DIGIPRENEUR: Membuat Toko Online Mandiri atau Gabung di Online Marketplace

  



DIGIPRENEUR:

Membuat Toko Online Mandiri atau 

Gabung di Online Marketplace

Kevin Putrantro

 

 

Industri e-commerce terus berkembang pesat. Khususnya pada tahun 2020 telah didorong oleh Covid-19 dan varian virus lainnya, penjualan e-commerce global mencapai lebih dari $ 25 triliun. Calon pembeli mulai melihat kemudahan membeli secara online, dan mereka bahkan mengambil langkah lebih tinggi; mereka berbelanja langsung dari ponsel pintar mereka untuk produk dan layanan digital dan nondigital.

 

  

Banyak pemula ingin memasuki bisnisi internet ini tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Jika An1mareaders masuk kategori ini, sebenarnya membuat bisnis toko online atau e-commerce tidak pernah semudah sekarang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

 

Apakah membuat toko online sulit?

 

Menjual produk secara online menggunakan dan membuatnya di masa lalu tentu saja sulit. Namun kini, teknologi membuatnya lebih sederhana untuk membangun toko online lebih cepat daripada yang pernah dibayangkan beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu membuat toko online sangat sulit. An1mareaders diharuskan untuk menyewa jasa seseorang yang tahu cara membuat kode untuk membuat situs untuk toko online tersebut. Ada banyak hal yang harus dilibatkan dalam menjalankan bisnis online yang sukses. Hal Ini bukanlah tugas yang mudah dengan segala cara.

 

Misalnya, An1mareaders harus mencari tahu cara menentukan peringkat di mesin pencari atau search engine seperti google, yahoo atau sejenisnya, cara mendapatkan pelanggan, dan cara mempertahankan mereka tetap menjadi pelanggan setia. Namun, menyiapkan toko online sendiri di masa ini cenderung lebih mudah. Bahkan ketidaktahuan akan programming tidak seharusnya menjadi kendala atau hal yang menahan an1mareaders untuk segera membuat toko online sendiri.

 

Karena kini beberapa toko online yang disediakan oleh online marketplace cenderung lebih mudah, tanpa programming, dengan hanya beberapa klik, toko online An1mareaders (baca: animareaders)  dapat aktif dan sudah dapat berjualan produk seperti barang dan jasa untuk digital dan nondigital. Tidak perlu menunggu.

 

Ambil inisiatif sekarang dan manfaatkan pasar internet yang terus berkembang ini. Pembuat situs web e-niaga atau online marketplace atau digital mall memungkinkan An1mareaders membuat toko online sebagian besar secara gratis hanya dengan beberapa klik dan bahkan memungkinkan untuk menjual dengan mudah di pasar daring atau online tersebut seperti di seperti Dcreate, ikomik, iteks, An1mage, dan pasar online sejenisnya.

 

Apakah membuat toko online mahal?

 

Untuk membuka toko online sendiri seperti di digital mall atau online marketplace yaitu Dcreate tidak dipungut biaya. Tetapi membangun toko online independen atau secara mandiri tentu memerlukan biaya namun tentu saja memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh toko online yang dibuat gratis di penyedia jasa online store di online marketplace yang ada.

 

Awalnya, toko online yang dibuat sendiri yang terlihat bagus mungkin berpikiran “Wow” terlihat mahal. Namun, jika dibandingkan dengan keuntungan yang bisa dihasilkan, biaya yang dikeluarkan sebelumnya ternyata bukan apa-apa dibandingkan dengan potensi keuntungan yang jauh lebih besar!

 

Dunia online atau internet berkembang pesat dan secara langsung mengarah pada pertumbuhan pesat dalam penjualan online. Terlebih lagi dipaksa tumbuh pesat karena adanya faktor pandemic virus; Covid-19Membangun toko online e-commerce independen Anda sendiri dengan kualitas yang baik dan melindungi Anda dari peretas (hacker), virus, malware, bot, dan potensi ancaman lainnya memerlukan biaya antara $ 200 dan $ 500 per bulan atau sekitar $ 1000 hingga $ 5000 USD per tahun atau sekitar lima belas juta sampai lima puluh juta per tahun.

