SHOH ACADEMY: Menelanjangi Proses Pascaproduksi buat Lighting, Rendering, dan Compositing

 



SHOH ACADEMY

Menelanjangi Proses 

Pascaproduksi buat Lighting, Rendering, 

dan Compositing

Mas Be




Production? Done! 3D & 2D animation? Done! Illustrations? Done! Editor? Done! 3D modeling? Done! Rigging? Done! Kira-kira apa yang kurang ya? Yup! Kali ini giliran kita membahas mengenai lighting, rendering, and compositing! Excited? Us too!


Pastinya ada banyak hal yang dibahas pada sharing session ini, dimulai dari pengetahuan dasar mengenai lighting, rendering dan compositing, perbedaan ketiga proses tersebut, hingga peran penting masing-masing dalam tahap produksi! Sharing Session kali ini dibawakan oleh Allina Zefanya sebagai host bersama dengan Garry Liwang, Haqsa dan Hartopo Pujo sebagai pembicara. Di sini an1mareaders bisa bebas untuk bergabung, berbincang dengan santai sambil bertukar pikiran bersama dengan artists lain!

 

Sharing dari Shoh Academy kali ini diikuti 178 peserta berlangsung pada hari Sabtu 23 Januari 2021 mulai pukul 10.00 hingga 11.30 diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Batam, Medan, Jakarta, Bekasi, Depok, RUS-Kudus, Bogor, Tegal, Pemalang, Solo, Yogyakarta, Jombang, Sidoarjo, Bali, dan Gorontalo. Sharing tentang bagian ke 3 Produksi (proses produksi: Praproduksi, Produksi, & Pascaproduksi) yaitu Pascaproduksi/Post Production ini dengan Host Allina Zefanya adalah lulusan UPH-Universitas Pelita Harapan jurusan animasi dan telah 6 bulan gabung bersama SSE-Studio Shoh Entertainment, dengan pembicara Garry Liwang bergabung dengan SSE 3 bulan lalu, sebelumnya bekerja di TLG-The Little Giantz untuk Nussa, pernah mengerjakan animasi Boboboy, Plentis Kentus, adalah lulusan Binus University tahun 2010.

 

Pembicara berikutnya Hartopo Pujo dengan pengalaman 10 tahun di industri animasi sebelumnya pernah di IFW Batam, MSV Yogya, dan TLG; sudah 2 tahun bergabung dengan SSE, dan Haqsa Azhardy yang sebelumnya 6 tahun menjadi 3D generalis dan gabung dengan SSE sejak 2 tahun lalu. Pascaproduksi adalah bagian akhir setelah produksi di mana terdapat: lighting, rendering dan compositing (termasuk FX & Editing). Jenis-jenis lighting yang umum dipakai dalam animasi 3D adalah:Directional Light, Spot Light, Area Light, & Dome LightDi dalamnya ada penentuan shadow dari karakter; dan format file render: JPG (hanya RGB), PNG (data RGB+Alpha), dan EXR (data RGB, Alpha, Diffuse, Reflection, Specular, Lighting) seperti file RAW pada photo yang mencakup semua elemen. Sedangkan untuk file TIFF elemennya tidak bisa disatukan atau terpisah.


Untuk urusan compositing dibagi menjadi 2: Pertama Layering Base; seperti edit photo atau image dengan menggunakan software seperti Photoshop, Krita, Pixlr, Gimp, Inkspace dan sejenisnya & Kedua berupa Node Base untuk edit videonya seperti menggunakan software Adobe After Effects, Nuke, Fusion, Smoke, Blender, Natron dan sejenisnyaSistem layer seperti menumpuk lembaran demi lembaran sehingga sulit dikontrol; Node base dapat langsung diedit per bagian dan lebih mudah controlling/adjusment-nya di mana memudahkan untuk misalnya mengedit brightness, saturation, dan sejenisnya

.

Termasuk penjelasan mengenai penggabungan Render Pass dan pilihan Blend Mode seperti Multiply, Color Burn, Screen, Overlay, Soft Light, dan sejenisnya dengan contoh hasil compositing objek yang sama tapi dengan ambient dan lighting pagi hari, siang, sore/senja, dan malam hari; termasuk perkiraan temperature-nya berapa di masing-masing suasana yang diperlukan.

 

Tips & Triks dari ke 3 pembicara, intinya adalah: Referensi adalah hal yang sangat penting, pada saat menonton movie atau video seperti kartun, anime, dan life action atau melihat karya orang lain dan mencari tutorial; usahakan “Capture the essence”, be inspired, dan melatih kesabaran dan intuisi seni dengan step-by-step, perlahan tapi pasti. Nah pada acara sharing Shoh Academy kali ini, peserta webinar yang beruntung mendapatkan voucher potongan belanja dari HUION, sebesar 100K untuk pembelian pen tablet Huion, dan/atau 500K untuk pembelian pen display Huion yang berlaku selama 6 bulan, dengan email sebagai berikut:

 

anonymousjoker.sh@gmail.com

jackymichaelseputra@gmail.com

pistonvc23@gmail.com

tikasaridawe@gmail.com

azmidhia18@gmail.com

dimasp1996@gmail.com

taufiikhd2@gmail.com

haqsa48@gmail.com

allina.zefanya@gmail.com

Hartopo.310805@gmail.com

 

Semoga sharing mengenai proses Pascaproduksi; Light, Render, Compose ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia industri animasi, nantikan kelas Shoh Academy berikutnya.

 

Semangat dan Salam Nganimasi!

 

 

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy

IG @shohacademy

Telegram: SHOH_Academy

 

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

Studio SHOH Entertainment

IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment

 

Gedung Plaza 89, lantai 12M

Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

recruitment@studioshoh.com









An1magine Volume 6 Nomor 2 Februari 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreatePlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Komentar

Postingan Populer