STUDIO SHOH ENTERTAINMENT: SEKOLAH PILAR INDONESIA: “BERKARIR DI STUDIO ANIMASI”

 



STUDIO SHOH ENTERTAINMENT: 

SEKOLAH PILAR INDONESIA: 

“BERKARIR DI STUDIO ANIMASI”

Mas Be


Sharing Session dari Sekolah Pilar Indonesia ini diadakan secara rutin setiap bulan dengan menghadirkan narasumber yang dapat menjadi inspirasi siswa di dunia industri kelak.  Keseluruhan sharing session ini selalu dikelola oleh siswa-siswi kelas 7, 8 dan 9. Pada hari Jumat, tanggal 19 Maret 2021, Studio SHOH Entertainment mendapatkan kesempatan untuk bertemu secara online dengan teman-teman dari Sekolah Pilar Indonesia.


Acara yang berdurasi 1 jam 30 menit ini dimulai pada pukul 13.30 dan mengambil judul “Berkarir Di Studio Animasi”.  Sharing session ‘Berkarir di Studio Animasi’ dari Studio SHOH Entertainment ini diikuti oleh 78 guru dan siswa-siswi kelas 7, 8 dan 9 Sekolah Pilar Indonesia. Dengan dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SMP Sekolah Pilar Indonesia: Ibu Darnila Rahmawati, Guru Pembimbing Kelas 7: Ibu Dian Kartika, dan Guru Seni dan Budaya Bapak Henri Sucahyo Purnomo, sharing session ini pun berjalan dengan cukup lancar.


Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Nasional “Ampar-ampar Pisang” dan “Mars Sekolah Pilar Indonesia” dan dilanjutkan ke inti acara sharing kali ini; hadir sebagai pembicara Sagita Ajeng seorang Public Relation dan Bambang Gunawan (Bambi) Training Manager dari SSE-Studio SHOH Entertainment. Acara dibuka dengan pengenalan tentang Studio SHOH Entertainment, animation project yang sedang dikerjakan: TBuster, Miraculous: Tales of LadyBug & Cat Noir, Spirit Riding Free dan Little Dreamer Gudda. Kemudian penjelasan tentang karir apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah studio animasi; dimulai penjelasan tentang Pipeline Produksi Animasi; mulai Praproduksi, Produksi, dan Pascaproduksi.


Penjelasan mengenai apa saja yang dikerjakan pada Concep Design, Storyboard, 3D Modeling, 3D Rigging, 3D Layout, 2D Animation, 3D Animation, Lighting Render Compositing, VFX/Visual Effects, dan EditingSelain karir di dalam pengerjaan proses produksi animasi, karir lainnya dapat menjadi pilihan karir di industri animasi seperti: Producer, Production Coordinator, Technical Director, Technical Script, Information Technology, Communication & Marketing, Licensing & Distribution Product, Dubber, Music composer, Jingle/soundtrack, Singer, Sound Effects, & Script writer.

Dilanjutkan informasi mengenai Studio SHOH Entertainment social media, termasuk Youtube: Studio SHOH Entertainment dan IG @shohentertainment dan @shohacademy dan beberapa acara SHOH Academy Sharing Session. Sharing session di tutup dengan sesi tanya-jawab. Hal yang paling menarik adalah pertanyaan dari teman-teman Sekolah Pilar Indonesia bukanlah pertanyaan sederhana, tetapi pertanyaan yang sangat ‘berbobot’ dari siswa kelas 7. Seperti bagaimana tingkat kesulitan dari masing-masing Praproduksi, Produksi, dan Pascaproduksi? 

Pertanyaan lainnya adalah apakah TV show animasi di Indonesia sudah bisa bersaing dengan animasi dari luar negeri dan hal apa saja yang harus ditingkatkan untuk kemajuan industri animasi Indonesia? Acara sharing dari SSE di Sekolah Pilar Indonesia ini berlangsung sangat seru dan menggembirakan dengan antusias para siswa yang bertanya dan berkomentar. Terima kasih banyak para bapak dan ibu guru pengajar dan siswa-siswi semua, semoga memberikan manfaat dan kita dapat berkolaborasi untuk acara sharing berikutnya.

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy
IG @shohacademy
Telegram: SHOH_Academy

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

Studio SHOH Entertainment
IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment


Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
recruitment@studioshoh.com


 



An1magine Volume 6 Nomor 3 Maret 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Komentar

Postingan Populer