PAYPAL: Bikin Akun untuk Jualan Produk Digital



 PAYPAL:

Bikin Akun untuk Jualan Produk Digital

Magicka



Paypal adalah alat pembayaran (payment gateway) secara digital atau e-currency berskala internasional. Bagi an1mareaders yang sering melakukan transaksi pembelian barang dan juga sebagai penjual produk digital, Paypal merupakan akun wajib yang harus dimiliki untuk bertransaksi. Paypal merupakan alat pembayaran yang paling banyak digunakan dan dipercaya di seluruh dunia.


Sayangnya masih banyak warga Indonesia yang masih asing dengan PayPal, bahkan dari fungsi dan cara menggunakan PayPal pun, masih belum banyak yang mengetahuinya. Khusus buat para digipreneur atau kamu yang doyan belanja dari platform marketplace internasional seperti Dcreate, Amazon, eBay, dan lain sebagainya wajib tahu soal layanan PayPal ini. Singkatnya, fungsi Paypal adalah sebagai perantara pembayaran (payment gateway) di ragam digital mall atau online digital marketplace tersebut. Hampir mirip dengan akun rekening bank, namun Paypal lebih cocok disebut sebagai mediator atau pihak ketiga yang menjadi jembatan pembayaran atau memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli.

 

Kegunaan Paypal tidak hanya untuk berbelanja. Karena PayPal sangat dibutuhkan terutama bagi kamu para An1mareaders yang mungkin sedang bekerja di luar negeri, freelancer, pengguna internet aktif, hingga pebisnis online atau pelaku usaha. Di tengah zaman yang semakin canggih dengan kemajuan teknologi serta adanya peningkatan terkait budaya konsumtif di masyarakat, membuat banyak orang yang mulai tertarik untuk membuat akun di PayPal. 

Membuat akun PayPal, para an1mareaders dapat belajar langsung cara menggunakannya sekaligus menikmati berbagai layanan yang disediakan. Berikut adalah daftar kegunaan PayPal:

1. Dapat melakukan transfer uang dari bank ke akun PayPal.

 2. Dapat melakukan transfer uang dari akun PayPal kamu ke akun PayPal orang lain di berbagai negara di seluruh dunia.

 3. Dapat melakukan transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi kamu

 4. Dapat melakukan melakukan pembelian apa pun, secara online atau offline sekalipun di berbagai negara.

  

Mendaftar Akun PayPal

Untuk membuat akun di Paypal sangat mudah, siapkan alamat email, password, nomor KTP (NIK) dan nomor hp. Untuk membuat akun PayPal Indonesia ternyata sangat mudah. Karena kamu bisa membuat akunnya hanya melalui komputer yang tersambung internet, bahkan juga lewat ponsel. Buka website resmi: https://www.paypal.com/id/




Pilih jenis akun PayPal, akun pribadi (personal Account) atau akun bisnis. Setelah itu, kamu bisa langsung klik “Daftar”. Contoh ini hanya untuk akun pribadi. Jadi pilih “Personal Account” lalu klik “Next”.




Setelah itu muncul jendela lainnya, karena potensi besar an1mareadeers juga tidak hanya membayar tetapi juga menerima uang untuk transaksi di Dcreate sebagai seller sekaligus sebagai pembeli, maka pilih “I am both of the above” maksudnya sebagai pembeli sekaligus penjual.


Kemudian klik next atau berikutnya, di sini ada sesi ditanyakan nomor hp, pastikan nomor hp tidak hilang, jika hilang segera diurus sebab untuk melakukan transfer dan terima uang melalui Paypal perlu nomor hp.  Klik next dan Isi data pribadi di kolom formulir yang tersedia secara lengkap. Setelah selesai, klik tombol “Setuju dan Buat Rekening”.





Klik tombol “Lanjutkan”, lalu klik “Masuk ke Rekening Saya” dan juga nomor NIK kamu yang didapat dari kartu tanda penduduk (KTP) atau juga dapat dilihat di kartu keluarga (KK), dan juga diminta verifikasi nomor HP di salah satu sesinya. Setelah dinyatakan berhasil, kamu bisa menemukan halaman untuk masuk ke akun PayPal kamu. Jangan lupa lakukan konfirmasi melalui email yang kamu daftarkan di Paypal.

