DCREATE: Jual Karya Digitalmu



DCREATE:

Jual Karya Digitalmu

Tubagus Ralemug 


Punya karya berupa komik (manga), novel, buku, musik, lagu, foto, video, aplikasi bahkan games digital? Masa Pandemic karena Covid-19 ini An1mareaders tidak harus keluar uang melulu, tetapi malah dapat penghasilan (income) dengan menjual semua karya digital yang An1mareaders miliki saat di rumah aja, potensi uang mengalir 24 jam per hari selama setahun tanpa ditunggui.


Produk Digital

Apa sih produk digital? Produk digital adalah hasil karya seseorang yang kreatif dalam format digital seperti buku, novel, komik, lagu, foto, suara, audio-video, audio book, aplikasi, dan juga games. Kelebihan produk digital adalah cenderung diproduksi sekali dan dijual berkali-kali karena pembeli hanya tinggal men-download saja file yang telah dibelinya salah satunya di Dcreate. Terlebih lagi kamu tidak perlu sibuk pulang pergi ke tempat jasa pengiriman barang karena produk digital tidak perlu dikirim di alam nyata, tetapi di-download dengan membuat akun gratis sebagai penjual (seller) di Dcreate, praktis dan potensi mendapatkan income juga lebih banyak karena tidak ada ongkos kirim.

 

Dcreate. Apa sih Dcreate? Dcreate adalah digital mall, digital plaza atau  pasar digital untuk produk karya digital kamu dengan membuka toko online gratis di sana. Era terus berganti, generasi baru juga terlahir sesuai dengan tantangan di masanya.  Ada generasi lama yang mampu bertahan dan beradaptasi dan mendapatkan penghasilan di era digital.

 

Namun banyak pula generasi lama yang kebingungan tidak tahu harus ke mana untuk mendapatkan penghasilan di tengah persaingan kuat dengan generasi baru. Generasi baru yang seolah di dunia digital begitu mudah bagi mereka, mereka mudah dikenal dan banyak yang menghasilkan income dengan banyak produk karya berupa “konten” format digital.

 

Rahasianya adalah selain generasi muda tersebut mampu membina komunitas yang dibuatnya dengan sebutan followers atau fans di era digital ini. Mereka juga mampu menawarkan produk karya digital mereka untuk dibeli dengan menggunakan online store milik mereka sendiri dengan biaya sendiri kepada followers-nya atau dengan membuka toko online yang disediakan oleh digital mall, digital plaza atau pasar digital, salah satunya adalah Dcreate.

 

Generasi apa pun, selama mau belajar, akan mampu beradaptasi, wujud adaptasi salah satunya adalah dengan membuka toko onlineMembuka toko online sendiri tentu memerlukan biaya dan pemahaman programming yang kompleks. Tetapi ada cara lain yang lebih mudah, yaitu membuka toko online yang disediakan gratis oleh digital mall seperti Dcreate. Dengan cara ini meminimalkan pengeluaran biaya dibandingkan membuat toko online sendiri dan tidak perlu diribetkan oleh programming dan sejenisnya.

 

Langsung aja yuk bikin online store gratisan kamu di Dcreate. Ketikkan dcreate.press di web browser kamu lalu klik tombol “My account” dan pilih Seller Login. Lalu klik pada tombol New Seller? Register here.


Isi form registrasi sesuai keperluan, tetapi pastikan mengisi kolom yang berbintang merah, sisanya biarkan saja, centang I have read and agree the privacy policy …, lalu klik tombol “next”.


Di bagian ini yang paling penting mengisi nama toko, isikan nama toko sesuai yang kamu perlukan, mengisi sisanya nanti di kemudian hari bila diperlukan, klik tombol “next” lagi.



Di bagian ini, kamu memerlukan alamat email kamu yang didaftarkan di PayPal karena Dcreate tidak menyimpan uang dalam bentuk apa pun, Dcreate murni digital mall atau digital plaza, atau pasar digital, di mana setiap transaksi ditangani oleh sistem PayPal, Paypal dapat menerima kartu kredit dan kartu debit, setelah selesai klik pada tombol  “Submit”. Yang akan membawamu ke Dcreate Seller Dashboard atau panel.


Selamaaat, berarti proses mendapatkan toko online gratisanmu sudah berhasil. Cek juga alamat email kamu, di sana akan muncul email dari Dcreate.


