SHOH ACADEMY & SHARK ANIMATION: Jurus Ngembat Duit Youtube

 




SHOH ACADEMY &

SHARK ANIMATION:

Jurus Ngembat Duit Youtube

Mas Be


Halo para content creator! Kalau dipikir-pikir, sebenarnya an1mareaders semua yang bergelut di bidang kreatif, bisa dibilang sebagai pembuat konten, terutama saat ini adalah konten atau produk digital kan? Nah, dari kemarin sudah membahas banyak mengenai proses kreatif membuat suatu "produk" animasi. Namun setelah itu, mau diapakan karya tersebut? Hmm, daripada berhenti di situ saja, bagaimana jika karyamu dijadikan sebagai peluang untuk bisnis dan bisa menghasilkan uang?


Belum lama tim mengadakan polling kecil-kecilan terkait topik ini, dan ternyata banyak yang tertarik untuk menjadikan animasi sebagai konten atau produk digital di Youtube! Sharing Session kali ini membahas mengenai peluang bisnis animasi di Youtube dan apa saja konten animasi lokal yang menarik calon penonton? Juga membahas prosesnya hingga strategi apa yang harus diterapkan untuk menghasilkan profit. Bersama dengan Angga Kresna dari Shark animation dan didampingi host favorit Yohan Power, An1mareaders juga bisa mengutarakan kesulitan yang dihadapi ketika ingin membuat konten! Siapa tahu An1mareaders akan menemukan solusinya di sini!

 

Sharing dari Shoh Academy ini diikuti 79 peserta berlangsung pada hari Sabtu 20 Februari 2021 mulai pukul 10.00 hingga 11.30 diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Lampung, Jakarta, BSD Tangerang, Bogor, Brebes, Cirebon, Karanganyar-Solo, Klaten, Yogyakarta, Surabaya, dan Balikpapan.Pada kesempatan ini sebagai host acara adalah Yohan Power, Yohan Power  adalah Art Director di SSE-Studio Shoh Entertainment, juga seorang Wibu dan Gamer, mendampingi Angga Kresna seorang CEO dan CO-Founder SHARK Animation yang banyak mengerjakan iklan produk dalam negeri dan mempunyai banyak Intellectual Property (IP) seperti Om Perlente yang ditayangkan lewat Youtube.

 

Angga Kresna yang berusia 35 tahun ini, CEO dari Shark Animation banyak mengerjakan Animation series seperti KFC bersama dengan Kratoon dan Zuzu Story, TV commercial (TVC) seperti iklan Chiki, Indomilk, Khong Guan, dan sejenisnya; dan membuat Youtube dengan konten seperti; Om Perlente dengan 600.000 subscriber, Lagu Anak Indonesia 2,6 juta subscriber, dan ERTE dengan 165 ribu subscriber. Om Perlente adalah serial 2D animasi yang bergenre comedy, target pemirsa usia 10 tahun ke atas, dengan format 11 menit 13 episode, namun beberapa episode dibuat dengan durasi lebih pendek. 


Om Perlente adalah OKB-Orang Kaya Baru karena mendapatkan warisan dari kakeknya; dengan karakter Om Perlente, Kevin, Aha, dan Etan. IP ini selain tayang di Youtube juga memiliki 200 ribuan follower Instagram; dan sempat dibuat Full movie dengan 8,2 juta viewer berkolaborasi dengan Dalang Pelo, Sengklekman, si Nopal, dan kawan-kawanOm Perlente memiliki Marketing Strategy melalui Media Social, Youtube, Instagram, Tiktok dan Facebook, dengan sistem SEO-Search Engine Optimization yakni ADS (Youtube Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads), selain itu juga dengan collaboration; dengan barter value dan kolaborasi berbayar.

 

Mengenai Youtube AdSense, dihitung berdasarkan jumlah view dan durasi penonton dalam menonton Youtube (watch time) lebih dari 4000 jam baru bisa di-monetize; untuk tayangan video berdurasi 10 menit bisa terdapat 2-3 kali muncul iklan, dan sebagian pemirsa sangat terganggu dengan munculnya iklan di tengah-tengah tayangan. Pada saat acara sharing, pemirsa diminta mengirimkan link Youtube-nya, dan salah satu peserta langsung dibahas isi konten animasinya; dengan kritik sebagai berikut; tayangan di 5 detik awal itu sangat berpengaruh, sehingga usahakan tidak terlalu panjang openingnya, dan cari referensi cerita sebanyak-banyaknya agar konten animasi lebih menarik.

 

Tips & Triks dari pembicara, sebagai berikut: dalam membuat konten Youtube harus konsisten misalnya selalu tayang setiap minggunya berapa kali? Berapa menit durasi tayang? Selalu update berita yang sedang trend untuk menjadi bahan cerita dan selalu siap menerima kritikan pedas dari netizen apalagi jika menyangkut SARA- Suku, Agama, Ras dan Antargolongan. Jangan hanya mengandalkan income dari Youtube saja, harus ada sumber penghasilan lain untuk mensupport pekerjaan kita dalam membuat konten.

 

Cerita yang bagus dan menarik, jauh lebih penting dibandingkan style gambar yang bagus. Ide cerita yang mirip dengan yang sudah viral tidak apa-apa, selama dibawakan dengan versi dan kebiasaan IP kita yang berbeda dengan IP lain; dengan catatan bahwa rata-rata orang Indonesia suka tayangan bergenre horror dan comedy. Nah pada acara sharing Shoh Academy kali ini, peserta webinar yang beruntung mendapatkan voucher potongan belanja dari HUION, sebesar 100K untuk pembelian pen tablet Huion, dan/atau 500K untuk pembelian pen display Huion yang berlaku selama 6 bulan, dengan email sebagai berikut:

 

empatriburupiah@gmail.com

titiksusanti77@gmail.com

kurniariefw@gmail.com

sfathah@icloud.com

radenistiawan@gmail.com

arifiandewi@gmail.com

naupal354@gmail.com

aaf.amandha@gmail.com

ikhwanauliauber@gmail.com

 

Semoga sharing mengenai Jurus Ngembat Duit dari Youtube ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia industri animasi, nantikan kelas Shoh Academy berikutnya.

 

Semangat dan Salam Nganimasi!

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy

IG @shohacademy

Telegram: SHOH_Academy

 

 

 

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

Studio SHOH Entertainment

IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment

 

Gedung Plaza 89, lantai 12M

Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

recruitment@studioshoh.com








An1magine Volume 6 Nomor 2 Februari 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Komentar

Postingan Populer