SHOH ACADEMY: Persisting on Passion Project REECHICK Adventures

 



SHOH ACADEMY:

Persisting on Passion Project 

REECHICK Adventures

Mas Be



Hai teman-teman kreatif! Apa saja kesibukan, kegiatan atau hobi kalian di samping bekerja fulltime? Apakah cukup padat dengan project studio, atau masih menyempatkan untuk mengerjakan project cita-cita yang lama tertunda?! 

 

Nah, ngomong-ngomong tentang berkarya di sela-sela kerja fulltime yang biasanya cukup padat, di sharing session minggu ini membahas tentang “Reechick Adventures” Karya dari tiga anak muda yang dihasilkan di sela-sela kesibukan kerja fulltimeKali ini dikupas tuntas karya garapan 3 Serangkai dari Fakhri, Atika & Rahmat! Sobat-sobat muda yang tidak hanya passionate tapi juga berani mengambil langkah untuk tetap berkarya. Dibahas mulai dari bagaimana mereka mengatur waktu mereka masing-masing untuk tetap konsisten menyelesaikan project ini, hingga apa saja tantangan yang mereka lalui selama pengerjaannya, dan masih banyak lagi!

 

Sharing dari Shoh Academy ini diikuti 107 peserta berlangsung pada hari Sabtu 06 Februari 2021 mulai pukul 10.00 hingga 11.30 diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Pekanbaru - Riau, Jakarta, BSD Tangerang, Tangsel, Depok, Bogor, Kuningan, Bandung, Slawi, Solo, Sidoarjo, Balikpapan dan Gorontalo. Pada kesempatan ini sebagai host acara Irma Sobandi, Production Coordinator “Little Dreamer Gguda” dari Studio Shoh Entertainment – SSE, dengan ke 3 pembicara yaitu Atika Rahmah F (alias Tiboy) seorang 2D animator di Aaska Production mengerjakan “Atlas Boy Mini Adventure”, kemudian Ahmad ‘Wawan’ Ariefantoro seorang 3D animator dari Al-Qolam, dan Fakhri Muzaki 3D modeler dari SSE yang mengerjakan “Satria Heroes KAI” dan “Little Dreamer Gguda”.

 

Ternyata pertemanan mereka ber 3 dari latar belakang yang berbeda; Tiboy adalah lulusan dari SMSR Yogyakarta tahun 2018, dan bergabung dengan Aaska Production di Januari 2020, Tugas Akhir dan pekerjaan sekarang lebih ke 2D animator. Sedangkan Wawan baru saja lulus dari SMKN 1 Ciomas, jurusan Animasi dan bergabung dengan studio Al-Qolam sejak Juni 2020 mengerjakan 3D animasi. Fakhri sebagai yang mempunyai ide dan menjadi lead project Reechick, lulusan SMKN 1 Ciomas dan bergabung dengan Studio Shoh Entertainment sejak Juli 2019. Ditampilkan hasil TA-tugas akhir ke 3 pembicara pada saat belajar di SMK dan SMSR, Tiboy dan Wawan berupa 2D animasi, dan Fakhri membuat 3D animasi “Lily the Little Hope” yang fenomenal dan memenangkan beberapa penghargaan.

 

Kemudian mereka ber 3 menceritakan bagaimana mereka bertemu, berkoordinasi, dan berbagi tugas masing-masing; mengingat ke 3-nya bekerja full time sehingga hanya mengerjakan project Reechick di waktu luang seperti malam hari sepulang kerja atau pada hari libur. Tiboy dipercaya mengerjakan storyboard dan animatic, animatic adalah semacam storyboard yang bergerak simpel sesuai dengan camera, Wawan untuk pekerjaan gerakan 3D animasinya termasuk blocking (key pose) untuk animasinya; sedangkan Fakhri selain sebagai modeler dan rigging artist menggunakan Blender, juga sebagai editor dan compositor menggunakan After Effects yang banyak dibantu Sunu Lingga dari SSE.

 

Menurut Wawan untuk menghasilkan animasi karakter yang mulus dan cartoony, diperlukan referensi dari berbagai film, kemudian dibuat planning baru dibuat inbetween-nya. Nama Intellectual Property (IP) Reechick berasal dari Ree (baca ‘ri’) adalah panggilan kepada Fakhri, sedang Chick adalah ayam; karena sejak kecil makanan favoritnya adalah apa saja olahan daging ayam. Jadi Reechick adalah seorang Fakhri kecil yang suka warna merah dengan petualangan yang bersifat fantasi dan imajinatif. Ditampilkan proses ‘behind the scene’ dengan penjelasan dari masing-masing yang mengerjakan; dimulai dari proses modeling, rigging, property, background, storyboard animatic, dan proses membuat gerakan 3D animasi.

Tips & Triks dari ke 3 pembicara, sebagai berikut:

Untuk rekan-rekan yang masih muda, ikutan saja “Why not?” agar bisa menambah pengalaman dan portfolio; dan mumpung kita masih dalam usia produktif banyak-banyak belajar dan mencoba, kalau usia sudah 25-30an waktu belajar akan berkurang karena sudah disibukkan dengan pekerjaan utama. Usahakan cari circle pertemanan yang bukan hanya teman sebaya tetapi teman-teman yang sudah mapan dan profesional, dan riset itu sangat perlu baik riset dari dalam maupun luar negeri.

 

Selagi masih muda, banyak-banyaklah berkarya dan kurangi ‘rebahan’ dan hal-hal yang tidak bermanfaat; karena selalu ada alasan untuk ‘malas’ berbuat sesuatu, kalau bukan sekarang waktunya kapan lagi untuk berkarya. Harapan ReeChick ke depannya; bisa berkembang dan sukses menjadi IP yang keren merambah ke berbagai hal seperti merchandise bahkan menjadi brand makanan atau kuliner. Nah pada acara sharing Shoh Academy kali ini, peserta webinar yang beruntung mendapatkan voucher potongan belanja dari HUION, sebesar 100K untuk pembelian pen tablet Huion, dan/atau 500K untuk pembelian pen display Huion yang berlaku selama 6 bulan, dengan email sebagai berikut:

 

farrasfr18@gmail.com

dzikriyadi@gmail.com

fihanulala12@gmail.com

abizardaja313@gmail.com

cantikasusana19@gmail.com

luthfi@scaleupstudio.id

januarashari88@gmail.com

zuhrufard69@gmail.com

nenchikye3389@gmail.com

atikarahma62@gmail.com

 

Semoga sharing mengenai kolaborasi projek Reechick Adventures ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia industri animasi, nantikan kelas Shoh Academy berikutnya.

 

 

Semangat dan Salam Nganimasi!

 

 

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy

IG @shohacademy

Telegram: SHOH_Academy

 

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

 

Studio SHOH Entertainment

IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment

 

Gedung Plaza 89, lantai 12M

Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

recruitment@studioshoh.com








An1magine Volume 6 Nomor 2 Februari 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Komentar

Postingan Populer