Saatnya mulai proses jualaaaaan. Siapkan produk atau karya digitalmu misalnya ragam buku digital dalam format PDF yaitu e-books, e-comics, e-novels, e-textbooks dan sejenisnya. Bisa juga ragam audio dalam format digital wav atau mp3 untuk suara (sounds), musik (musics), lagu-lagu (songs), rekaman video, bisa juga tutorial atau sejenisnya (videos), film pendek dan movies, aplikasi (application/software), dan juga game digital (games) untuk PC, Mac, dan sejenisnya. Pastikan produk kamu di-zip agar tidak terlalu besar dan mudah didownload, gunakan aplikasi salah satunya zip agar ukuran file di bawah 50 MB, bila memerlukan ukuran yang lebih besar, misalnya movie ukuran 1 GB, kamu tetap bisa memberikan link untuk didownload oleh pembeli dengan mendownload link file tersebut yang tersimpan di google drive atau tempat menyimpan file secara cloud lainnya di internet.

 

Upload Karya Digitalmu

Kini bagaimana proses mengupload karya digital kamu? Dalam contoh ini diberikan contoh mengupload file dalam format PDF seperti e-book, e-comics, e-novels, dan sejenisnya tetapi kamu bisa mengupload format apa pun, yang paling mudah adalah selalu dalam format zip karena file sudah dikompres dan cenderung lebih kecil ukurannya. Untuk mengupload file karya digitalmu, di “Seller Dashnoard” Panel klik pada “Catalog”. 


Lalu klik pada  “Downloads”.


Akan muncul jendela “Downloads”


Klik pada tombol “plus” warna biru di area kanan atas. Beri nama untuk karya digitalmu di kolom “Download Name”. Upload file dengan mengklik tombol “Upload File”, cari di mana kamu meletakkan file karya digitalmu, pilih filenya lalu klik tombol “open”.

Tunggu sampai proses upload selesai, bila file-nya besar dan akses internet lambat, proses akan berjalan lama, pastikan memiliki akses internet dengan kualitas yang baik agar upload berjalan lebih cepat.

 

Setelah proses upload selesai di kolom “Mask” isikan singkatan nama file karya kamu misalnya nama filenya “My File.pdf” terkadang Dcreate menambahkan kode sendiri untuk file tersebut, biarkan saja, kini untuk nama “Mask” ini nama singkatnya adalah “mf.pdf” dan pastikan masih memiliki extension yang sama persis dengan nama file aslinya, dalam contoh ini memiliki extension “pdf” kemudian klik tombol “Save”.


Setelah selesai, file karyamu ada di daftar “Download Name”, kamu bisa menghapus dengan cara mencentang kotak di sebelah kiri nama file yang akan dihapus lalu klik tombol “delete  yang ada di sebelah kanan atas berwarna merah bila diperlukan misalnya karena telah mengupload file yang salah. Tapi untuk sementara ini biarkan saja, karena langkah berikutnya adalah dengan menampilkan produk karya digital tersebut di toko onlinemu.




Menampilkan Produk di tokomu

File yang sudah terupload kini akan ditampilkan di toko onlinemu, istilah kerennya men-display produkmu. Produk bisa berupa karya dalam bentuk file bisa juga jasa (service), benar jasa, seperti jasa mendesain, jasa mewarnai, jasa menggambar, dan sejenisnya yang sesuai dengan format Dcreate.

 

Untuk men-display produk atau karya digital di toko onlinemu. Klik pada “Catalog” lalu klik “Products”.



Di “Seller Product” panel ini, kamu sebagai pelapak atau penjual di toko digital Dcreate ini dapat meng-on dan off-kan suatu produk yang dijual, atau “enabled” dan “disabled”. Tetapi tentu saja diperlukan produk digital tersebut terlebih dulu agar langkah tersebut dapat dilakukan.


Klik tanda “Plus” yang ada di sebelah kanan atas untuk menambah produk yang akan di display di toko onlinemu.



Di area “General” tab ini beri nama produk untuk file yang telah kamu upload tersebut, sisanya ikuti gambar berikut.


Setelah selesai, kini klik pada”Data” tab seperti gambar berikut:


Di “Category Featured Product” pilih No, di “Model” isikan “nama produkmu” di sini diberi contoh nama produknya adalah “My File”.



Untuk kolom ISBN terutama untuk buku, dapat diisikan bila memiliki nomor ISBN, tetapi bila tidak kosongkan saja, pengosongan juga dikarenakan produknya bukan buku tapi lagu, video, dan sejenisnya yang tidak memerlukan nomor ISBN.

 

Di kolom “Price” isikan harga produk tersebut, misalnya kamu memberi harga produk video tutorialmu tentang bagaimana cara “menangkap monster” dengan harga 100 dollar, ya harga di sini adalah dollar karena Dcreate tidak hanya untuk pasar digital di Indonesia saja tapi juga menerima pelapak dari luar negeri. Untuk “Tax Class” pilih “none” untuk “Quantity” isikan 1, untuk “minimum quantity” juga isikan 1, karena produk digital, untuk “Subtract Stock” pilih “No” untuk “out of stock status” pilih “in stock”. Untuk “requires shipping” pilih “No” hal ini dilakukan karena produk yang dijual adalah produk digital jadi tidak berkurang, tidak perlu dikirimkan ke alamat pembeli di alam nyata.