 

Jika An1mareaders baru memulai membuat toko online secara mandiri, pilih opsi yang terjangkau, perkaya situs web dengan foto produk Anda. Seiring bisnis yang terus berkembang dan kebutuhan untuk memiliki situs yang sangat canggih muncul, akan selalu ada waktu, dana, serta ruang untuk meningkatkannya di masa depan.

 

Solusi toko online dihosting oleh orang lain atau dihosting sendiri?

 

Pada dasarnya ada dua cara untuk membangun situs toko online an1mareaders yaitu:

 

1) Situs toko online yang dihosting oleh orang lain yaitu menyewa jasanya: situs toko online yang dihosting oleh orang lain atau jasa hosting dan programming, hal ini sangat cocok bagi an1mareaders yang mencari solusi ramah pengguna yang tidak memerlukan kemampuan teknis apa pun.

 

Karena situs toko online ini dibuat oleh orang lain untuk An1mareaders sebagai bagian dari layanan mereka. Yang diperlukan cuma mengeluarkan dana sekitar lima belas sampai lima puluh juta rupiah per tahun.

 

 

2) Situs toko online yang dihosting sendiri: solusi dengan menghosting sendiri toko onlinenya adalah pilihan bagi yang memiliki dana dan untuk an1mareaders yang ingin membuat toko yang unik, toko online yang membutuhkan pendekatan yang lebih fleksibel dan, akibatnya, menuntut banyak pengetahuan teknis karena an1mareaders perlu menyiapkan server sendiri untuk perangkat keras dan perangkat lunak. Belajar ragam coding dan programming, serta belajar ragam ilmu IT, juga hal yang menakutkan adalah serangan hacker, dan bila an1mareaders tidak tahu apa-apa tentang cara melindungi toko online secara mandiri.

 

Tetapi dengan uang dan saat punya uang, An1mareaders dapat menyewa orang IT untuk melindungi toko online mandiri tersebut. Setidaknya apa pun pilihannya bergantung pada kebutuhan spesifik  dan keahlian yang dimiliki. Jadi bisa saja membuat semuanya sendiri dan dihosting sendiri menjadi lebih terjangkau atau malah lebih mahal karena ingin semuanya dikerjakan sendiri atau malah tidak jadi karena tidak mengerti apa pun.

 

Jadi bila ternyata tidak siap membuat toko online mandiri, selalu ada online marketplace di luar sana termasuk Dcreate, ikomik, iteks, An1mage, Amazon, dan pasar serupa.

 

Apa sih kelebihan membuat toko online mandiiri?

 

Ketika seseorang memiliki akun toko online secara gratis di online marketplace yang mainstream? Lalu mengapa harus bersusah payah mencari pelanggan ketika pasar online marketplace yang mainstream dapat mengekspos produk An1mareaders ke kumpulan calon klien yang lebih besar?

 

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari dijelajahi keuntungan memiliki toko online mandiri yaitu:

 

 1. Mengumpulkan data pelanggan

 

Saat pelanggan melihat suatu produk yang ditampilkan di platform toko online yang an1mareaders miliki, yaitu di pasar online marketplace gratisan dan calon pelanggan hanya melihat-lihat saja kemudian pergi tanpa membeli apa pun, an1mareaders dapat menganggapnya hilang kesempatan.

 

Namun, jika mereka calon pembeli mengunjungi toko online mandiri, an1mareaders memiliki kesempatan untuk meminta alamat email calon pelanggan tersebut. Alamat email akan sangat penting untuk membangun daftar email toko online store mandiri, keuntungan memiliki alamat email calon pelanggan perlu artikel lain bagi penulis untuk membuatnya, tetapi intinya sangat menguntungkan memiliki daftar email calon pelanggan.