 

Tapi kamu juga bisa langsung masuk ke akun PayPal, dengan cara login dan masukan email beserta password yang telah kamu daftarkan. Setelah berhasil masuk, biasanya kamu diminta untuk mengisi kolom pertanyaan keamanan, lalu klik “Kirimkan”. Akun PayPal kamu telah selesai dibuat. Kamu bisa langsung menggunakan berbagai transaksi online seperti pembelian hingga penarikan dana, namun sebelumnya harus melakukan verifikasi kartu kredit terlebih dahulu.

 

Keuntungan akun Paypal

Keamanan terjamin. Karena, segala data dan informasi pribadi pengguna PayPal akan dijamin aman. Murahnya biaya administrasi. Terlebih untuk pengiriman uang antar sesama akun PayPal, karena gratis.

 

Ketika kamu transfer atau menerima dana dari dan ke sesama akun PayPal atau ke rekening bank di beda negara, relatif hanya memerlukan waktu 24 jam saja.

 

Paypal dapat digunakan untuk belanja dan menerima pembayaran di toko online seperti Dcreate, ikomik,inovel, iteks, dan marketplace lainnya di seluruh dunia dengan mudah. Paypal juga mudah diakses, melalui ponsel atau perangkat komputer.

 

Menghubungkan akun Paypal ke akun Bank

Sebagai seller atau digipreneur di Dcreate sangat penting menghubungkan akun Paypal dengan akun bank apa pun yang kamu miliki. Berikut adalah cara menghubungkan rekening bank ke rekening PayPal kamu:

1. Klik Wallet di bagian atas halaman. Jika menggunakan perangkat mobile, tekan Menu, lalu Wallet.

2. Klik + Hubungkan kartu atau bank.

3. Klik Hubungkan rekening bank.

4. Jika bank kamu tidak tercantum dalam daftar yang ada, klik Saya memiliki rekening bank lain di kanan bawah.

5. Tergantung bank yang dipilih, kamu mungkin memiliki opsi untuk menghubungkan rekening bank secara instan dan tidak berliku menggunakan informasi log in perbankan online**.

Jika tidak ada opsi untuk menghubungkan secara instan:
• Pilih Giro atau Tabungan.
• Masukkan nomor routing bank dan nomor rekening kamu lalu klik Setuju dan Hubungkan.
• Pastikan nomor routing dan rekening kamu sudah benar, lalu klik Lanjutkan

**Kamu harus memasukkan ID pengguna dan sandi untuk rekening bank online kamu. Informasi ini tidak disimpan di sistem PayPal dan digunakan untuk pencocokan dengan lembaga perbankan kamu untuk mengonfirmasi kepemilikan akun. Bila informasi ini sudah dimasukkan dengan benar, maka rekening bank kamu akan dikonfirmasikan secara instan.

Jika kamu tidak dapat mengonfirmasi bank secara instan,kamu akan diminta mengonfirmasi rekening bank secara manual di mana rekening bank kamu harus dikonfirmasi agar dapat digunakan sebagai pilihan pendanaan saat melakukan pembelian.


Dalam waktu 2 hingga 3 hari kerja, periksa laporan bank kamu untuk melihat apakah ada 2 setoran dalam jumlah kecil, masing-masing antara $0,01 hingga $0,99 USD) yang kami kirim ke rekening bank kamu.

 

Akan ada entri ketiga pada laporan Anda yang menggabungkan kedua jumlah tersebut sebagai penarikan. Misalnya, Anda mungkin akan melihat dua setoran sebesar $0,05 dan $0,15 serta penarikan sebesar $0,20. Masukkan 2 jumlah kecil, dalam contoh ini adalah $0,05 dan $0,15, di layar konfirmasi bank.

 

Dengan informasi ini, kamu dapat menyelesaikan proses konfirmasi secara online atau ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik Wallet di bagian atas halaman.

2. Klik bank yang akan dikonfirmasi.

3. Masukkan jumlah persis 2 setoran yang dilakukan ke rekening Anda, lalu klik Kirim.




Seperti yang terlihat pada tampilan di atas, kamu diminta melengkapi data rekening bank kamu ke online form yang telah di sediakan. Berikut dijelaskan cara pengisian pada masing-masing kolom tersebut. Pertama untuk negara, pilih Indonesia.   

 

1. Nama pada rekening : Nama Anda di rekening bank  (Biasanya sudah terisi otomatis)

 

*Untuk nama ini pastikan akun Paypal dan rekening bank kamu memiliki nama yang sama persis. Ini demi kelancaraan saat kamu melakukan penarikan ke rekening bank kamu.

