J.K. ROWLING: Harry Potter

 

https://www.vanityfair.com/hollywood/2020/06/jk-rowling-trans-criticism


J.K. ROWLING:

Harry Potter

Wulan Ardhana



Joanne Rowling. Lahir 31 Juli 1965, lebih dikenal dengan nama penanya J. K. Rowling, adalah seorang penulis dan filantropis Inggris. Dia terkenal karena menulis serial fantasi Harry Potter, yang telah memenangkan banyak penghargaan dan terjual lebih dari 500 juta eksemplar, Harry Potter menjadi seri buku terlaris dalam sejarah. Buku-buku tersebut adalah dasar dari serial film populernya, di mana Rowling mendapat persetujuan keseluruhan atas skrip dan menjadi produser di film terakhir. Dia juga menulis fiksi kriminal dengan nama pena Robert Galbraith.


Meskipun Rowling menulis dengan nama pena J. K. Rowling, sebelum menikah kembali, namanya adalah Joanne Rowling. Penerbitnya meminta agar dia menggunakan dua inisial daripada nama lengkapnya, mengantisipasi kemungkinan target audiens anak laki-laki yang tidak ingin membaca buku yang ditulis oleh seorang perempuan. Karena Rowling  tidak memiliki nama tengah, dia memilih K untuk Kathleen sebagai inisial kedua dari nama pena, dari nenek dari pihak ayah.  Dia menyebut dirinya Jo. Setelah menikah kembali, dia terkadang menggunakan nama Joanne Murray saat menjalankan bisnis pribadi. Selama Penyelidikan Leveson, dia memberikan bukti dengan nama Joanne Kathleen Rowling  dan entri di Who's Who mencantumkan namanya juga sebagai Joanne Kathleen Rowling.

 

Rowling lahir di Kota Yate, Gloucestershire, Rowling bekerja sebagai peneliti dan sekretaris dwibahasa untuk Amnesty International ketika dia memikirkan ide untuk serial Harry Potter saat berada di kereta yang terlambat datangnya dari Manchester ke London pada tahun 1990. Setelah bekerja sebagai peneliti dan sekretaris dwibahasa di London untuk Amnesty International. Rowling pindah bersama pacarnya ke Manchester, di mana dia bekerja di Kamar Dagang. Pada tahun 1990, ketika dia dalam perjalanan kereta yang tertunda empat jam dari Manchester ke London, ide untuk sebuah cerita tentang seorang anak laki-laki yang menghadiri sekolah sihir "datang memberi inspirasi sepenuhnya" ke dalam pikirannya.

 

Ketika dia telah mencapai flat Clapham Junction, dia segera mulai menuliskannya. Pada bulan Desember, ibu Rowling, Anne, meninggal setelah sepuluh tahun menderita sklerosis ganda. Rowling sedang menulis Harry Potter pada saat itu dan tidak pernah memberi tahu ibunya tentang hal tersebut. Kematian ibunya sangat mempengaruhi tulisan Rowling, dan dia menyalurkan perasaan kehilangannya sendiri dengan menulis tentang perasaan kehilangan Harry sendiri secara lebih rinci di buku pertama. Satu iklan di The Guardian membuat Rowling pindah ke Porto, Portugal, untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Rowling mengajar pada malam hari dan mulai menulis pada siang hari sambil mendengarkan Violin Concerto karya Tchaikovsky.  Setelah 18 bulan di Porto, dia bertemu dengan jurnalis televisi Portugis Jorge Arantes di suatu bar dan mengetahui bahwa mereka memiliki minat yang sama pada Jane Austen.

 

Mereka menikah pada 16 Oktober 1992 dan anak mereka, Jessica Isabel Rowling Arantes (dinamai menurut Jessica Mitford), lahir pada 27 Juli 1993 di Portugal. Rowling sebelumnya mengalami keguguran. Pasangan itu berpisah pada 17 November 1993. Para penulis biografi menyatakan bahwa Rowling mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama pernikahannya, yang kemudian dikonfirmasi oleh Rowling sendiri, dan oleh suami pertamanya, yang, dalam sebuah artikel untuk The Sun pada Juni 2020, mengatakan bahwa dia menamparnya dan tidak menyesalinya.Komisioner kekerasan dalam rumah tangga Inggris Nicole Jacobs secara resmi menasihati The Sun bahwa tidak dapat diterima "untuk mengulangi dan memperbesar suara seseorang yang secara terbuka mengakui melakukan kekerasan terhadap pasangannya".

 

Pada bulan Desember 1993, Rowling dan bayi perempuannya pindah ke Edinburgh, Skotlandia, untuk berada di dekat saudara perempuan Rowling dengan tiga bab tentang apa yang akan menjadi Harry Potter di dalam kopernya. Periode selama tujuh tahun tersebut menyaksikan kematian ibunya, kelahiran anak pertamanya, perceraian dari suami pertamanya, dan kemiskinan, berkarya dengan segala kesulitan hidup ditolak berkali-kali untuk karyanya, sampai novel pertama berhasil diterbitkan dalam serial. Harry Potter and the Philosopher's Stone, diterbitkan pada tahun 1997. Di cerita Harry Potter terdiri dari enam sekuel, yang terakhir dirilis pada tahun 2007. Sejak itu, Rowling telah menulis beberapa buku untuk pembaca dewasa: The Casual Vacancy (2012) dan — dengan nama samaran Robert Galbraith — seri fiksi kriminal Cormoran Strike.  Pada tahun 2020, "dongeng politik" untuk anak-anak, The Ickabog, dirilis dengan cara menulis secara bertahap dalam versi online.

 

Rowling telah menjalani kehidupan "hidup bagai gelandangan dengan baju compang-camping sampai menjadi orang kaya" di mana ia berkembang dan mampu mengatasi dari keadaan hidup yang serba sulit sampai dinobatkan sebagai miliarder pertama di dunia tulis menulis oleh Forbes. Namun, Rowling membantah pernyataan tersebut, dengan mengatakan dia bukan miliarder. Forbes melaporkan bahwa dia kehilangan status miliardernya setelah memberikan sebagian besar penghasilannya untuk amal. Total penjualannya di Inggris lebih dari £ 238 juta, menjadikannya penulis buku terlaris yang masih hidup di Inggris. The Sunday Times Rich List 2020 memperkirakan kekayaan Rowling sebesar £ 795 juta, menempatkannya sebagai orang terkaya ke-178 di Inggris.

 

Time menamakannya runner-up untuk Person of the Year 2007, mencatat inspirasi sosial, moral, dan politik yang ia berikan kepada penggemarnya. Rowling diangkat sebagai Anggota Order of the Companions of Honor (CH) pada Penghargaan Ulang Tahun 2017 atas layanan untuk sastra dan filantropi. Pada Oktober 2010, ia dinobatkan sebagai "Wanita Paling Berpengaruh di Inggris" oleh editor majalah terkemuka. Rowling telah mendukung banyak badan amal, termasuk Comic Relief, One Parent Families, dan Multiple Sclerosis Society of Great Britain, serta meluncurkan amal miliknya sendiri, Lumos.

 


Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/J._K._Rowling





An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter




Komentar

Postingan Populer