SOEKARNO: Kusno Sosrodihardjo

 

 https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2019/08/17/a03e4ead-d3e5-42d1-9fd5-34d9bbb012f0_43.jpeg?w=700&q=90




SOEKARNO

Kusno Sosrodihardjo

Wulan Ardhana


Soekarno lahir dengan nama Kusno Sosrodihardjo (6 Juni 1901 - 21 Juni 1970) adalah presiden pertama di Indonesia, menjabat dari tahun 1945 hingga 1967.

 

Sukarno adalah pemimpin perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan dari Kerajaan Belanda. Dia adalah pemimpin terkemuka gerakan nasionalis Indonesia selama masa kolonialisme Belanda dan menghabiskan lebih dari satu dekade di bawah penahanan pemerintah Belanda sampai dibebaskan oleh pasukan Jepang yang menyerang semasa Perang Dunia II.

Sukarno dan rekan-rekan yang sangat kuat jiwa nasionalismenya bekerja sama untuk menggalang dukungan bagi upaya perang Jepang melawan Belanda dari para penduduk, dengan imbalan bantuan Jepang dalam menyebarkan gagasan nasionalis.

Setelah Jepang menyerah karena pengeboman nuklir di dua kota besar di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki, Sukarno dan Mohammad Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, dan Sukarno diangkat sebagai presidennya. 

Soekarno memimpin Bangsa Indonesia dalam melawan upaya penjajahan kembali oleh Belanda melalui jalur diplomatik dan militer sampai kemudian berhasil memperoleh pengakuan Belanda atas kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

Penulis Pramoedya Ananta Toer pernah menulis, "Sukarno adalah satu-satunya pemimpin Asia di era modern yang mampu menyatukan orang-orang yang berbeda seperti itu beda etnis, budaya dan agama tanpa menumpahkan setetes darah pun.

Setelah masa demokrasi parlementer yang kacau, Soekarno mendirikan sistem otokratis yang disebut "Demokrasi Terpimpin" pada tahun 1959 yang berhasil mengakhiri ketidaksetaraan dan pemberontakan yang mengancam kelangsungan hidup negara yang majemuk dan terpecah belah. 

Penulisan nama Soekarno, berdasarkan penulisan Belanda, masih sering digunakan, terutama karena dia menandatangani namanya dengan ejaan lama. Sukarno sendiri menekankan huruf "u" dalam tulisan, bukan "oe", tetapi mengatakan bahwa ia telah disuruh di sekolah untuk menggunakan gaya Belanda, dan bahwa setelah 50 tahun, terlalu sulit untuk mengubah tanda tangannya, sehingga tetap dieja. tanda tangan dengan "oe". Penggunaan nama Soekarno juga diterapkan pada nama Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berada di Tangerang, Banten, masih menggunakan ejaan Belanda.

Bangsa Indonesia juga mengingatnya sebagai Bung Karno yang berarti Saudara atau Pak Karno. Seperti kebanyakan orang yang lahir di Jawa pada waktu itu, Soekarno tidak memiliki nama keluarga di belakang namanya. Menurut penulis Pramoedya Ananta Toer dalam beberapa wawancara, "bung" adalah sebutan penuh menyiratkan kedekatan berarti "teman" yang secara kreatif digunakan sebagai cara alternatif untuk menyapa orang dengan cara yang sama, kata lain yang mirip seperti  "mas" atau "bang".

Nama Soekarno ini juga diambil dari karakter dalam epik Hindu Mahabharata, Kumbakarna. Soekarno di luar negeri dikenal sebagai "Achmad Sukarno", atau variasinya. Nama depan fiktif mungkin telah ditambahkan oleh wartawan di Barat yang dibuat bingung oleh seseorang hanya dengan satu nama.

 

Referensi

[1] https://en.wikipedia.org/zwiki/Sukarno






An1magine Volume 5 Nomor 8 Agustus 2020
Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournaliteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      

Komentar

Postingan Populer