PODCAST CULUNHOLIC: Ricky W Putra dan Mas Be

 



PODCAST CULUNHOLIC: 

Ricky W Putra dan Mas Be

Mas Be


Berbagai macam konten bermunculan di Youtube sebagai bahan belajar dan mencari inspirasi maupun sebagai hiburan semata; salah satunya Youtube CULUNHOLIC dari Ricky W Putra seorang dosen dan penggiat animasi yang menampilkan konten dengan cara wawancara yang hasil akhirnya setiap kata atau kalimat yang diucapkan juga muncul gambar, film, atau animasi sesuai dengan yang tengah dibicarakan (kebayang repotnya mengedit konten dengan cara kreatif seperti ini, butuh waktu dan tenaga, ketelitian dan kreatifitas, salut!) 


Ricky W Putra yang sudah banyak menampilkan wawancara atau Podcast Culunholic seputar industri kreatif senantiasa menghadirkan hal-hal baru yang mungkin belum kita ketahui seputar industri kreatif di Indonesia dari game, animasi, dan konten lainnya, di antaranya seperti: Om Parlente, Dalang Pelo, Kreator Smarak, Kreator Stadium Maker PES, Mas Be dan Bambi, dan lain sebagainya.


Kali ini kita akan membicarakan wawancara Ricky dengan Bambang Gunawan Santoso (Bambi) dengan IP-Intellectual Property Mas Be & TAACI Tasty Adventure; yang setelah 2 jam wawancara; hasil wawancara diedit sedemikian rupa dengan menampilkan insert-insert graphics dan animasi sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan.


Dibagi menjadi 2 tayangan yaitu: Lebih dekat dengan Bambi (durasi 08:48) dan Asal-usul Mas Be dan Taaci (durasi 17:27) yang telah melalui proses editing yang ciamik dan super kreatif! Versi Culunholic gitu loh…!

 

Bambi/Lebih Dekat Dengan Bambi (Bambang Gunawan Santoso)

Cerita awal karier Bambi (nama lengkapnya Bambang Gunawan Santoso) sejak 1998 gabung dengan Asiana Wang Animation, lalu bekerja di Matahari Studios (game studio), pengajar 2D animasi di Hellomotion sejak 2004, 2005 gabung dengan Applebox Postpro, 2008 dapat beasiswa 6 bulan ke Korea CPI-Culture Partnership Initiative dan magang di KOCCA-Korea Creative Content Agency, lalu gabung dengan CAM Solutions sampai tahun 2012. Baru kemudian menjadi dosen animasi di Binus University, UPH & Raffles; juga menjadi jury animasi LKS-Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Nasional dari 2012-2017. 2018 internship & scholarship setahun di Apple Developer Academy (kerja sama dengan Binus University).


Tahun 2019 gabung dengan Studio Shoh Entertainment (SSE); dengan CEO Mr. Seung Hyun Oh (disingkat SHOH) yang sudah berpengalaman lebih dari 27 tahun dengan networking kelas dunia termasuk bekerja sama dengan studio animasi internasional. Shoh adalah Supervising Director untuk film serial animasi “AVATAR, The Last Airbender” season 2 dan 3, mengerjakan film serial animasi TORN dari Disney, dan berbagai pekerjaan animasi yang berskala internasional. Sehingga beberapa pekerjaan SSE adalah Service work/animasi pesanan yang sebagian besar dari Korea dan Hollywood-Dreamworks, SSE selain mengerjakan animasi pendek, serial dan layar lebar, juga membuat dan mengembangkan produksi IP-Intellectual Property.


Ada 11 bidang yang dikerjakan di SSE; mulai dari: Concept Design, Storyboard, 2D Animation, 3D Animation, 3D Modeling, 3D Rigging, 3D Layout (PreVisualization), Editing, Light-Render-Compose, dan Technical Script; yang akan mempermudah teknik pekerjaan produksi animasi khususnya pada saat perlu retake atau revisi dari episode-episode pekerjaan Service work atau animasi pesanan.



Bambi (Bambang Gunawan Santoso) | Asal Usul Mas Be Dan Taaci
Mas Be diilhami dari beberapa kejadian seperti saat Bambi diundang untuk presentasi animasi di Guiyang, China mewakili CAM Solutions; juga pada saat Bambi mendapat beasiswa 6 bulan belajar industri animasi dan magang di KOCCA-Korea Creative Content Agency di Seoul, Korea; diwajibkan mengenakan pakaian nasional dari negara masing-masing. Sehingga Bambi selalu mengenakan blangkon dan beskap pengantin Jawa, yang menampilkan ciri khas pakaian ada Jawa.


