ANIMAKINI: Animasi Indonesia; Meski Berjarak Tetap Bergerak




ANIMAKINI: 

Animasi Indonesia; 

Meski Berjarak Tetap Bergerak

Mas Be 


Masa pandemik rupanya justru memberikan hal positif; acara seminar, workshop, dan pameran yang biasanya hanya diadakan di kota besar seperti Jakarta; kini dengan adanya acara webinar yang dilakulan daring/online justru mampu menghadirkan berbagai peserta dari seluruh penjuru Indonesia dari Sabang hingga Papua.


Hal ini berlaku juga pada acara ANIMAKINI (Animasi Cikini) 2020 yang menampilkan berbagai acara seperti Workshop, Seminar & Penelitian, Talkshow serta Nobar-Nonton Bareng karya animasi dilanjutkan dengan Sebulan Nobar Animasi pada Oktober hingga November 2020. Perhelatan besar ANIMAKINI dari singkatan Animasi Cikini atau animasi terkini) yang terselenggara sejak tahun 2017 adalah event Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang sekarang menjadi Kemenparekraf. Creative Labs bekerjasama dengan Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta.

 

Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta yang ditunjuk sebagai tim penyusun Grand Strategi dan Roadmap Subsektor Animasi untuk menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan Pusat Unggulan Animasi. ANIMAKINI didukung juga oleh AINAKI – Asosiasi Industri Animasi Indonesia, Seni Rupa IKJ dan DESKOV – Desain Komunikasi Visual IKJ; untuk berita mengenai acara ANIMAKINI 2017 sampai 2019 bisa langsung cek di https://animakini.id/ Program acara ANIMAKINI dilaksanakan pada tanggal 24, 26, 27, 28 Oktober 2020 dan dilanjutkan dengan “Kolaborasi Sebulan Nonton Bareng Animasi Indonesia” selama bulan November 2020, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Republik Indonesia.

Penulis mengikuti acara 4 hari walaupun tidak full day; dimulai dengan workshop “Modeling Animasi 3 Dimensi” menggunakan Zbrush & “Proses Kerja Motion Graphic di stasiun televisi” di hari pertama, lanjut dengan “Seminar Penelitian Akademik (Animasi )” oleh 4 pembicara:

1. Ehwan Kurniawan @ehwankurniawan
Pengajar Multimedia Deskov IKJ

2. Mazaya Mufitiya Al Farabi @ayazamazaya
Alumni Program Pascasarjana ITB

3. Alfan Setyawan @setyawan.alfan
Pengajar ASDI Surakarta

4. Bagus Yudoprakoso @bagusyudoprakoso
Alumni Program Pascasarjana UGM

5. 
Di hari ke 3, “Talkshow Industri Animasi” menghadirkan narasumber:

1. Daryl Wilson @darylkumata
Ketua AINAKI & Pemilik Kumata Studio

2. Rino Meistapha @ri70
Founder & Creative Director Aboveankle Studio

3. Desiyanti @hallomorning1981
Senior Lead Studio Tokopedia


Dan acara hari ke 4 Nonton bareng Animasi Indonesia dari 30 institusi Pendidikan di Indonesia selama 4 jam dari pk. 13.00 – 17.00, di antaranya ada animasi pendek dari Binus University, Institut Kesenian Jakarta, ISI YogyakartaTak ketinggalan animasi karya SMKN 1 Ciomas; DKV-DKV dari Universitas Tarumanagara, Universitas Bunda Mulia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Mercu Buana, UMN Tangerang, ITB Bandung, ITS Surabaya, ISI Denpasar, Poltek Negeri Batam, Poltek SSR, Amikom Yogya, SMKN 4 Malang, SMKN 12 Surabaya, SMKN 3 Tangsel, dan lain-lain.

Satu hal yang menarik bagi penulis adalah di hari ke 2 “Sharing Penelitian Animasi – S3 ISI Surakarta” dengan topik STORYTELLING RELIEF RAMAYANA CANDI PRAMBANAN dengan narasumber Alfan Setyawan; bahwa Relief Candi Prambanan seperti sebuah Storyboard panjangDi Relief Candi Prambanan bahkan ada beberapa panel yang gambarnya “semacam animasi 2 frames” contohnya; ketika adegan Rama memanah Kijang, dan si Kijang berubah menjadi Raksasa Marica tampil 2 frames menjadi 1 dalam pahatan batu. 

Sehingga relief candi ini juga sebagai cikal-bakal animasi, walaupun bukan termasuk dalam jenis animasi yang mengilhami adegan pada pementasan wayang kulit, dan menampilkan cara bercerita seperti mendongeng yang sudah lengkap dengan teori cinematography dan perspective; bukan berupa 1 titik mata hilang tetapi seperti ciri khas lukisan Pangosekan dari Bali, yang makin jauh letak atau jarak pandang, gambarnya makin naik ke bagian atas.

Di bagian lain tampil sejauh mana Fakultas Seni Rupa IKJ berkecimpung dalam pengembangan Intellectual Property (IP) Animasi dari mulai karya Tugas Akhir mahasiswa hingga perhelatan acara-acara animasi baik di dalam maupun luar negeri oleh Ehwan Kurniawan, Pengajar Multimedia DESKOV IKJ.  Tentang Analisis Daya Saing Nasional, Studi Perbandingan Animasi Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat; oleh Bagus Yudoprakoso, alumni Program Pascasarjana UGM Yogya.

Perkembangan Industri animasi terkini dari Daryl Wilson Ketua AINAKI yang juga CEO Kumata Studio Bandung; perusahaan yang mengerjakan film layar lebar animasi “Si Juki”. Selain masih banyak lagi detail acara ANIMAKINI, acara berlanjut dengan nonton bareng (nobar) Animasi Movie Indonesia selama sebulan (November 2020) bisa cek link https://linktr.ee/animakini.id dan langsung menikmati film animasi Indonesia melalui Youtube selama full 1 bulan atau 30 hari.


Semangat & Salam Nganimasi!


Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso

ANIMAKINI
@animakini
https://animakini.id/
Facebook: animakini
HP: 0817 173 773
Nobar Animasi selama 1 bulan November 2020 
https://linktr.ee/animakini.id




 



An1magine Volume 5 Nomor 12 Desember 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteks, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

Silakan klik PDF di bawah ini untuk mengunduhnya.




Komentar

Postingan Populer