 

Online marketplace yang gratis maupun yang berbayar bahkan tidak memberi an1mareaders akses ke email para calon pelanggan. Saat pengunjung tiba di situs toko online mandiri milik An1mareaders, An1mareaders juga memiliki kesempatan untuk menjangkau dan menyapa mereka lagi di platform media sosial yang ada dan Google juga menggunakan metode pemasaran yang sama dikenal sebagai teknik penargetan ulang (retargeting).

 

Penargetan ulang adalah strategi pemasaran yang memungkinkan an1mareaders membuat iklan yang dibuat khusus untuk orang-orang yang pernah mengunjungi situs toko online mandiri milik An1mareaders. Calon pelanggan yang dijangkau melalui model atau teknik retargeting dengan cara mengirimkan promosi via email calon pelanggan ini memiliki peluang sangat tinggi untuk melakukan pembelian (konversi).

 

2. Membangun merek

 

Online marketplace menyediakan platform tempat bagi An1mareaders agar dapat dengan mudah mengupload produk dan segera mulai menjualnya. Meskipun ini terlihat seperti keuntungan besar pada nilai nominal ekonomi, ini menciptakan masalah yang lebih besar bagi An1mareaders untuk membangun merk sendiri.

 

Karena mudah mendirikan toko di tempat-tempat ini, mereka biasanya dijejali penjual. Sebagian besar penjual ini adalah pesaing langsung produk sejenis yang dijual, dan karena etalase toko online yang An1mareaders kurang lebih mirip, jadi tidak ada alasan mengapa pelanggan harus membeli dari toko online milik An1mareaders dan bukan di toko online lainnya.

 

Membuat toko online mandiri tidak di online marketplace akan membedakan toko online milik An1mareaders dari toko online milik orang yang lain. Hal Ini memberi An1mareaders kebebasan untuk mengontrol harga produk, mengatur tampilan toko dan bagaimana pelanggan bisa merasakan dan pengalaman desain unik dan pelayanan khas tersendiri, dan hal tersebut sangat penting untuk "brand". Cara An1mareaders menampilkan produk membentuk pengalaman pelanggan dan memungkinkan An1mareaders membangun kepercayaan lebih kuat di calon pelanggan. Semakin pelanggan mempercayai An1mareaders, semakin tinggi peluang mereka untuk melakukan pembelian lagi, dan lagi, selalu kembali.

 

3. Menghindari perang harga

 

Perang harga kini menjadi hal yang mengecewakan di banyak online marketplace. Hal ini dikarenakan pasar penuh dengan penjual yang mempromosikan produk serupa, konsumen selalu berada di atas angin dan diuntungkan.

 

Satu-satunya cara agar penjual dapat bersaing adalah dengan memotong atau menurunkan harga produk. Seolah tidak cukup dengan adanya toko online lainnya yang merupakan pesaing; banyak pesaing. An1mareaders berpotensi untuk dipaksa dan terpaksa menjual dengan keuntungan yang tipis bahkan cenderung merugi bila online marketplace sebagai penyedia jasa online store gratis sedang melakukan promosi sepihak, dengan potongan yang bahkan sampai 90% di saat tertentu, bukannya untung malah buntung.

Membuat toko online mandiri bagi An1mareaders akan menyelamatkan an1mareaders dari perang harga. Dengan menjadi unik, An1mareaders telah membedakan toko online milik sendiri dari toko online lainnya. 

Pelanggan tidak lagi melihat perbandingan harga dan membandingkan harga di toko saingan yang ada seperti di online marketplace dan jika mereka cukup mempercayai An1mareaders, harga bisa optimal, tidak terkena komisi dari online marketiplace yang biasanya berkisar 20 sampai 30%, terhitung beruntung bila An1mareaders mendapatkan online marketplace dengan komisi cuma 10%. Dengan membuat online store mandiri An1mareaders bahkan tidak perlu khawatir lagi tentang harga sama sekali.