 

2. Nama Bank : Isi sesuai nama lengkap rekening bank kamu. Ingat! bukan nama singkatannya ya.

 

3. Kode Bank : Kode dari bank yang kamu gunakan (bisa di lihat di tabel yang ada)

 

4. Nomor Rekening : Isi nomor rekening bank kamu. Ulangi Nomor Rekening: Isi sama persis dengan nomor 4.

Penting:

· Beberapa bank menggabungkan 2 setoran dalam jumlah kecil menjadi 1 setoran sekaligus. Dalam situasi ini, kamu harus menghubungi PayPal untuk mengonfirmasi bank kamu atau mengikuti proses konfirmasi instan.

· Nomor routing kamu adalah rangkaian angka pertama di bagian bawah cek. Nomor routing biasanya terdiri dari 9 angka.

· Nomor rekening bank kamu adalah rangkaian angka kedua di bagian bawah cek.

· Jika muncul pesan "Periksa dan Coba lagi", angka yang dimasukkan mungkin salah, atau PayPal mungkin tidak dapat menerima bank kamu.

Berikut kode dari bank untuk mengisi area dengan tanda urut nomor 3.

BANK NAME

Bank code

BANK INDONESIA

0010016

PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk

0020307

PT. BANK EKSPOR INDONESIA (PERSERO)

0030012

PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.

0080606

PT. BANK NEGARA INDONESIA 1946 (Persero) Tbk.

0090010

BNI SYARIAH

0090010

PT. BANK DANAMON INDONESIA INDONESIA Tbk

0111274

PT. BANK PERMATA Tbk.

0130307

PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk.

0140012

PT. BANK INTERNATIONAL INDONESIA Tbk.

0160131

PT. BANK PAN INDONESIA Tbk. / PT. PANIN BANK Tbk.

0190017

PT. BANK NIAGA Tbk.

0220026

PT. BANK UOB BUANA, TBK

0230016

PT. LIPPO BANK

0261399

PT. BANK NILAI INTI SARI PENJIMPAN Tbk.

0280024

AMERICAN EXPRESS BANK LTD.

0300302

CITIBANK NA

0310305

JPMORGAN CHASE BANK, NA

0320308

BANK OF AMERICA , NA

0330301

PT. BANK MULTICOR / PT. BANK WINDU KENTJANA INTERNASIONAL

0360300

PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL, TBK

0370028

THE BANGKOK BANK PCL

0400309

THE HONGKONG and SHANGHAI BANKING CORP

0410302

THE BANK OF TOKYO MITSUBISHI UFJ LTD.

0420305

PT. BANK SUMITOMO MITSUI INDONESIA

0450304

PT. BANK DBS INDONESIA

0460307

PT. BANK RESONA PERDANIA

0470300

PT. BANK MIZUHO INDONESIA

0480303

STANDARD CHARTERED BANK

0500306

ALGEMENE BANK NEDERLAND AMRO BANK N.V. / ABN AMRO BANK NV.

0520302

PT. BANK CAPITAL INDONESIA

0540308

PT. BANK BNP PARIBAS INDONESIA

0570307

PT. BANK UOB INDONESIA

0580300

KOREA EXCHANGE BANK DANAMON / PT. BANK KEB INDONESIA

0590303

PT. BANK RABOBANK INTERNATIONAL INDONESIA

0600303

PT. ANZ PANIN BANK

0610306

DEUTSCHE BANK AG

0670304

PT. BANK WOORI INDONESIA

0680307

BANK OF CHINA LIMITED

0690300

PT. BANK BUMI ARTA

0760010

PT. BANK EKONOMI RAHARJA

0870010

PT. BANK ANTAR DAERAH

0880055

PT. HAGABANK INDONESIA / PT. BANK HAGA

0890016

PT. BANK IFI

0930015

PT. BANK CENTURY Tbk.

0950011

BANK MAYAPADA INTERNATIONAL / PT. BANK MAYAPADA Tbk.