Sehingga muncullah karakter Mas Be yang juga diilhami dari karakter atau IP Pak Raden karya Drs. Suyadi alm. (termasuk idolanya Bambi) dalam tampilan yang lebih muda. Mas Be awalnya menjadi host dalam buku Nganimasi Bersama Mas Be karya Bambi, yang kemudian berkembang menjadi IP dengan beberapa karakter lain seperti: Nimas si penari Jaipong asal Tasikmalaya, Donat kirik-anjingya Mas Be seekor chihuahua betina yang berasal dari anjing beneran, Eyang Semart diilhami dari karakter pewayangan Semar yang sudah dimodifikasi. Karena dalam sebuah cerita sebaiknya mempunyai Villain atau karakter musuh/jahat; sehingga karakter Han-han (Hanoman) yang bisa menjadi Super Han menjadi villain yang sifatnya pengacau pada apa pun yang dilakukan oleh Mas Be.

Mas Be dalam trailer animasi 2D (dua dimensi) berdurasi 1 menit dikerjakan animator lulusan SMKN 4 Malang yang bergabung dalam Allie Studio, lagu oleh Gatut Suryo, arrasemen oleh Adryans, penyanyi Sinta Schumann. Sedangkan Mas Be versi 3D dibuat pada saat mengikuti diklat (Pendidikan Latihan) 3D modeling menggunakan software Blender di BDI-Balai Diklat Industri Denpasar, Bali selama 1,5 bulan dengan guru/mentor Kurniawan Asidiqi yang membantu membuat rigging dan menganimasikan karakter Mas Be versi 3D.


Karakter IP MAS BE sudah memiliki HKI, untuk mendapatkan HKI-Hak Kekayaan Intelektual (copyright) karakter animasi yang dibuat, bisa mendaftar di link https://www.dgip.go.id/  Laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia; dengan menyertakan “character bible” yaitu gambar karakter tampak depan, belakang, samping, dan ¾, pose-pose sesuai kepribadian karakter, dan berbagai ekspresi wajah, plus data warna; disertai keterangan tentang siapa dan bagaimana karakter tersebut. 

TAACI adalah singkatan Tahu Aci dari Tegal, cerita tentang keluarga Tahu Aci perkembangan dari karakter Mas Be; yang suka banget camilan Tahu Aci dan Tahu Pletok.  Premise-nya bercerita tentang CI-Girls adalah gank cewek; terdiri dari Cita, Cici, Cimoy dan Tama & Taku, mereka ber 5 berpetualang keliling Nusantara untuk mencicipi camilan. Taaci target pemirsa ABG anak baru gede usia 10-12 tahun, dengan cerita petualangan yang lebih ke “Slice of Life” menampilkan keunikan masing-masing karakter dengan segala permasalahan, muncul dalam komik 4 panel, animasi pendek (Tiktok), ucapan hari besar, dan juga sticker Whatsapp yang bisa didownload gratis pada apps “Emoticker”

Contoh animasi Taaci dibuat rekan-rekan siswa SMK Tegal sebagai bahan/soal LKS Lomba Kompetensi siswa SMK Animasi tingkat Kotamadya; hanya dalam waktu 8 jam.

Mengembangkan IP-Intellectual Property berupa karakter animasi Mas Be & Taaci; diperlukan Kerja sama dan kolaborasi berbagai pihak; yaitu dengan Robby Hardian seorang dosen Animasi dari DKV Politeknik Harapan Bersama Tegal, dan Ari Tri Winarno/Ary Senpai seorang Graphics Designer dari Grobokan, Semarang.


Bila Bambi dan Robby lebih menekankan tampilan fisik dari IP seperti pose-pose karakter dan animasi, Ari lebih pada pembuatan cerita dan karakterisasi dan personality dari masing-masing karakter Taaci. Semoga Kerja sama ini mendapat tempat di hari target marketnya.

Taaci Tasty Adventure juga bekerja sama dengan siapa saja termasuk Pemda setempat, dalam berbagai acara seperti lomba menggambar dan mewarnai, webinar, dan hal sosial lainnya.

Semangat & Salam Nganimasi!

 

YouTube: Ricky W Putra
Judul: 1. Bambi | Lebih Dekat Dengan Bambi        (Bambang Gunawan Santoso)
            2. Bambi (Bambang Gunawan Santoso) |

Asal Usul Mas Be Dan Taaci
IG @riqwputra
Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso
Judul: 1. Lebih Dekat Dengan Bambi | Podcast Culunholic | Animasi Indonesia
           2. Tentang Mas Be Dan Taaci | Tahu Aci Tegal | Podcast Culunholic Animasi

 

Studio SHOH Entertainment
SHOH Academy
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com
Facebook page: SHOH Academy
IG @shoh_academy

Telegram: SHOH_Academy




An1magine Volume 5 Nomor 9 September 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournaliteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

 

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      

 

 

Komentar

Postingan Populer