 

4. Potensi pembelian berulang

Sebanyak 80% calon pelanggan toko online mandiri hanya berkontribusi pada 20% dari pendapatan (income) An1mareaders. Sisanya merupakan pelanggan setia toko online mandiri milik An1mareaders berkontribusi pada bagian terbesar dari pendapatan An1mareaders yaitu sebanyak 80%.

 

Kebutuhan untuk memiliki pelanggan tetap, pelanggan setia terlihat jelas. Untuk membangun pelanggan setia, An1mareaders memerlukan database calon pelanggan, klien – sesuatu yang hanya bisa An1mareaders dapatkan dengan memiliki toko online mandiri sendiri.Toko online mandiri memiliki alat pemasaran email yang dapat digunakan untuk memikat pelanggan kembali.

 

5. Siap mengirimkan produk sendiri

 

Lupakan tentang layanan pengiriman oleh orang lain, hal tersebut akan membuat tipis potensi keuntungan An1mareaders. Menjual produk fisik membutuhkan jasa atau layanan pengiriman milik An1mareaders sendiri. Lakukan sendiri. Dalam bisnis online di internet, pengiriman lokal memungkinkan pelanggan membeli produk An1mareaders secara online dan meminta An1mareaders mengirimkannya langsung sampai ke depan pintu  mereka.

 

Pengiriman lokal berfungsi sebagai alternatif untuk pengiriman dengan jasa kurir dan belanja di dalam toko online mandiri milik An1mareaders. Hal ini tentu saja secara khusus memberikan dampak yang besar bagi pedagang dan pelanggan. Dengan memiliki layan antar atau armada pengantaran produk sendiri ke pembeli produk akan mempercepat proses income dan kepercayaan akan meningkat.

 

An1mareaders dapat memberikan batasan, misalnya hanya diantar sejauh 5km dari toko fisik milik An1mareaders bila memilikinya, atau bila tidak memiliki toko fisik, dapat menggunakan 5km dari tempat atau posisi rumah atau tempat bisnis milik An1mareaders. Di masa kini, memiliki tempat di pinggir atau tepi jalan utama tidak menjadi jaminan bisnisnya akan sukses, sebab, siapa yang paling banyak berpromosi, dialah yang berpotensi kuat menjadi pemenang, bahkan sebenarnya An1mareaders tidak memerlukan toko secara fisik sama sekali.

 

Selebihnya barang akan diantar lewat jasa kurir yang ada, dan dikenakan ongkos tambahan pengepakan dan pengiriman. Pengiriman secara fisik tidak diperlukan untuk produk digital. Detail untuk produk digital dapat diakses di: http://bit.ly/jualkaryadigitalUntuk jasa membuat toko online mandiri dengan biaya sekitar 10-20 juta per tahun An1mareaders akan mendapatkan:

 

1) Nama toko dan domain sendiri

2) Space simpan data online sebesar 100 GB.

3) Amankan transaksi di HTTPS, juga perlindungan toko online dari virus, bot, malware, peretasan, phishing, penipuan, dan potensi ancaman lainnya.

4) Tampilan desain seperti pasar online untuk toko online mandiri.

5) Dapat diupgrade ke versi baru sesuai kebutuhan untuk plug-in dan fitur default lainnya..

6) Pemberitahuan otomatis ke email Anda, tanda terima, invoicedan faktur untuk An1mareaders dan pelanggan.

7) Menerima pembayaran cash, debit dan kartu kredit.

8) Tautkan pembayaran ke rekening bank lokal atau akun PayPal sebagai fitur Payment Gateway (sistem pembayaran) atau transfer bank, akan ada secara secara baku.

 

Demikianlah keuntungan memiliki toko online mandiri milik sendiri dengan tidak bergabung di toko online gratis di online marketplace yang ada, semangat digipreneurs.

 

Info lebih lanjut dapat mengontak PIC Christin di:

 

lidwina.christin84@gmail.com

an1mage.studios@gmail.com

an1mage@an1mage.net

 

Atau akses: https://an1mage.net/services/


 




An1magine Volume 6 Nomor 3 Maret 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GrupFacebookInstagramTwitter.

Komentar

Postingan Populer