LIPUTAN: Dunia Rina Harahap Kolab Dengan Bambi Gunawan

 


LIPUTAN: Dunia Rina Harahap Kolab dengan Bambi Gunawan

Mas Be


Di masa pandemik sekarang ini banyak rekan-rekan yang ingin berbagi atau sharing ilmu pengetahuan yang sudah diketahui kepada siapa saja yang membutuhkan, khususnya bidang industri kreatif di mana di dalamnya termasuk bidang Film dan Animasi.


Adalah seorang produser film, Rina Yanti Harahap salah satu film garapannya “La Tahzan” yang dibintangi Joe Taslim & Atiqah Hasiholan berbagi melalui channel YouTube: “Dunia Rina Harahap” yang baru saja rilis dalam masa pandemik, dengan serangkaian sharing seperti: publikasi film layar lebar, kebutuhan gizi, pentingnya pola makan & gizi anak, dan make over character.

Bila umumnya Webinar dilakukan langsung bertatap-muka secara daring dan direkam, sebagian ada yang dibagikan kembali hasil rekamannya melalui Youtube atau Facebook; sedangkan Rina Harahap menampilkan dengan cara sedikit berbeda. Wawancara tetap dilakukan beberapa hari sebelumnya melalui aplikasi Zoom; dilakukan sebelum jadwal tayang di Youtube; nah setelah melalui proses editing barulah hasil wawancara tampil di Youtube sesuai dengan jadwal tayangnya dan dibagi menjadi 2 konten.


Sharing Animation: Make Over Your Character, tayang Selasa 21 Juli 2020

Cerita awal karir Bambi (nama lengkapnya Bambang Gunawan Santoso) sejak 1998 gabung dengan Asiana Wang Animation, lalu bekerja di Matahari Studios (game studio), pengajar 2D animasi di Hellomotion sejak 2004, 2005 gabung dengan Applebox Postpro, 2008 dapat beasiswa 6 bulan ke Korea CPI-Culture Partnership Initiative dan magang di KOCCA-Korea Creative Content Agency, lalu gabung dengan CAM Solutions sampai tahun 2012.

Baru kemudian menjadi dosen animasi di Binus University, UPH & Raffles; juga menjadi jury animasi LKS-Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Nasional dari 2012-2017. 2018 internship & scholarship setahun di Apple Developer Academy (kerjasama dengan Binus University). Tahun 2019 gabung dengan Studio Shoh Entertainment (SSE); dengan CEO Mr. Seung Hyun Oh (disingkat SHOH) yang sudah berpengalaman lebih dari 27 tahun dengan networking kelas dunia termasuk bekerjasama dengan studio animasi internasional. Sehingga beberapa pekerjaan SSE adalah animasi pesanan yang sebagian besar dari Korea dan Hollywood-Dreamworks, SSE selain mengerjakan animasi pendek, serial dan layar lebar, juga membuat dan memproduksi IP-Intellectual Property.

Beda animasi 2D (dua dimensi) dan 3D (tiga dimensi) pada produksinya di mana 2D lebih mengandalkan gambar frame by frame secara digital dan bekerja dalam 2 sumbu X & Y; sedang 3D mengandalkan pekerjaan computer dari mulai modeling, rigging, dan animate/gerakan animasi dalam 3 sumbu X, Y, dan Z. Karakter-karakter yang lovable umumnya unyu-unyu yang biasa dikenal dengan istilah Chibi (child body, skala anak-anak) sehingga terlihat unyu, lucu dan menggemaskan. Chibi Korea sebetulnya perkembangan dari Chibi Jepang dengan perbedaan beberapa ciri khas. Dengan target market semua umur/segala usia sehingga memorable baik bagi pemirsa anak-anak maupun dewasa.

Agar sesosok karakter bisa dikenal dan memorable, masing-masing karakter harus mempunyai sifat (personality); juga memiliki Golongan Darah sehingga setiap karakter mempunyai keunikan masing-masing plus related dengan kehidupan sehari-hari; tetap ada kekurangannya masing-masing dan bukan karakter yang sempurna. Tentu saja dilengkapi dengan research dan survey sehingga masing-masing karakter akan terasa lebih “hidup” dan berkesan seperti manusia yang memang berada di sekitar kita.

Make over itu tidak harus mengubah karakter secara keseluruhan; tetapi beberapa garis ciri khas tetap dipertahankan, dengan penampilan yang lebih fresh dan cantik. Mengubah foto menjadi gambar karikatur seperti Disney style; dimulai dari sketsa wajah dengan sedikit mengubah skala agar lebih unyu. Dengan cara memperbesar mata dan melebarkan area jidat; sehingga menjadi seperti skala wajah anak-anak atau remaja.

