SHOH ACADEMY: Bongkar Produksi 2D Animation Project MAIN, Special Award 2D Animation di Hellofest 2019

 




SHOH ACADEMY

Bongkar Produksi 2D Animation Project MAIN, Special Award 2D Animation di Hellofest 2019

Mas Be



Halo Salam Nganimasi! Sudah siap memulai awal tahun? mungkin ada di antara kalian yang memiliki resolusi untuk membuat film animasi di tahun ini? Atau ingin belajar bagaimana sih pembuatan animasi 2D sebenarnya? Nah, kebetulan banget nih SHOH academy kembali lagi dengan sharing session untuk mengawali 2021 kalian para artists!


Yuk kita "MAIN" bareng! Bersama Firmansyah dan Ilyas 2D animator di SSE-Studio Shoh Entertainment yang akan membongkar bagaimana sih produksi film "MAIN" salah satu project SSE yang ikut serta dalam HelloFest 2019 kemarin. Di sini dibahas mengenai garis besar proses pembuatan animasi 2D, dengan fokus kepada bagaimana mencari atau menemukan ide awal untuk membuat suatu cerita, film atau bahkan bentuk karya kreatif yang lain.Sharing dari Shoh Academy kali ini diikuti 170 peserta berlangsung pada hari Sabtu 09 Januari 2021 mulai pukul 10.00 hingga 12.00 diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Medan, Lampung, Pangkalpinang, Bukittinggi, Padang, Jakarta, BSD, Tangerang Selatan, Serang-Banten, Lebak-Banten, Garut, Depok, Bandung, Slawi, Salatiga, Sragen, Yogyakarta, Lamongan, Probolinggo, Malang, Surabaya, Makassar, Gorontalo, Majene (Sulbar), dan Lombok

 

Sharing tentang 2D animasi kali ini dipandu oleh Vitria Ratna Sari merupakan Production Coordinator “The Little Dreamer Gguda” dari Studio Shoh Entertainment (SSE); menghadirkan Firmansyah Senior 2D Animator di SSE yang mengerjakan project Banzi’s Secret Diary dan Main, dan juga Achmad Ilyas Zulkarnain sebagai Junior 2D Animator di SSE. Dalam membuat produksi Film Animasi terdapat 3 tahapan seperti membuat film pada umumnya, yaitu: 1. Pre Production, 2. Production, 3. Post Production.

 

Dalam tahapan Pre production terdapat: 1. Ideasi (story) 2. Script/naskah 3. Storyboard & Animatic 4. Concept Design. Ideasi (story) adalah ide dasar yang menjadi landasan untuk dijadikan suatu karya kreatif tentang:

1. Cerita yang ingin disampaikan

2. Keinginan/passion yang kuat untuk bercerita

3. Mendorong adanya reaksi dari penonton (emosional, pikiran atau tindakan)

 

Script/naskah/skenario adalah tulisan yang menjabarkan ide cerita secara lebih detail dan rinci. Fungsi dari script/naskah/skenario adalah:

1. Menjabarkan ide cerita dari abstrak ke konkret/terukur (dari imajinasi ke bentuk tertulis)

2. Membuat kerangka/struktur cerita

3. Merencanakan reaksi dari audience terhadap cerita


Storyboard & Animatic

Storyboard adalah penggambaran isi naskah cerita secara sistematis dengan penerapan unsur sinematografi di dalamnya. Animatic adalah storyboard yang disusun dengan sekuensial waktu dan terkadang disertakan voice over/acting sehingga lebih menyerupai prototype film tanpa animasi.

 

Concept Design adalah proses menghasilkan desain secara visual meliputi:

1. Desain Karakter

2. Environment atau Background

3. Property lain yang digunakan oleh karakter, misal pada film Main adalah property permainan seperti kelereng, enggrang, bola, dan sebagainya.

