SHIMA: Entrepreneurship in Animation dari Kemenparekraf dan Ainaki

 


SHIMA: 

Entrepreneurship in Animation 

dari Kemenparekraf dan Ainaki

Mas Be




Kemenparekraf: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Direktorat Industri Kreatif Film, Televisi dan Animasi; bekerjasama dengan AINAKI-Asosiasi Industri Animasi Indonesia menyelenggarakan “Entrepreneurship in Animation” disingkat SHIMA yang merupakan program lanjutan dari Training of Mentor (TOM) dalam rangkaian kegiatan ACTION (Animation Creation Incubation) yang menghasilkan 37 mentor (dari 50 peserta TOM) siap menjalankan tugas mentoring terhadap 150 mentee selama 9 hari.



SHIMA dilaksanakan secara online mulai dari hari Sabtu, 19 September 2020 sampai dengan hari Minggu, 27 September 2020 dengan jadwal mentoring masing-masing projek IP-Intellectual Property selama 5 hari mulai Senin tanggal 21 September hingga Jumat 25 September 2020 minimal 2 jam setiap harinya. Diawali dengan pembukaan acara SHIMA, mentoring antara mentor dan mentee, lalu penutupan berupa presentasi ‘pitch bible’ hasil mentoring selama 5 hari dan evaluasi dari master mentor terhadap karya mentee.

Pada kesempatan mentoring kali ini, penulis (sebagai mentor) mendapatkan 2 IP yaitu P07 berjudul BOMA (boneka mampang) karya Muthia yang bersekolah Kelas XII jurusan Multimedia di SMKN 48 Jakarta. Dan P44 dengan judul “PROBLEMATIKA” karya Cristi dan Sandra yang tengah kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah; jurusan Desain Komunikasi Visual, semester 7. Dengan master mentor Daryl Wilson dari Kumata studio Bandung.

 

Detail rincian RPM-Rencana Pembelajaran Mentoring selama 5 hari adalah:

1.  Mampu mengidentifikasi cerita; berisi tentang membuat premise, Judul, dan storyline. Bahasan mentor dan mentee dapat dilihat di link Youtube https://youtu.be/ggNbT-_rPno

2.    Mampu mengidentifikasi target market; mengkategorikan Genre, Format, Target Demography & Psychography, & menganalisa hasil data dan riset.
Bahasan mentor dan mentee dapat dilihat di link Youtube https://youtu.be/IeIjKs26z-Y

3.    Mampu membuat Prototype/sampel; membuat teaser, trailer, & teknik produksi.
Bahasan mentor dan mentee dapat dilihat di link Youtube https://youtu.be/1tYiXruBZic

4.    Memahami pitching, dengan membuat dan menyusun Pitch Bible. Bahasan mentor dan mentee dapat dilihat di link Youtube https://youtu.be/QjWoIRkUaIg

5.    Presentasi, tentang persiapan dan teknik presentasi Pitch Bible. Bahasan mentor dan mentee dapat dilihat di link Youtube https://youtu.be/Zyf62kxqMX4


Sementara untuk assessment/tugas agar para mentee menyadari beberapa hal pokok yang diperlukan dalam mengelola IP - Intellectual Property yang menjadi bisnis, di antaranya dengan membahas contoh IP yang sudah ditentukan:

a.  Mengerti tentang Karakterisasi dan Formula bercerita.

b.    Tentang Value Preposition, Customer Segment, Channel, & Customer Relationship (dari Business Model Canvas)

c.    Character Design, World Building, Brand, & Business Aspect

d.    Pitch Bible urutan membuat dan kelengkapannya

 

Yang menarik dari acara mentoring SHIMA ini adalah bagaimana muncul banyak ide-ide kreatif dalam membuat IP yang sangat beragam; “BOMA (boneka mampang) Petualangan 4K” yang nyaris seperti Ondel-ondel - antara mengerikan dan tidak lucu – menjadi tokoh utama dalam cerita ditemani Bomi (boneka yang cewek) dan Baba, yang mampu melewati ‘Gerbang Waktu’ dan berpindah tempat, ditujukan pada anak usia 8-11 tahun. Sedangkan “PROBLEMATIKA” dengan cerita yang “lebih berat” tentang stress pada remaja adalah tentang karakter Angga siswa SMA yang selalu bermain dengan gadgetnya yang akhirnya menimbulkan masalah kekinian di mana kebanyak orang tua hanya melihat sisi negatif ‘kecanduan’ gadget, ditujukan pada pemirsa usia Tween-peralihan anak menjadi remaja 12-15 tahun dan orangtua zaman now.


Mentor lebih mengarahkan dan memberi contoh kasus dari IP yang sudah ada; sedangkan hasilnya nanti tergantung kepada para mentee seberapa jauh mereka menangkap penjelasan selama 5 hari; dan akan menjadi seperti apa IP mereka di kemudian hari. Master mentor lebih menekankan pada perlunya riset dan survey yang lebih dalam sehingga cerita IP yang disajikan akan jauh lebih menarik dan menantang, sesuai dengan target pemirsanya, serta menarik sebagai bisnis IP nantinya. 37 mentor masing-masing memperoleh 2 IP, artinya minimal terdapat 74 IP baru yang siap berkembang dan (semoga) diterima di Nusantara tercinta ini.


Penulis berharap acara semacam ini bisa diperluas dan diperbanyak sehingga para creator (dan calon creator) mendapatkan banyak bekal dalam berkreasi serta siap untuk publish di masyarakat umum dan mendapatkan umpan balik sehingga IP-IP baru akan semakin banyak, bervariasi, dan berkembang.Pekerjaan Rumah. PR dan tugas berat untuk Kemenparekraf dan kementerian lainnya, juga PR bagi asosiasi (AINAKI-Asosiasi Industri Animasi Indonesia) dan komunitas-komunitas animasi, semoga maju pesat animasi dan industri kreatif di Indonesia tercinta.


Semangat & Salam Nganimasi!

 

 


KEMENPAREKRAF

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
http://www.kemenparekraf.go.id
FB Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
IG @kemenparekraf.ri

AINAKI

Asosiasi Industri Animasi Indonesia
http://ainaki.or.id
IG @ainaki_indonesia
FB AINAKI_Indonesia

Bambi

Bambang Gunawan Santoso
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso
Judul: shima hari ke 01-05 | animasi Indonesia | pitch bible dan sejenisnya.



AN1MAGINE VOLUME 5 NOMOR 10 OKTOBER 2020

 


An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter



Komentar

Postingan Populer