OPTICAL COMPUTER: Computer Quantum

 

https://www.osa-opn.org/home/newsroom/2020/february/researchers_gel_with_optical_computing/

OPTICAL COMPUTER:

Computer Quantum

Assyfa Zahra Putri


Zaman komputer model lama menggunakan transistor elektronik akan berakhir dan digantikan oleh komputer berbasis optic yang menggunakan cahaya menjadi kekuatan utama untuk pemrosesan informasi di komputer dan telekomunikasi sebagai salah satu solusi penggunaan akan efisiensi energi dan bandwidth yang terus meningkat meningkat dalam waktu ke depan.

 

 

Para ilmuwan di Australia dan Jerman baru-baru ini telah mengembangkan metode modular untuk merancang perangkat skala nano untuk menggabungkan desain chip tradisional terbaik dengan arsitektur fotonik dalam struktur hibrid. Penelitian mereka dipublikasikan di Nature Communications. "Kami telah membangun jembatan antara sistem fotonik silikon standar industri dan pandu gelombang berbasis logam yang dapat dibuat 100 kali lebih kecil dengan tetap mempertahankan efisiensi," kata penulis utama Dr Alessandro Tuniz dari University of Sydney Nano Institute dan School of Physics.

Pendekatan hybrid ini memungkinkan manipulasi cahaya pada skala nano, diukur dalam sepersejuta meter. Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa mereka dapat mencapai manipulasi data pada 100 kali lebih kecil dari panjang gelombang cahaya yang membawa informasi tersebut. "Efisiensi dan miniaturisasi dengan cara ini  sangat penting dalam mengubah pemrosesan komputer menjadi berbasis cahaya. Cara ini juga akan sangat berguna dalam pengembangan sistem informasi kuantum-optik, platform yang menjanjikan untuk komputer kuantum masa depan," kata Associate Professor Stefano Palomba , rekan penulis dari University of Sydney dan Nanophotonics Leader di Sydney Nano.

"Pada akhirnya kami berharap informasi fotonik akan berpindah ke CPU, jantung dari komputer modern mana pun. Visi seperti itu telah direncanakan dan dipetakan oleh IBM." Perangkat skala nanometer pada chip yang menggunakan logam (dikenal sebagai perangkat "plasmonik") memungkinkan fungsionalitas yang tidak dimungkinkan oleh perangkat fotonik konvensional. Terutama, mereka secara efisien memampatkan cahaya hingga sepersejuta meter dan dengan demikian mencapai interaksi cahaya-ke-materi yang dapat sangat ditingkatkan, bebas interferensi.

"Selain merevolusi pemrosesan umum, cara ini akan sangat berguna untuk proses ilmiah khusus seperti spektroskopi nano, penginderaan skala atom, dan detektor skala nano," kata Dr Tuniz juga dari Institut Photonics dan Ilmu Optik Sydney. Namun, fungsionalitas universal mereka terhambat oleh ketergantungan pada desain sementara yang ada saat ini (ad hoc)"Kami telah menunjukkan bahwa dua desain terpisah dapat digabungkan untuk meningkatkan chip run-of-the-mill secara khusus yang sebelumnya tidak dapat dilakukan," kata Dr Tuniz.

Pendekatan modular ini memungkinkan perputaran cepat polarisasi cahaya di dalam chip dan, karena perputaran tersebut, dengan cepat memungkinkan pemfokusan nano turun hingga sekitar 100 kali lebih kecil dari panjang gelombang.Profesor Martijn de Sterke adalah Direktur Institute of Photonics and Optical Science di University of Sydney. Dia berkata: "Masa depan pemrosesan informasi kemungkinan akan melibatkan foton menggunakan logam yang memungkinkan kita untuk memampatkan cahaya ke skala nano dan mengintegrasikan desain ini ke dalam fotonik silikon konvensional."

 

  

Referensi:

[1] Alessandro Tuniz, Oliver Bickerton, Fernando J. Diaz, Thomas K√§sebier, Ernst-Bernhard Kley, Stefanie Kroker, Stefano Palomba, C. Martijn de Sterke. 2020. “Modular nonlinear hybrid plasmonic circuit. Nature Communications. DOI: 10.1038/s41467-020-16190-z

 

[2] University of Sydney. 2020. Light, fantastic: The path ahead for faster, smaller computer processors. ScienceDaily. Retrieved January 23, 2021 from www.sciencedaily.com/releases/2020/05/200515115630.htm





GRATIS. An1magine 1 Januari 2021.  An1magine adalah Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment).

An1magine Volume 6 Nomor 1 Januari 2021

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteks, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Silakan klik PDF di bawah ini untuk mengunduhnya.





Komentar

Postingan Populer