, Bandung, Tangerang, Serang, Depok, Garut, Cilegon, Tasikmalaya, Majalengka, Pasuruan, Cirebon, Tegal, Brebes, Solo, dan SalatigaLalu Yogyakarta, Wonosobo, Malang, Magetan, Nganjuk, Probolinggo, Mojokerto, Samarinda, Balikpapan, Natuna, Mamuju, Bali, Makassar, Lombok, dan negara tetangga Australia.


Pada kesempatan ini sebagai host acara Yohan Power Gunawan seorang Art Director dari SSE-Studio SHOH Entertainment, menghadirkan bintang tamu Adityaloka Pratama (Dito) seorang Lead 3D Artist dari studio game Agate, Bandung. Acara dibuka dengan pengenalan tentang Studio SHOH, CEO SSE Bapak Shoh yang turut andil dalam pembuatan film serial AVATAR The Last Airbender season 1 sebagai storyboard artist, season 2 dan 3 sebagai Supervising Director; pekerjaan Intellectual Property (IP) SSE Satria Heroes KAI, sejumlah pekerjaan Service Work dari Korea dan Dreamworks yang tengah diproduksi SSE.


Lanjut dengan perkenalan Dito lulusan DKV ITB tahun 2008, melanjutkan studinya di Digipen Institute Technology Singapura tahun 2013 dan fokus di bidang Game, sekarang Lead 3D Artist di Agate, Bandung. Agate sebagai salah satu studio game berdiri tahun 2009 dengan 18 karyawan, sekarang sudah lebih dari 200 karyawan dengan 15 project game yang tengah dikerjakan. Setelah melihat demoreel karya game Agate, paparan hari ini akan fokus pada karakter monster game Tirta yang segera rilis dalam waktu dekat.


Dimulai dengan Concept Art dengan berbagai sketsa-sketsa hingga dipilih untuk dibuat Highpoly Modeling; ini adalah bagian yang paling menyenangkan menurut Dito dikerjakan dengan menggunakan software Zbrush. Baru kemudian masuk tahap Lowpoly Modeling atau Retopology dan UV Unwrap untuk persiapan Baking dan Texturing; lanjut dengan Rigging dan Animasi (proses pembuatan ‘tulang’ agar model 3D dapat dianimasikan pada game). Sampai dengan bagian ini prosesnya sama dengan membuat 3D modeling untuk animasi, proses selanjutnya yang mulai berbeda dan fokus pada Game engine.


Proses ‘Game engine implementation: Shader Creation’; adalah pembuatan susunan material untuk fine-tune hasil akhir model dalam game, juga pembuatan parameter efek visual pada karakter. Berikutnya ‘Physics model & Blend space’, pembuatan model (yang tidak terlihat) yang berpengaruh terhadap colision karakter terhadap benda-benda di sekitarnya, Blend space agar gerakan animasinya terrlihat lebih hidup dan dikendalikan oleh pemain game/player.

 

Programming and Blue print’; di bagian ini merupakan pembuatan Artificial Intelligence (AI) agar karakter bereaksi dengan lingkungan sekitar dan berinteraksi sesuai dengan input dari player. Bagian akhir yang sangat menantang adalah Technical Art, seperti pembuatan Lighting, Color Correction, Post processing volume, Visual effects yang menggunakan Unreal Engine atau juga Unity, seorang Technical Artist dengan kemampuan logika plus art mendapat salary beberapa kali lipat dibandingkan 3D modeler.
Setelah selesai bagian ini pada intinya sebuah Game sudah selesai dibuat, kemudian masuk ke bagian tester (Alpha dan Beta) baru akhirnya Game akan rilis di pasaran.

Tip dan trik dari Dito pembicara kali ini dalam membuat 3D modeling dan Game adalah:
Kerjakan yang disenangi dan pilih pekerjaan yang paling simpelJangan hanya belajar atau menghafal software tetapi dimengerti dasarnya, Perluas network dan kolaborasi, Terus belajar dan jangan pernah menyerah, terakhir lakukan semuanya dengan ‘have fun’ sehingga hidup kita bukan hanya bekerja tetapi menghasilkan karya.

Pada acara sharing SHOH Academy kali ini, peserta webinar yang beruntung mendapatkan voucher potongan belanja dari HUION, sebesar 100K untuk pembelian pen tablet Huion, dan/atau 500K untuk pembelian pen display Huion berlaku selama 6 bulan, sebagai berikut:


Nurhasanah.dena@gmail.com

indrasmoro211@gmail.com

davidkomikus16@gmail.com

arvisuria@gmail.com

andrewjhonatan96@gmail.com

ktgunawan89@gmail.com

denidandrian@gmail.com

dimasp1996@gmail.com

luthfifikriansyah68@gmail.com

 

Semoga sharing mengenai “3D Modeling di Industri Video Game” ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung dan berkarir di dunia industri game dan animasi, nantikan kelas SHOH Academy berikutnya.

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy
IG @shohacademy
Telegram: SHOH_Academy

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

Studio SHOH Entertainment
IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment


Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, 

Kuningan, Jakarta Selatan 12940

recruitment@studioshoh.com 






AN1MAGINE VOLUME 6 NOMOR 4 APRIL 2021

Jurnal majalah digital bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine (baca: animagine) mewadahi karya kreatif seperti cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GrupFacebookInstagramTwitter.


Komentar

Postingan Populer