BACOT PODCAST: RASANYA JADI ANIMATOR PENCURI IDE KOREA GAJINYA GEDE!

 


BACOT PODCAST: 

RASANYA JADI ANIMATOR 

PENCURI IDE KOREA GAJINYA GEDE!

Mas Be

https://youtu.be/BiBWRA2ZHU8


Dengan judul Youtube yang amat sangat kontroversial: “Bacot Podcast: Rasanya Jadi Animator Pencuri Ide Korea Gajinya Gede!” merupakan upload konten dari seorang Youtuber bernama Thoriq Cetar, yang selalu meng-upload seluk-beluk seputar Korea dari mulai mukbang (menikmati makanan dan disiarkan online), lifestyle, K-pop artist, Budaya Korea, tempat wisata, kuliner, make up dan kecantikan, dan masih banyak lagi langsung dari YouTube: THORIQ CETAR dengan 12.300-an subscriber!.

 

Penulis bertemu dan “nyambung” dengan Thoriq sejak sama-sama gabung “Sahabat Korea” acara dari Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia tahun 2019 yang lalu di mana Thoriq berhasil memperoleh penghargaan sebagai peserta terbaik dan mendapat hadiah Smartphone Samsung loh!. Dan berlanjut terpilih kembali menjadi 100 anggota Sahabat Korea 2020 bersama penulis juga. Seorang Thoriq mempunyai segudang prestasi yang berhubungan dengan Korea-koreaan antara lain sebagai:

- Sahabat Korea 2019 & 2020

- Korea.Net (Honorary reporters) Dari Ministry of Culture Sport and Tourism.

- Wow Korea supporter dari KTO – Korea Tourism Organization

- Korean content dari KOCCA – Korea Creative Content Agency

- K-Kru dari KCC – Korea Culture Center

- K- Influencer dari Korean Culture Information Service

- K-GO dari Kota Daegu provinsi Gyeongbuk

Thoriq sekarang tengah kuliah di Unas – Universitas Nasional jurusan bahasa Korea S1 yang juga menjadi ketua redaksi media sosial Unas di jurusan Bahasa Korea. Awal podcast dimulai dengan maraknya film animasi buatan Korea yang tayang di TV swasta nasional Indonesia sejak tahun 2009 seperti: Bernard Bear, Pororo, Oscar Oasis, Larva, Hai Tayo, dan masih banyak lagi. Korea mempunyai acara “Seoul Character & Licensing Fair” – acara yang sempat dihadiri Bambi pada saat mendapat beasiswa selama 6 bulan di Korea pada tahun 2008 – tentang IP-Intellectual Property atau pameran dagang karakter (baik karakter animasi, game, komik, mainan, dan sejenisnya) menghadirkan karya lokal Korea dan karya Internasional baik dari Amerika, Eropa, dan juga Asia.


Yang menarik bahwa rata-rata film animasi buatan Korea hingga tahun 2000 hanya mengandalkan 2 hal yaitu child & entertainment, sedangkan produksi animasi setelah tahun 2000 dibagi menjadi edutainment & entertainment yang dikawal oleh badan pemerintah bernama KOCCA-Korea Creative Content Agency (KOCCA adalah tempat Bambi magang selama 6 bulan pada saat mendapatkan beasiswa CPI-Culture Partnership Initiative). Bila sebelumnya Korea mempunya sistim OSMU: One Source Multi User; sejak tahun lalu berubah menjadi OSMP: One Source Multi Platform, yaitu 1 IP karakter dikembangkan menjadi berbagai macam platform multimedia mulai dari website, animasi, merchandise, game, webtoon, hingga pagelaran musical showSeperti IP PUCCA contohnya dari webseries animasi pendek, menjadi animasi serial, berkembang menjadi ratusan item merchandise, kemudian menjadi fashion brand khusus remaja cewek, dan PUCCA-LAND; kemudian juga YOOHOO & friends dari website, game, apps, animasi 2D & animasi 3D, edukasi, hingga musical show. 

Ada 5 jilid buku yang sudah ditulis Bambi, yaitu "NGANIMASI bersama Mas Be" penerbit Elexmedia Komputindo – Gramedia tahun 2013, "Karakter Unyu Nganimasi" penerbit Binus Media & Publisher, Jakarta, Indonesia 2014, buku "7 Steps Korean Chibi - Unyu" penerbit HMT comic board, Manila-Philippines & Jakarta-Indonesia 2015, buku "Jakarta Coloring Book" penerbit Haru, Depok, Jawa Barat tahun 2016. Buku terakhir terbit pada tahun 2018 adalah buku "Nganimasi Indonesia; Indonesia Animation Industry Data" penerbit Elexmedia Komputindo, Kompas Gramedia, Jakarta. Mengenai pembuatan buku NGANIMASI INDONESIA; Indonesia Animation Industry Data” diperlukan waktu 1,5 tahun untuk mengumpulkan data dan 1 tahun proses pembuatan bukunya. Buku ini nyontek atau mencuri ide dari buku tahunan Animasi yang diterbitkan KOCCA setiap tahunnya, bersamaan dengan bidang lain seperti K-Drama, Webtoon, Games, Broadcasting dan K-Pop.


