SHOH ACADEMY: EARLY CAREER AS AN ANIMATOR

 




SHOH ACADEMY

EARLY CAREER AS AN ANIMATOR

Mas Be




Shoh Academy yang mempunyai program sharing webinar seputar industri animasi dari SSE-Studio Shoh Entertainment; tidak seperti sebelumnya kali ini spesial menampilkan 4 pembicara perempuan.


Membahas curhatan mereka yang terjun dan menjadi profesional sebagai animator 3D, mulai dari membuat CV dan portfolio, proses melamar ke studio animasi, dan bagaimana setelah masuk di dalam studio termasuk pembicaraan tentang working environment. Sharing dari Shoh Academy kali ini diikuti 167 peserta berlangsung pada hari Sabtu 21 November 2020 mulai pukul 10.00 hingga 13.00 (biasanya acara hanya 1,5 jam, karena banyaknya pertanyaan dan antusias pemirsa, menjadi lebih panjang durasinya); diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Aceh, Riau, Lampung, Palembang, Samarinda, Balikpapan, Jakarta, Depok, Bogor, Indramayu, Cirebon, Semarang, Jogjakarta, Banyuwangi, Malang, Surabaya, Ponorogo, Bali, Lombok, Makassar, hingga Manokwari-Papua.

Sharing spesial ini dipandu oleh Noya (Novia Putri) merupakan Project Manager dari Studio Shoh Entertainment (SSE); menghadirkan Floralies 3D animator SSE seperti Dian Lestari lulusan UMN-Universitas Multimedia Nusantara, Serpong 2016 - anak rantau dari Jambi, Florencia Irena lulusan Binus University, Jakarta tahun 2017, dan Rivalda Andiyani yang merupakan lulusan Polimedia, Jakarta.Diawali dengan memutar video hasil pekerjaan 3D animasi mereka ber-3 selama bekerja dan berkarir di SSE, meliputi film animasi Spirit Riding Free (Dreamworks), T Buster, Miraculous Lady Bug, dan Super Wings.


Kemudian cerita latar belakang dari tiap personal, dari mana mereka mulai tertarik dalam bidang animasi; seperti Alda yang awalnya bersekolah di SMK dan sudah mempelajari membuat animasi ‘bouncing ball’ sebelum tahu persis bagaimana yang disebut industri animasi; apalagi pengalaman Dian yang dari Jambi; di mana di daerah tidak ada informasi apa pun mengenai DKV, komunitas animasi, sekolah animasi, dan lain-lain.Dibutuhkan semangat dan riset mandiri untuk mencari tahu apa itu pekerjaan animasi, sekolah dan kursusnya, studio dan tempat kerjanya, lowongan kerja animator, dengan cara Googling dan bertanya-tanya pada teman, sahabat, pacar, guru, dan sejenisnya.

Bagian berikut tentang persiapan sebelum an1mareaders melamar pekerjaan sebagai animator ke studio-studio animasi; dengan membuat Portfolio, CV & Cover letter, recruitment, dan interview. Bahkan ditampilkan demo reel masing-masing pembicara pada saat baru lulus kuliah (menampilkan aib masing-masing, hehehe… padahal bagus-bagus loh, apalagi untuk pemula), juga CV ber-3, termasuk Cover Letter & Replied email.


Membuat CV sebaiknya cukup jelas dan mudah dibaca; boleh juga menampilkan social media yang dipunyai (selain link untuk demo reel) dengan tetap mempertimbangkan segi visual yang menarik tetapi tidak berlebihan.Untuk lamaran melalui email; mohon diperhatikan isi kalimatnya, jangan hanya co-pas (copy paste) sehingga banyak sekali yang mengirimkan lamaran lewat email yang subject dan isi emailnya berbeda nama studionya.Portfolio adalah hasil karya terbaik yang pernah dikerjakan seseorang baik berupa gambar, hasil photo, maupun video.


Sedangkan demo reel adalah portfolio yang khusus berupa video. Sebaiknya Demo reel untuk melamar pekerjaan di studio animasi, jangan terlalu panjang durasinya (cukup sekitar 1 menit) dan hanya menampilkan karya terbaik yang pernah dibuat menyesuaikan bidang yang dilamar. CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup seorang pelamar; bila umumnya CV hanya berupa teks/ketikan; untuk bidang Seni dan DKV-Desain Komunikasi Visual sebaiknya didesain dengan tampilan yang menarik, singkat, padat, dan jelas; tidak menggunakan font yang sulit dibaca.


Di bagian akhir menjelaskan bagaimana an1mareaders harus bersikap setelah diterima dan masuk ke dalam studio animasi, bagaimana Working Environment-nya. Ada 2 hal utama yang perlu diperhatikan:


SOFT SKILL 

1. Attitude/work ethics

2. Cara beradaptasi di lingkungan kerja

3. How to give and receive Feedback

4. Socializing

5. Time management

6. Responsibility

 

HARD SKILL 

1. How to keep learning in working environment

2. Put in the effort

3. Training

4. Join challenge

5. Willing to progress 


Nah pada acara sharing Shoh Academy kali ini, peserta webinar yang beruntung mendapatkan voucher potongan belanja dari HUION, sebesar 100K untuk pembelian pen tablet Huion, dan/atau 500K untuk pembelian pen display Huion yang berlaku selama 6 bulan, dengan email sebagai berikut:


joedavidz97@gmail.com
rahmannurhadi75@gmail.com
farizandavin@gmail.com
naurayasminayyuni165@gmail.com
naupal354@gmail.com
jauzaaridzkifatiha@gmail.com

Semoga sharing mengenai persiapan berkarir menjadi 3D animator ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia industri animasi, nantikan kelas Shoh Academy berikutnya.


Semangat dan Salam Nganimasi!

 

 

 

 

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy
IG @shohacademy
Telegram: SHOH_Academy

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

Studio SHOH Entertainment
IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment


Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
recruitment@studioshoh.com

  



An1magine Volume 5 Nomor 12 Desember 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteks, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

Silakan klik PDF di bawah ini untuk mengunduhnya.




Komentar

Postingan Populer