Berikutnya jiplak ulang dan merapikan garisnya; pewarnaan blok warna dasar, baru dibuat warna shadow dan highlights. Pilih warna-warna yang bukan warna primer dan warna yang berkesan soft atau warna pastel agar lebih terlihat unyu-unyu.



Sharing: Tips Menulis Buku Nganimasi, tayang Selasa 28 Juli 2020

Mengapa karakter seperti Angry Bird yang notabene tidak lovable; tetap banyak disukai semua orang?, karena diawali sebagai game untuk smartphone sehingga bentuk karakter tidak bisa besar (full body) dan detail tetapi hanya bagian wajah dengan warna-warna primer yang sesuai dengan target pemirsa game, dengan style yang tidak biasa atau mainstream.

Namun karena wajah yang marah-marah justru sukses sehingga dikembangkan yang dari awalnya 2D menjadi 3D, dan dikembangkan menjadi film layar lebar. Contoh film lebar yang menggunakan CGI-Computer Generated Imagery seperti film Rudy Habibie (courtesy of MD Pictures); karakter Rudy yang diperankan Reza Rahardian menggunakan body double yang wajahnya menggunakan greenscreen dan dicompositing diganti wajah Reza; mengingat tinggi tubuh Reza terlalu tinggi untuk karakter Rudy.

Untuk film GUNDALA (courtesy of Bumilangit & karya sutradara Joko Anwar) adegan Gundala mengeluarkan petir menggunakan CGI untuk efek petir dan special effects di background menggunakan matte painting, agar pemirsa masih merasakan lokasinya ada di sekitar kita walaupun ceritanya fiktif.

Film layar lebar yang menggunakan teknik Hybrid Animation; adalah dengan menggabungkan berbagai macam effects dan teknik seperti yang digunakan pada action movie superhero Hollywood; dari CGI, mechatronic, miniature, robot, greenscreen, 3D dan 2D special effects. Mengenai proses pembuatan buku “NGANIMASI INDONESIA; Indonesia Animation Industry Data” penulis memerlukan waktu 1,5 tahun untuk mengumpulkan data dan 1 tahun proses pembuatan bukunya. Buku Nganimasi Indonesia terbit tahun 2018 dari Elexmedia, Gramedia sehingga datanya sudah harus update per tahun atau minimal tiap 6 bulan.

Sehingga IP-Intellectual Property animasi seperti Nussa Rara dari Little Giantz dan Dalangpelo karya Acil-Nuralif belum masuk dalam buku; karena muncul bersamaan dengan saat terbitnya buku. Buku ini bilingual (dalam Bahasa Indonesia dan Inggris) sehingga bila dibawa ke luar negeri sudah lengkap dengan English version yang menampilkan semacam yellow pages industri animasi di Indonesia; mulai dari 56 IP Animasi, 15 film pendek animasi, 49 studio animasi, 135 SMK animasi, 44 Perguruan tinggi, AINAKI-Asosiasi Industri Animasi Indonesia dan event tahunan animasi.

Bila rekan-rekan ingin membuat buku; minimal sudah survey dan research isi bukunya nanti untuk siapa target marketnya? Isinya berapa bab dan tentang apa? Akan dicetak di mana? Karena masing-masing percetakan atau publishing biasanya sudah mempunyai persyaratan sendiri-sendiri, seperti ketentuan edit bahasa, jumlah halaman, jenis kertas, layout buku yang memerlukan layout artist, harga jual, dan sejenisnyaSedangkan rekan-rekan yang ingin menjadi animator; minimal terbiasa menerima kritikan dan siap mengubah atau merevisi karyanya. Nantinya dengan jam terbang yang cukup revisi dan retake akan berkurang dengan sendirinya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Berdisiplin kerja dengan memastikan janji yang harus ditepati dan tanpa alasan; serta bekerjasama dalam team karena animasi adalah kerja sama banyak orang dalam satu pipeline (alur) produksi.

Semangat & Salam Nganimasi!

YouTube: DUNIA RINA HARAHAP
Judul: 1. Sharing Animation: Make Over Your Character
            2. Sharing: Tips Menulis Buku Nganimasi 
IG @rinayantiharahapyahoo

Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso
Judul: 1. Sharing Animation: Make Over Your Character
            2. Sharing: Tips Menulis Buku Nganimasi

Studio SHOH Entertainment
SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com





An1magine Volume 5 Nomor 8 Agustus 2020
Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournaliteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      


Komentar

Postingan Populer