4. Visual FX/Effects

 

Pada tahapan Produksi, terdapat Sequence Production:

1. Key Drawings

2. Inbetween Drawings

3. Clean Up Drawings

4. Colour

5. Effects Animation

 

Key Drawing adalah gambar yang menentukan titik awal dan akhir dari setiap transisi gerakan yang mulus dalam shot yang digabung dalam suatu sceneDalam pengerjaan Key, animator menggambar pose karakter awal dan akhir gerakan, serta menentukan timing setiap aksi dalam suatu shot dalam suatu scene/cutInbetween Drawings adalah gambar yang menciptakan ilusi gerak.Proses pembuatan Inbetween yaitu mengisi frame sesuai keperluan di antara dua gambar Key, untuk menghasilkan kesan gambar pose pertama berevolusi dengan mulus dengan gerak alami menjadi gambar pose kedua.

 

Clean Up Drawings adalah proses pembuatan gambar akhir yang akan terlihat di film yang sudah jadi. Animator melakukan Clean Up bertanggungjawab atas garis dan tampilan akhir dari karakter atau objek yang digambar. Colouring adalah proses pengisian warna pada gambar karakter. Pemilihan warna disesuaikan dengan tema dan suasana yang ingin dibangun dalam film dan Color Code.

 

Effects Animation adalah animasi spesial efek yang digunakan untuk memberikan nilai tambah secara visual ke produk animasinya, dapat berupa:

1. Api, ledakan dan asap

2. Air (cipratan, hujan, gelombang air)

3. Efek sinar/glow (senjata, aura, matahari)

4. Efek transisi


Sequence Post Production

1. Compositing, adalah proses penggabungan hasil render tiap shot ke scene dari tahap produksi sebelumnya.

2. Background Music & Sound FX; ditambahkan agar animasi terasa lebih hidup dan menarik

3. Final Render adalah tahapan akhir final output, pada proses ini akan menentukan opsi akhir secara detail untuk format film sesuai dengan kebutuhan.

 

Tips & Triks dari Ilyas; lebih banyak melihat movie sebagai referensi, baik film animasi maupun flive action. Sebaiknya untuk animasi yang susah dicoba dulu saja, dan banyak latihan menggambar dan mengasah drawing skill.

 

Sedangkan Firman menceritakan film pendek Pixar yang memenangkan banyak penghargaan karya John Lasseter berjudul “Luxo Jr” tentang 2 lampu meja yang kini menjadi logo film pembuka karya Pixar. Walaupun tanpa dialog acting ke 2 lampu ini sangat mudah dimengerti pemirsa; artinya cerita tersampaikan dengan baik. Dan pertanyaan Jim Blinn terhadap si sutradara: Lampu yang besar itu apakah Ibu atau Bapaknya si lampu kecil?

Di bagian akhir, Clara sebagai Lead project 2D animasi MAIN; mengingatkan tentang pentingnya kerjasama dalam team, dengan melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing anggota tim; misal siapa yang memanage dan mampu bagi-bagi tugas dan koordinir, lalu siapa yang lebih jago bikin desain karakter, siapa yang mengerjakan key dan inbetween, dan siapa yang bagian bikin special effects, dan seterusnya.

 

Nah pada acara sharing Shoh Academy kali ini, peserta webinar yang beruntung mendapatkan voucher potongan belanja dari HUION, sebesar 100K untuk pembelian pen tablet Huion, dan/atau 500K untuk pembelian pen display Huion yang berlaku selama 6 bulan, dengan email sebagai berikut:

 

jacelangel79@gmail.com

elisabeth.jessica.w@gmail.com

raditex@gmail.com

naurayasminayyuni165@gmail.com

anugrahini.9407@gmail.com

manggala.ninetyseventh@gmail.com

tegaramirul20@gmail.com

ilyaszulkarnain123@gmail.com

fthesign@gmail.com

berlianaputriromadhon@gmail.com


Semoga sharing mengenai proses awal atau ideasi hingga finih film animasi 2D berjudul MAIN  ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia industri animasi, nantikan kelas Shoh Academy berikutnya.

 

Semangat dan Salam Nganimasi!

 

 

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy

IG @shohacademy

Telegram: SHOH_Academy

 

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

Studio SHOH Entertainment

IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment

 

Gedung Plaza 89, lantai 12M

Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

recruitment@studioshoh.com





GRATIS. An1magine 1 Januari 2021.  An1magine adalah Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment).

An1magine Volume 6 Nomor 1 Januari 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteks, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Silakan klik PDF di bawah ini untuk mengunduhnya.





Komentar

Postingan Populer