BINUS-SSE: Diskusi Online Animasi (DOA)

 


BINUS-SSE: 

Diskusi Online Animasi (DOA)

Mas Be


Diselenggarakan oleh mahasiswa Binus University SOD: School of Design-Animation, awal perkuliahan yang seluruhnya secara daring (online) Angkatan 2020 yang menghadirkan webinar “Binusian (sebutan bagi mahasiswa di Binus)- DOA” Diskusi Online Animasi yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 09-11 September 2020 dengan narasumber Bambang Gunawan & Yohan Power dari Studio Shoh Entertainment pada hari pertama, dilanjutkan hari berikutnya oleh Daryl Wilson dari Kumata Animation Studio, dan hari ke tiga dengan Idam Abdul seorang VFX (visual effects) Artist.

 

Pembahasan dari Studio Shoh Entertainment (SSE) bertemakan: “Introduction to Concept Art in Animation” diawali dengan penjabaran mengenai SSE oleh Bambang Gunawan Santoso (Mas Bambi) sebagai Training Manager; bahwa SSE dengan 100-an orang team animator sedang mengerjakan service work/pekerjaan pesanan serial animasi dari Korea dan Dreamworks dengan standard internasional, dan juga pengembangan IP-Intellectual Property creationSedangkan visual design pada 3D animation pipeline dimulai sebelum menjadi proyek pada saat: pitching, development, dan marketing.  bagian pre-production concept art sangat diperlukan pada tahapan concept design, pada tahap production tidak membahas mengenai visual design, namun pada tahapan post-production masih diperlukan pada bagian lighting-render saat menentukan mood dan pencahayaan, juga pada saat compositing yang menyatukan antara animation, property, background environment (bisa juga berupa Matte Painting).


Contoh berikutnya bila seorang concept artist mendesain satu bentuk robot atau property, pada tahapan berikut sebelum bisa diproduksi gambar desain tadi akan dibuat “gambar kerja” dengan tampak depan, samping, belakang, dilengkapi detail-detail, skala perbandingan, dan penjelasan mekanisme cara kerjanya. Artinya bukan sekadar gambar yang keren, tapi lebih ke gambar kerja yang bisa diproduksi. SSE selain mengerjakan produksi service work atau film serial animasi pesanan dan pengembangan IP, SSE juga mempunyai product “SHOH Academy” semacam komunitas belajar animasi untuk para pelajar/mahasiswa, hobbyist, dan professional secara daring. Bagi yang berminat bisa gabung melalui social media yang tertera.

Berikutnya penjelasan dari Yohan Power sebagai Art Director SSE dengan bekal segudang pengalaman dari ilustrasi hingga game design yang berhubungan dengan Bandai Namco, Dena, Gumi Asia Pte Ltd, Art Director di MNC Animation sebelum akhirnya bergabung dengan SSE; menjelaskan dan berdiskusi mengenai pekerjaan seorang concept artist dalam mengatasi berbagai masalah yang akan dihadapi.

Untuk menanggulangi berbagai permasalahan; yang perlu diketahui dan dimengerti seorang concept artist adalah:

  1.  Prioritize who to serve (Yourself, Audience,  Stakeholder, Team)
  2. Not understanding context (Target audience, Genre, Format, Business & Distribution, Story, Production Technique, Character Line up)
  3. Set the wrong goal (Attention, Familiarity, Focus)
  4. Lack of technical skill (Problem Solving, Empathy, Art Fundamental, Digital Tools)

Banyak pertanyaan menarik dari mahasiswa atau Binusian, seperti di antaranya:

Tentang plagiat dan referensi; selama pekerjaan kita tidak dibilang oleh orang lain “mirip dengan” karya orang lain artinya kita bukan plagiat. Karena animator membutuhkan referensi – semacam contekan dalam proses membuat karya. Referensi adalah sumber research dan hasil survey bahwa karakter atau cerita yang akan kita buat, sudah sangat dimengerti dan diketahui oleh kreatornya sehingga pada saat mendesain sudah tahu akan membuat karya seperti apa. Software yang digunakan di SSE, untuk 3D animasi menggunakan Maya. Sedangkan untuk 3D modelling boleh menggunakan software apa pun selama bisa di-convert dan dipindahkan ke software lain. Untuk editing menggunakan Adobe Premiere & Adobe After Effects, serta Adobe Photoshop yang multiguna. Persiapan portfolio, menurut Yohan dipilih dari tugas-tugas yang diberikan dosen selama masa perkuliahan, mohon didesain ulang tampilannya; agar terlihat lebih nyaman dipandang dan berkesan professional. 

Bambi menambahkan untuk portfolio yang berupa video sebaiknya durasi tidak lebih dari 1-2 menit dan hanya menampilkan karya yang terbaik (best of the best) yang pernah dilakukan, sesuai dengan bidang yang akan dilamar. Binusian sudah diarahkan untuk berkarier dan menjadi entrepreneur di luar negeri setelah lulus; sehingga perbanyak referensi dan perluas networking dalam dunia industri animasi. Agar pada saat magang/internship nanti bisa dilaksanakan di Korea Selatan, Jepang, Amerika, Eropa, atau negara-negara Asia Tenggara seperti Singapore, Malaysia, dan Thailand.

Akhirnya pesan singkat dari Yohan sebagai next steps, bahwa seorang mahasiswa harus mampu berpikir kreatif seperti “seorang dokter” dengan melakukan:

  • Research and diagnostic
  • Brainstorming and sketch
  • Draw and see multiple options


Sedangkan Bambi menyarankan untuk mengerjakan tugas apa pun dari dosen dengan sebaik mungkin, sekeren mungkin, semaksimal yang bisa dilakukan; karena akan menguntungkan bagi diri pribadi dalam rangka mempersiapkan portfolio terbaik pada saat Binusian lulus.Dan untuk menjadi seorang animator professional sebaiknya memiliki 3 aspek:

1. Kerja sama/teamwork
2. Disiplin dan tepat waktu
3. Attitude (sikap dan tingkah laku).

Semangat & Salam Nganimasi!

Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso

SHOH Academy
Facebook page: SHOH Academy
IG @shoh_academy
Telegram: SHOH_Academy

Studio SHOH Entertainment
IG @shohentertainment
Youtube: Studio Shoh Entertainment
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
recruitment@studioshoh.com

Bambang Gunawan IG @bambigunawan
Yohan Power IG @yohanpower

Artikel juga terpublikasi di An1magine September 2020



An1magine Volume 5 Nomor 9 September 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournaliteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

 

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      

 

Komentar

Postingan Populer