Langkah berikutnya adalah roll mouse ke area atas dan klik “Links” tab.


Untuk “Manufacturer” biarkan seperti apa adanya, Klik “Category” dan pilih kategori yang sesuai dengan produkmu. Untuk mengecek kategori yang ada juga dapat mengakses menu utama Dcreate dengan cara menggerakkan mouse ke area menu utamanya, di sana akan muncul kategori-kategori yang ada, bila perlu dicatat untuk memudahkan menempatkan produkmu sesuai kategorinya.



Kini ke “Downloads” di sini ketikkan nama awal file yang telah diupload, biasanya akan muncul secara otomatis, kini pilih file tersebut, bila benar, letaknya akan ada di area di dalam kotak “Downloads” dengan tanda lingkaran hitam minus di sebelah kirinya seperti gambar berikut:



Untuk “Related product” karena an1mareaders belum memilikinya, maka biarkan kosong, tetapi bila memiliki produk lebih dari satu dan produk tersebut memiliki relasi, maka ketikkan di sana, judulnya akan otomatis muncul di sana, pilih yang sesuai, setelah selesai, kini biarkan sisa isian sesuai aslinya di area ini, roll ke area atas lagi menggunakan mouse, kini klik “Image” tab.



Klik pada gambar icon “Dcreate” yang ada di sebelah kiri area ini, lalu cari file untuk gambar depan atau cover produkmu, ukurannya 200x200 pixels dalam format jpg atau png. Lalu klik tombol “plus” bila kamu punya gambar lainnya, ukurannya juga sama dalam 200x200 pixels, lalu klik tombol “Continue” di mana membawamu kembali ke daftar panel “Seller Products”.


Bila ada yang belum sesuai, kamu dapat mengklik tombol “edit” warna biru di sebelah kanan bawah, kalau untuk mengubah judul dan harga dan jumlah saja, dapat mengklik tombol “edit” yang berwarna hijau, jangan lupa klik “save” setelah selesai.




Mengecek Produk yang dijual di Toko Online

Langkah selanjutnya adalah apakah benar produkmu sudah muncul di lapak toko onlinemu? Caranya klik “Dashboard” yang ada di bawah area “Seller Options”, lalu klik pada icon “View Store” di bagian “Seller Store”.’





Selamaaaat produk digitalmu sudah ter-display di toko onlinemuuuu, yeaaay. Kini kamu siap mempromosikan produk yang kamu jual ke pembeli potensial yang tertarik dan sesuai dengan kategori produkmu.

 

Share saja link tokomu dan bagikan ke followers atau fans kamu yang siap membeli produk-produkmu yang keren. Kamu bisa share link produkmu ke ragam media sosial seperti Whatsapp, Line, Tiktok, Instagram, LinkedIn, dan media sosial lainnya, buat potensi pendapatan yang tidak terbatas di mana toko online ini terbuka terus selama 24 jam setiap hari setiap tahun. Duitmu juga tidak di Dcreate tetapi di PayPal, karena Dcreate adalah murni digital mall atau digital plaza atau pasar digital, tidak menyimpan uang apa pun di dalamnya.

 

Tidak punya fans atau followers? Ada baiknya segera berkarya terlebih dulu, dan suarakan dirimu, keahlianmu, berkarya sesuai bidangmu di era digital di ragam media yang ada dan media yang sedang tren atau bahkan media yang belum ngetren, siapa tahu kemudian hari media tersebut menjadi hits. 

 

Setelah memiliki followers atau fans, fans tidak perlu banyak, tetapi loyal, di mana fans yang loyal akan membuat kamu lebih mudah menjual produk karya digital ke para penggemarmu.

 

Ga bisa apa pun di zaman digital ini? Ga punya kemampuan komputer, ga punya kemampuan menggunakan smartphone, dan sejenisnya?

 

Cara termudah adalah belajar kepada yang sudah bisa, teman yang memberikan ilmu secara relatif cenderung gratis, intinya peningkatan kemampuan seseorang terletak pada dirinya sendiri, maukah melakukannya untuk meningkatkan kemampuan dirinya?

 

Bila tidak, sudah jelas jawabannya yaitu kata “tidak” tetapi bila berusaha dan belajar pilihan lainnya akan muncul yaitu kata “ya”. Di situlah letak filosofi “perubahan zaman akan melindas siapa pun yang tidak mampu beradaptasi pada perubahan” ayo kamu pasti bisaaaa!

 


Referensi

https://dcreate.press

Artikel terpublikasi di An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

 

An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

An1magine Volume 5 Nomor 10 Oktober 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

Dapat duit dengan berkarya di rumah aja. Kirim karya komik (manga) dan cerita mini (cerita pendek) buatanmu. Info lanjut di Bubble up Yourself

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalDcreateiteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

















Komentar

Postingan Populer