Buku Nganimasi Indonesia yang terbit tahun 2018 dari Elexmedia, Gramedia sehingga datanya sudah harus update per tahun atau minimal tiap 6 bulan, karena sudah 2 tahun lebih lewat (sekarang Oktober 2020) dan sudah banyak sekali perubahan dan tambahan produksi IP animasi. Buku ini bilingual (dalam Bahasa Indonesia dan Inggris) sehingga bila dibawa ke luar negeri atau misalnya dibawa ke Korea; sudah lengkap dengan English version yang menampilkan semacam ‘yellow pages’ industri animasi di Indonesia; mulai dari 56 IP-Intellectual Property Animasi, 15 film pendek animasi, 49 studio animasi, 135 SMK animasi, 44 Perguruan tinggi, AINAKI-Asosiasi Industri Animasi Indonesia dan event tahunan animasi.

Beberapa pengalaman menarik seputar Korea dialami Bambi di antaranya;
- tahun 2008 beasiswa selama 6 bulan magang di KOCCA-Korea Creative Content Agency dari CPI-Culture Partnership Initiative dibawah naungan badan pemerintah KOFICE: Korea Foundation for International Culture Exchange.
Bambi sempat bertandang ke K-pop agency JYP di mana berkesempatan foto bersama Nichkun member Boy group 2PM.
- tahun 2015, undangan khusus seminggu di Korea dalam rangka CPI anniversary bersama delegasi Indonesia terpilih, seperti Asma Nadia (penulis novel dan scenario film “Jilbab traveler; LOVE SPARKS IN KOREA), Krissantyo Adi dari Kemenkumham, Valentina Beatrix dari Museum Nasional, dan kawan-kawan.

- tahun 2015, mendapat sertifikat K-Culture Supporter dari Kedutaan Besar Republic of Korea for Indonesia.
- tahun 2015, 2016, 2017 menjadi narasumber workshop dan seminar pada acara POPCON ASIA dari stand KOREA & juga acara INDONESIA International Book Fair 2015, guest of honor: KOREA sekaligus launching buku “7 Steps Korean Chibi-UNYU”
- tahun 2019 & 2020, 2 tahun berurutan terpilih sebagai SAHABAT KOREA yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia, yang diprakarsai oleh bapak Duta Besar yang mulia Kim Chang Beom.

Mengingat pada saat mendaftar Sahabat Korea (SK) tahun 2019 terdapat 1000-an pendaftar, dan dipilih 100 peserta yang menjadi Sahabat Korea - bertugas sebagai social media supporter dari Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia; sehingga untuk bisa lulus panitia menyeleksi dan mengecek semua Social Media yang dimiliki, termasuk berapa banyak follower dan subscriber-nya. Tugas anggota SK adalah membuat materi untuk upload di sosmed yang ditentukan tema-nya per bulan, hasil upload terserah kreatifitas masing-masing anggota SK. Dan kemudian ada evaluasi per 6 bulan termasuk juga postingan terbaik adalah postingan anggota SK yang mendapatkan lebih dari 300 “like”.


Pada acara penutupan; akan dipilih sebagai anggota SK terbaik (tahun 2019 anggota terbaik adalah Youtuber yang punya acara Bacot Podcast ini), anggota terpilih dengan predikat tertentu, dan berbagai macam hadiah. Selain juga mendapat kehormatan seperti undangan menonton konser K-pop maupun pertunjukan budaya dari Korea dan acara peringatan hari besar Korea, dan lain sebagainya. Bambi pada tahun 2019 bergabung dengan PT Studio Shoh Entertainment (SSE), dengan CEO bapak Seung Hyun-Oh disingkat SHOH dengan pengalaman lebih dari 27 tahun berkecimpung di Industri Animasi Internasional dan dengan networking kelas dunia seperti dari Walt Disney Animation, Warner Bross, 20th Century Fox, Nickleodeon, Cartoon Network, dan Dreamworks.


Sehingga kebanyakan pekerjaan animasi pesanan yang dikerjakan SSE berupa film serial animasi 2D dan 3D dari Korea Selatan dan Amerika (pekerjaan animasi dari Dreamworks), sehingga semua pekerjaan animasi sudah berstandar internasional. Untuk mengetahui dan terkoneksi dengan SSE, silakan cek video pekerjaan animasi dan demoreel di YouTube: Studio Shoh Entertainment; dan bila ingin berinteraksi via social media bisa gabung dengan Instagram @shohentertainment untuk mengetahui berita seputar animasi dan lowongan kerja di setiap bulannya. Juga free webinar dengan topik-topik yang sangat menarik seputar industri animasi yang diadakan SHOH Academy (acara komunitas sharing dari SSE) melalui Zoom, pada Sabtu pukul 09.00-10.30 bagi yang berminat gabung silahkan cek link https://linktr.ee/shohacademy

Semangat & Salam Nganimasi!


YouTube: Thoriq Cetar
Judul: ANIMATOR PENCURI IDE KOREA, BEGINI KERJA JADI ANIMATOR GAJI GEDE! – [BACOT PODCAST]
FB Thoriq Hafidzz
IG: @thoriqhafidz.kjh

Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso
Judul: ANIMATOR PENCURI IDE KOREA, BEGINI KERJA JADI ANIMATOR GAJI GEDE!

SHOH Academy
Facebook page: SHOH Academy
IG @shohacademy
Telegram: SHOH_Academy
Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

Studio SHOH Entertainment
IG @shohentertainment
Youtube: Studio Shoh Entertainment
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
recruitment@studioshoh.com

 






An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


 

 

 


Komentar

Postingan Populer