UNTAR KULIAH ONLINE: “Animasi Sticker Sebagai Ciri Khas Bahasa Gaul Generasi Z”

  




UNTAR KULIAH ONLINE:
“Animasi Sticker Sebagai Ciri 

Khas Bahasa Gaul Generasi Z”

Mas Be



LINE Stickers is a sticker community posting app that lets users tag stickers with original phrases and share them with each other. Users can select the stickers they like and add phrases without the need to purchase the stickers themselves. Jan 9, 2015

 

Bagi ‘Kids zaman Now’ generasi Z sekarang ini Sticker sudah marak dan umum dipakai sebagai bagian dari chat/ngobrol pada aplikasi media social seperti Whatsapp, Line, Kakaotalk, dan lain sebagainya. Padahal bila melihat kamus arti Sticker adalah gambar tempel, tempelan, atau perekat; namun Sticker yang dibicarakan kali ini lebih pada satu gambar yang mewakili perasaan penggunanya baik yang gambar diam/still maupun yang bergerak/ gif animate.

Acara kuliah daring dibuka oleh Bapak Edy Chandra, S.Sn., M.Ikom (kepala program studi DKV FSRD Untar) dengan MC Kak Tania Harlim, S.Ds, dan Pak Budi Darmo, S.Sn., M.Ds. selaku Moderator acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 20 Maret 2021 mulai pukul 13.00 hingga 15.00 diikuti 94 peserta dosen dan mahasiswa DKV Untar termasuk Bapak Toto Mujio Mukmin, S.Sn., M.Hum.

Pada kuliah daring jurusan DKV - Desain Komunikasi Visual dari Untar - Universitas Tarumanagara, Jakarta menghadirkan dosen tamu Drs. Bambang Gunawan Santoso, M.Sn atau lebih dikenal dengan Mas Bambi yang mempunyai IP – Intellectual Property Mas Be dan TAACI Tasty Adventure, menulis beberapa buku animasi di antaranya seperti buku “NGANIMASI INDONESIA: Indonesia Animation Industry Data” terbitan Elexmedia Gramedia tahun 2018.

Sticker biasanya menampilkan Facial Expression seperti: Smile, Happy, Sad, Cry, Angry, Calm, LOL, Annoyed/jengkel, Good morning, Resentful/sebal, dan lain sebagainya.
Sticker juga berguna untuk:


1. Menggantikan pesan berupa teks


2. Bahasa Visual lebih menyenangkan


3. Bagi yang susah berkat-kata, mewakili perasaan

4. Fun & anak muda/gaul

5. Merchandise & jadi ‘cuan


Pada bagian lain didemokan oleh Bambi bagaimana membuat Sticker animated dengan menggunakan software Photoshop; dimulai dari menggambar outline karakter Nimas - setelah sketsa-sketsa, kemudian pewarnaan dengan system layering; dan berlanjut meng-animate per-frame dengan pemilihan gambar melalui layer-layer yang sudah dibuat, sehingga menjadi suatu Sticker Nimas dengan animate mata berkedip dan bibir tersenyum.

Kemudian penjelasan mengenai Kekayaan intelektual (IP – Intellectual Property) adalah kategori properti yang mencakup kreasi tidak berwujud dari kecerdasan manusia. Selain IP animasi, terdapat banyak IP untuk Kuliner, tarian, lagu, acara olah raga seperti Asian games, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan HKI-Hak Kekayaan Intelektual (copyright) karakter animasi yang kita buat, cek pendaftarannya di link https://www.dgip.go.id/  Laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM Republik IndonesiaPengajuan dengan menyertakan “character bible” yaitu gambar karakter tampak depan, belakang, samping, dan ¾, pose-pose sesuai kepribadian karakter, dan berbagai ekspresi wajah, plus data warna; disertai keterangan tentang siapa dan bagaimana karakter tersebut.

Jadi sebetulnya untuk pembuatan Sticker adalah merupakan salah satu bagian dalam Merchandise suatu IP, selain Sticker dapat juga dibuat film animasnya, webtoon, comic, game, boneka, kaos/t-shirt, dan lain sebagainya. Ada beberapa pertanyaan menarik seperti, kalau IP yang kita buat berkembang dan ada perubahan, bagaimana dengan urusan HKI?Sebetulnya yang namanya desain karakter pasti akan berkembang dan berubah; selama intinya masih karakter yang sama tidak perlu didaftarkan HKI kembali, tetapi boleh saja didaftarkan HKI beserta varian versi terbarunya. Semoga sharing mengenai Sticker dan sepintas tentang IP ini dapat menambah wawasan bagi mahasiswa DKV Untar dalam berkarya dan menciptakan IP-IP baru yang lebih marak dan disukai pemirsanya. 

Salam Nganimasi!

Drs. Bambang Gunawan Santoso, M.Sn (BAMBI)
Youtube: Bambang Gunawan Santoso
IG @bambigunawan
     @taaci_official
si.bambi@gmail.com
FB group : ANIMART
                   Nganimasi Bersama Mas Be
                   Karakter Unyu Nganimasi
FB Page : MAS Be
Line sibambi
Pinterest sibambi









An1magine Volume 6 Nomor 3 Maret 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Komentar

Postingan Populer