SHOH ACADEMY: MEMBONGKAR PROSES ANIMASI 3D

 


SHOH ACADEMY

MEMBONGKAR 

PROSES ANIMASI 3D

Mas Be





Banyaknya permintaan dari teman-teman, Sharing Session minggu ini membahas lebih jauh mengenai Animasi 3D! Pada kesempatan ini, selain membahas aspek teknik seperti proses pengerjaan dan alur produksi (pipeline) animasi 3D, penulis juga akan berbagi pengalaman bagaimana awal mula narasumber terjun ke dunia animasi, alasan mereka menjadi animator 3D, dan bagaimana mereka berhasil di bidang ini! Juga bisa bertanya tips and trick mengenai animasi di sesi tanya jawab!


Diikuti 135 peserta acara Sharing dari Shoh Academy berlangsung pada hari Sabtu 24 Oktober 2020 mulai pukul 10.00 hingga 11.30; dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia termasuk peserta dari Papua, dosen, mahasiswa, guru, pelajar SMK, dan praktisi dari industri animasi.Sharing kali ini dipandu oleh Noya (Novia Putri) seorang Project Manager dari Studio Shoh Entertainment (SSE); menghadirkan 3 jagoan animator SSE seperti Bagus Sujati; 3D Animator Supervisor, Bayu Maulana; Lead 3D Animator, dan Harits Itsar; 3D Animator; yang masing-masing bercerita dari background dan awal karir nyemplung ke dunia animasi.


Kemudian tentang apa saja tugas seorang 3D animator, lalu tugas dan tanggungjawab 3D Animation Supervisor dalam menangani satu project animasi serial yang berstandar internasional. Agar lebih jelas visual seperti apa pekerjaan 3D animator di SSE-Studio Shoh Entertainment, dapat dilihat di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=eAbNONfI1YY

Youtube: Studio Shoh Entertainment

Judul: Showreel 3D Animation Studio SHOH

3D animation Supervisor SSE Bagus; yang ternyata lulusan Sarjana Hukum; ‘nyemplung’ ke dalam 3D animasi gara-gara ada teman dekat yang melamar Visual Effects. Dimulai dari mencoba belajar menjadi modeler, tetapi lebih tertarik menekuni animasi-nya. Sejak tahun 2012 hingga 2018 bergabung dengan MNC animation, di tahun ke 3 menjadi Lead yang membawahi 4 orang animator, hingga tahun 2017 menjadi Supervisor yang membawahi sebanyak 30 orang animator.

 

Seorang Bayu (Lead 3D animator) yang lulusan SMK mulai menekuni bidang animasi sejak tahun 2012; dengan gabung di MD animation yang sempat bubar dan terkena PHK. Pengalaman menjadi 3D animator yang paling berkesan adalah; saat mendapatkan shot sejumlah 800 frames, di mana terdapat kuda, manusia, lengkap dengan action dan lip sync! Menurut Bayu cara paling mudah belajar adalah dengan nonton Youtube, film animasi, juga mengamati langsung dan kemudian menerapkannya ke dalam gerakan animasi karakter baik manusia maupun hewan berkaki 4. 

Sedangkan Harits 3D animator, memulai karir animasinya sejak gabug di MNC animation dengan pekerjaan generalis (semua proses 3D animasi) dan juga membuat rigging 3D. Menurutnya dalam mengerjakan animasi 3D; perlu diperhatikan ‘blocking/keypose’ dari 3D layoutnya, kemudian explore lagi untuk gerakan animasinya, lalu samakan actionnya dengan ‘Leica’ dari storyboard animatic sehingga hasilnya akan maksimal.

Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari peserta kali ini, beberapa di antaranya adalah:

ü Untuk menyiasati kasus pada menganimasikan baju, rambut, otot, bulu; caranya gunakan coding untuk simulate atau juga bisa disiasati secara manual dengan menganimate bagian primary-nya dulu, baru kemudian bagian secondary menganimate rambut, baju, bulu, dan lainnya karena animate-nya akan mengikuti atau terpengaruh gerakan utama/primary.

 

ü Cara menganimate adegan-adegan yang mustahil; misalnya gerakan dragon monster; cari referensi gerakan binatang/hewan misalnya gerakan dasar komodo digabungkan gerakan sayap kelelawar, jangan lupa pada saat berlatih terapkan gerakan 12 prinsip dasar animasi kalau beraliran gaya gambar kartun, agar hasil gerakan animate monster-nya berkesan hidup.

 

ü Untuk menganimasikan 2 karakter yang tengah berinteraksi; fokus pada 1 karakter dulu yang utama, point of view dari karakter tersebut, buat blocking (keypose/keyframe) interaksi dengan karakter ke 2, buat interaksi-nya. Baru kemudian masuk ke pekerjaan gerakan detail 1 per 1 hingga selesai, lalu cek ulang.

 

Tips & Trick

Menurut Bagus; yang utama adalah pelajari dasar-dasar animasi termasuk juga belajar 12 prinsip dasar animasi bagi gerakan animasi kartun. Musti banget sering latihan (practice makes perfect), kalau jarang-jarang berlatih maka akan berkurang kemampuannya.

 

Proses animasi 3D secara umum:

1. Animatic (storyboard, durasi + suara)

2. Layout 3D (asset, property, camera & cinematography)

3. Animator 3D (blocking/keypose/keyframe, di sini masih patah-patah & sesuai pose)

4. Primary (baru kemudian bikin rambut, cek yang tembus-tembus)

Polishing (ekspresi dan lip sync, merapikan gerakan rambut dan sejenisnya.)


Setiap cut atau scene atau panel/shot mempunyai permasalahan yang berbeda-beda, proses di atas hanya gambaran secara umum. Untuk software apa saja yang perlu dipelajari, untuk pekerjaan 3D animasi di SSE menggunakan Maya, tetapi silakan pelajari Lightwave, Blender, 3DS Max, Cinema 4D, dan sejenisnya, karena software apa pun tidak jadi masalah, hal ini tergantung kebutuhan client menggunakan software apa, semua software 3D pada prinsipnya sama, hanya beda tampilan dan template. Bahkan shortcut yang biasa digunakani bisa convert ke software 3D yang lainnya.

Semoga sharing yang cukup singkat ini dapat memberi pencerahan bagi rekan-rekan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia industri animasi, Semangat!

 

Salam Nganimasi!

 

 

SHOH Academy

Facebook page: SHOH Academy

IG @shohacademy

Telegram: SHOH_Academy

 

Cara gabung https://linktr.ee/shohacademy

 

Studio SHOH Entertainment

IG @shohentertainment

Youtube: Studio Shoh Entertainment

 

Gedung Plaza 89, lantai 12M

Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940

recruitment@studioshoh.com



AN1MAGINE VOLUME 5 NOMOR 11 NOVEMBER 2020





An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter




Komentar

Postingan Populer