0970017

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT /
PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JABAR DAN BANTEN

1100093

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH DKI JAKARTA / BANK DKI

1110164

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH DIY / YOGYAKARTA

1120015

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TENGAH

1130348

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JATIM

1140383

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAMBI

1150014

PT. BPD ISTIMEWA ACEH

1160033

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMUT

1170201

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA BARAT / PT. BANK NAGARI

1180259

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH RIAU

1190016

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA SELATAN

1200142

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH LAMPUNG

1210051

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN SELATAN

1220012

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN BARAT

1230015

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR

1240018

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALTENG

1250011

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULAWESI SELATAN

1260027

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULAWESI UTARA

1270091

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH NTB / NUSA TENGGARA BARAT

1280010

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI

1290013

BANK PEMBANGUNAN DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR

1300013

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH MALUKU

1310016

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH PAPUA

1320019

PT. BPD BENGKULU

1330012

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULAWESI TENGAH

1340015

PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SULAWESI TENGGARA

1350018

PT. BANK NUSANTARA PARAHYANGAN

1450028

PT. BANK SWADESI Tbk.

1460021

BANK MUAMALAT INDONESIA / PT. BANK MUAMALAT INDONESIA

1470011

PT. BANK MESTIKA DHARMA

1510049

PT. BANK METRO EKSPRESS

1520013

PT. BANK SINARMAS

1530016

PT. BANK MASPION INDONESIA

1570021

PT. BANK HAGAKITA

1590014

PT. BANK GANESHA

1610017

PT.HALIM INDONESIA BANK / PT. BANK HALIM INDONESIA /
PT. BANK ICBC INDONESIA

1640058

PT. BANK HARMONI INTERNASIONAL

1660012

PT. BANK KESAWAN

1670099

PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) /
PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) SYARIAH

2000024

PT. BANK HS 1906 / PT. Bank Himpunan Saudara

2120027

B.T. PENSIUNAN NASIONAL / PT. BANK BTPN /
PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL

2130101

PT. BANK SWAGUNA

4050072

PT. BANK JASA ARTA

4220051

PT. BANK MEGA Tbk.

4260176

PT. BANK UMUM KOPERASI INDONESIA (BUKOPIN) / PT. BANK BUKOPIN Tbk.

4410010

PT. BANK SYARIAH MANDIRI Tbk.

4510017

PT. BANK BISNIS INTERNATIONAL

4590037

PT. BANK SRI PARTHA

4660019

PT. BANK JASA JAKARTA

4720014

PT. BANK BINTANG MANUNGGAL / PT. BANK HANA

4840017

PT. BANK BUMI PUTERA Tbk.

4850010

PT. BANK YUDHA BHAKTI

4900012

PT. BANK MITRANIAGA

4910015

PT. AGRONIAGA BANK

4940014

PT. BANK INDOMONEX

4980016

PT. BANK ROYAL INDONESIA

5010011

ALFINDO SEJAHTERA BANK / PT. BANK ALFINDO

5030017

PT. BANK SYARIAH MEGA INDONESIA

5060016

PT. BANK INA PERDANA

5130014

PT. BANK HARFA

5170016

PT. PRIMA MASTER BANK

5200025

PT. BANK PERSYARIKATAN INDONESIA

5210031

PT. BANK DIPO INTERNATIONAL

5230011

PT. BANK AKITA

5250046

PT. BANK LIMAN INTERNATIONAL

5260010

PT. ANGLOMAS INTERNATIONAL BANK

5310012

PT. BANK KESEJAHTERAAN EKONOMI

5350014

PT. BANK UIB

5360017

PT. BANK ARTOS INDONESIA

5420025

PT. BANK PURBA DANARTA

5470017

PT. BANK MULTIARTA SENTOSA

5480010

PT. BANK MAYORA INDONESIA

5530012

PT. BANK INDEX SELINDO

5550018

PT. BANK EKSEKUTIF INTERNASIONAL

5580017

PT. CENTRATAMA NASIONAL BANK

5590036

PT. BANK FAMA INTERNATIONAL

5620029

PT. BANK SINAR HARAPAN BALI

5640012

PT. BANK VICTORIA INTERNATIONAL

5660018

PT. BANK HARDA INTERNASIONAL

5670011

PT. BANK FINCONESIA

9450305

PT. BANK MAYBANK INDOCORP

9470301

PT. BANK OCBC INDONESIA

9480304

PT. BANK CHINATRUST INDONESIA

9490307

PT. BANK COMMONWEALTH

9500307

 

Sumber: https://pages.ebay.ph/bankwithdrawal/bank_codes_id.html


Artikel ini dipublikasikan juga di:


AN1MAGINE VOLUME 5 NOMOR 11 NOVEMBER 2020





An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Komentar

Postingan Populer