DIGIPRENEUR: Meringkas Alamat URL

 


DIGIPRENEUR:

Meringkas Alamat URL




An1mareaders memiliki produk digital yang dijual di pasar digital Dcreate? Tentu saja mempromosikan produk merupakan salah satu kunci keberhasilan terjadinya penjualan.

 

 

Namun terkadang alamat produk yang dijual terlalu panjang jadi dan tidak menarik untuk dilihat karena beberapa alamat produk terlalu panjang. Guna menyingkat alamat yang panjang tersebut diperlukan diperlukan aplikasi atau media penyingkat alamat untuk website, alamat di website disebut dengan nama URL. URL singkatan dari  uniform resource locator (URL) atau sederhananya alamat web (web address). Untuk meringkasnya diperlukan URL shortener atau peringkas URL. Ada banyak peringkas URL bila an1mareaders mengetikkannya di mesin pencari (search engine) seperti google atau lainnya.

Maka yang muncul salah satu URL shortener yang banyak digunakan adalah bitly yang dapat diakses di https://app.bitly.com/ walaupun ada lainnya yang dapat digunakan seperti https://cutt.ly/ atau https://tiny.cc/

Untuk meringkas suatu alamat URL di Bitly caranya cukup sederhana, pastikan sudah meng-copy alamat yang akan diringkas, misalnya di alamat berikut:

https://dcreate.press/mal/index.php?route=product/product&product_id=58

Seleksi alamat yang akan diringkas tersebut, setelah terseleksi, gunakan shorcut atau kombinasi tombol keyboard di komputer untuk meng-copy alamat tersebut dengan menekan CTRL C yaitu menekan tombol Ctrl dan C secara bersamaan setelah alamat URL yang dimaksud terseleksi. Setelah terseleksi dan ter-copy alamatnya, kini ke aplikasi atau website peringkas URL yaitu Bitly, tampilan bitly kurang lebih seperti berikut:



Klik di area tombol
 create, pilih link.






Paste atau tempelkan hasil alamat URL yang telah di-copy sebelumnya, klik tombol create atau biarkan beberapa saat, akan membawa ke jendela berikutnya.




Alamat URL akan jadi ringkas, tekan tombol copy untuk meng-copy alamat web yang lebih ringkas tersebut dan atau dapat di-share ke ragam media sosial yang ada untuk promosi seperti di WA, Line, Tiktok atau sejenisnya sesuai keperluan.



 



An1magine Volume 5 Nomor 12 Desember 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteks, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

Silakan klik PDF di bawah ini untuk mengunduhnya.








Komentar

Postingan Populer