KOLABORASI KK-SSE: “DRAWING DYNAMIC POSE”

 


KOLABORASI KK-SSE: “DRAWING DYNAMIC POSE”

Mas Be


Webinar, seminar daring melalui website dengan menggunakan aplikasi Zoom versi premium mampu menampung maksimal 500 peserta dan tanpa batasan waktu; sehingga suatu webinar dengan durasi lebih dari 3,5 jam akan berlangsung dengan lancar dengan kualitas maksimal menjadi amat sangat nyaman baik bagi peserta maupun pemateri dan panitia penyelenggara.

 

Kelas Kreatif (KK) yang diprakarsai oleh Donny Dharmawan berkolaborasi dengan Studio Shoh Entertainment (SSE) pada hari Sabtu, tanggal 01 Agustus 2020; mulai setengah jam lebih awal yaitu pukul 09.30 menghadirkan Hary Istiyoso-Visual Development Artist SSE webinar bertajuk “DRAWING DYNAMIC POSE” membahas bagaimana mendesain ilustrasi untuk animasi, khususnya karakter dengan pose-pose yang keren dan berkesan dinamis, bersama host: Yohan Power–Art Director dari SSE.

Bila beberapa Webinar yang telah diselenggarakan KK sebelumnya diikuti sampai dengan 90 peserta; kali ini webinar “Drawing Dynamic Pose” memecahkan rekor dengan 415 peserta webinar dari seluruh penjuru Nusantara; terima kasih banyak bagi semua peserta yang begitu antusias mengikuti webinar kali ini dari awal hingga selesai dan bagi panitia penyelenggara. Pada kesempatan ini, peserta dipersilakan berinteraksi langsung dengan mengirimkan karya terbaik yang kemudian akan di-breakdown oleh pembicara, semacam revisi online bagi peserta webinar; dan terpilih 2 karya peserta yang langsung mendapat asistensi perbaikan konstruksi, line of action, dan detail-detail dynamic pose.


Diawali dengan perkenalan pembicara kali ini: Hary Istiyoso dengan portfolio pengalaman kerja lebih 12 tahun sebagai Storyboard Artist, Concept Artist, dan sebagai Visual Development Artist di PT Studio Shoh Entertainment sejak tahun 2020. Bahwa pengetahuan dasar-dasar anatomi dan perspektif sangatlah penting bagi seorang Illustrator Artist; bisa dipelajari dari buku-buku karya Andrew Loomis & Mike Mattesi dan Scott Robertson untuk penggambaran perspektif.


Dynamic pose adalah dynamic posture dalam posture yang bergerak sesuai dengan alurnya (line of action); dan Contrapposto adalah temuan dari zaman Yunani kuno tentang "counterpoise", mendeskripsikan figur manusia yang berdiri hanya dengan satu tumpuan kaki. Dalam kehidupan nyata, kita sering berdiri menggunakan satu kaki sebagai penahan tubuh dan kaki yang satunya rileks. Beberapa teori yang mendasari Dynamic Pose seperti berat (weight), tekanan (force), dan arah (direction) sehingga dalam membuat suatu pose karakter yang dinamis, An1mareaders perlu memikirkan titik tengah/jatuh gravitasi (Center of Gravity)  sehingga walaupun tidak simetris namun posisi dan berat tubuh tetap seimbang.


Lalu mulailah demo menggambar Dynamic Pose dimulai dari torso atau bagian dada karakter; kemudian Line of action berupa garis maya (misal seperti huruf S) yang membantu menentukan pose berdiri karakter. Kemudian melangkah sedikit lebih advanced; tentang lensa dan perspektif,  penggambaran karakter menggunakan perspective blocks and foreshortening (seperti arah pandang kamera dari titik mata hilang di belakang, menuju ke arah camera/lensa).

 

Konklusinya; Dynamic Pose adalah mengenai Anatomy, Force and Direction, & Perspective, sedangkan cara berlatihnya adalah dengan Drawing with Intention, Directed Practice, and Consistency. Semoga webinar kali ini memberi manfaat bagi para peserta; jangan lupa “practice makes perfect” tidak ada karya sempurna tanpa proses latihan ratusan hingga ribuan kali untuk menghasilkan satu karya gambar terbaik. Pesan dari pembicara “Gak perlu perfect, yang penting selesai!” Sampai jumpa pada Webinar-webinar kolaborasi KK-SSE berikutnya.

Semangat & Salam Nganimasi!


Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso

KELAS KREATIF
IG @kelaskreatifid
YouTube: KelasKreatif ID

Studio SHOH Entertainment
Hary Istiono IG @harymachinegun
Yohan Power IG @yohanpower

Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com


  



An1magine Volume 5 Nomor 8 Agustus 2020
Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournaliteksPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      


Komentar

Postingan Populer