WEBINAR: Kolaborasi antara Kelas Kreatif-Studio Shoh Entertainment




WEBINAR: Kolaborasi antara Kelas Kreatif-Studio Shoh Entertainment

Mas Be



Webinar dengan menggunakan aplikasi Zoom begitu menjamur selama pandemic ini; bahkan di akhir minggu yaitu Jumat dan Sabtu dalam sehari ada 3 sampai 5 webinar berlangsung dan bersamaan waktunya.


Sehingga An1mareaders harus memilih mana yang perlu dan wajib diikuti; terutama webinar yang berbayar; dan yang bisa ditonton interactive via Youtube. Sedangkan webinar yang hasil rekamannya upload di Youtube bisa diikuti kembali di waktu lain. Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Kelas Kreatif diprakarsai oleh Donny Dharmawan dengan beberapa kali Webinar yang sudah dilakukan Kelas Kreatif dan menghadirkan narasumber di bidangnya, antara lain: “Kelas seri Digital Illustrator” pada 15, 22, & 29 April 2020 bersama Hagung Sihag.

Kemudian “Beyond Imagination” bersama Atragraphia pada 06 Mei 2020, dan dilanjutkan berbagai webinar seperti “Gimana Sih Proses Produksi Iklan Televisi & Iklan Digital” bersama Bimo Zulkarnain, “Cara Membuat Konten Menarik di Sosmed” oleh Budibay Haq Lalu “Gimana Merintis Bisnis Desain?” bersama Ary Senpai, “Teknik Frame by Frame dalam Animasi 2D” oleh Robby Hardian, “How to be a Creative Person? Made or Naturally born?” pembicara Ari Santosa, dan lain sebagainya. 

Kolab Kelas Kreatif (KK) dengan Studio Shoh Entertainment (SSE) diawali pada Sabtu, tanggal 02 Mei 2020 menghadirkan Bambang Gunawan Santoso yang dikenal dengan nama lain yaitu Mas Bambi bertajuk “Calon Animator Wajib Join” membahas  seluk-beluk PT SSE dan juga tentang IP-Intellectual Property khusus animasi. Boleh dibilang sebagai Webinar yang sukses menghadirkan pemirsa online, sehingga akan dilanjutkan dengan kolab KK dan SSE untuk Webinar selanjutnya.


Kolab KK dan SSE ke 2 dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 mulai pukul 10.00 bertajuk “How to Draw Disney Style” dengan antusiasme peserta lebih dari 90 orang dari seluruh penjuru Nusantara; dengan narasumber Yohan Power, seorang Art Director dari PT Studio Shoh Entertainment. Yohan menjelaskan Mindset & Knowledge berhubungan dengan art/fineart dan design;  bahwa fineart lebih mempertanyakan masalah hasil akhir yang dipikirkan pemirsa, sedangkan Design lebih memberikan solusi dan menjawab pertanyaan yang ingin dicapai pemirsa.




Sehingga “Disney Style is created by Design”, dari mulai context menjadi design untuk mencapai goal; sama halnya seperti matematika mengandung solusi, masalah, analisis, dan logika. Kemudian penjelasan dengan praktik menggambar langsung karakter bernama Zidane Tribal dari Final Fantasy 9; sekaligus mengubah beberapa bagian sehingga menjadi suatu karya dengan Style Disney tetapi tetap sebagai karakter ala Zidane Tribal yang An1mareaders kenal.

Dilanjutkan penjelasan mengenai Studio Shoh Entertainment (SSE) yang sekarang berlokasi di Gedung Plaza 89 lantai 12M, Kuningan, Jakarta; disertai penjelasan mengenai CEO SSE bapak Shoh (Seung Hyun Oh) yang sudah berpengalaman lebih dari 28 tahun berkecimpung dalam industri animasi dunia, termasuk beberapa pekerjaan proyek animasi dari Korea dan Amerika yang tengah dikerjakan SSE. Di bagian akhir Yohan mengingatkan “5 Crucial Things to Know Before Starting Your First Job” seperti mindset yang tidak masalah bila gagal, lingkungan dengan orang-orang penting di sekitar kita, kepemimpinan dengan menemukan mentor yang hebat, ego bakat tidak menentukan siapa seseorang, dan ego untuk selalu periksa ulang agar menjadi pasti (akan karyanya).

Kolab Webinar ke 3 kembali menghadirkan Bambi (Bambang Gunawan Santoso) Training Manager SSE pada Sabtu, 04 Juli 2020 mulai pukul 10.00 hingga 11.45 membahas “Basic Character Drawing” diikuti 90 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Menggambar bukan sekadar hasil gambarnya harus bagus; tetapi “menggambar yang benar” khususnya pengetahuan dasar menggambar karakter atau tokoh yang digunakan sebagai patokan untuk membuat karya IP-Intellectual Property untuk animasi, komik, Webtoon, dan sejenisnya.

Tiga hal utama dalam menggambar karakter adalah: Skala, Proporsi Anatomi, dan Perspective. Dimulai dengan Skala 8x kepala ukuran gambar manusia normal dari Andrew Loomis sebagai panutan menggambar skala dan proporsi anatomi, lanjut dengan skala yang sama tetapi versi semi realis yang biasa digunakan dalam gambar desain karakter animasi kartun seperti karya Disney dan Pixar. Pengetahuan tentang cartoon style dari segitiga Scott Mc Cloud dan penjelasan tentang style Unyu dari Chibi Korea yang diadaptasi dari Chibi Jepang, yang terdiri dari Chibi (child body dengan skala 4 dan 3x kepala) dan SD atau Super Deformed, termasuk skala proporsi wajah unyu.



Yang termasuk “Animation Bible” adalah ketentuan dan patokan cara gambar karakter lengkap dengan tampak (depan, belakang, samping, ¾), skala dan proporsi, berbagi pose, dan facial expression; ada pula yang spesial dilengkapi dengan hitungan frame dalam membuat gerakan animasi karakternya. Dalam webinar kali ini Bambi mendemokan langsung membuat Rotation/Turn Around karakter berupa 8 tampak (seperti berputar 360 derajat) menggunakan beberapa software: Adobe Animate (dulu namanya Flash), Adobe Photoshop, dan Toonboom.

Kemudian beberapa contoh lain karakter yang bukan manusia dan hewan, seperti Moron (monster Corona) dan Robot Penthol. Juga referensi atau contekan perspektif untuk background yaitu dari foto menjadi gambar kartun dan menggabungkannya dengan karakter dalam pose tertentu hingga menjadi 1 karya pin up; semacam poster adegan dari film animasi yang dibuat. Di bagian akhir penjelasan tentang SSE dan rencana Shoh Art Campus yakni training untuk recruitment tetapi tetap boleh diikuti rekan-rekan yang ingin training saja dengan 12 bidang; mulai dari: Concept Design, Storyboard, 2D Animation, 3D Animation, 3D Modeling, 3D Rigging, 3D Layout (PreVisualization), Editing, Light-Render-Compose, Technical Script, dan Webtoon di mana bekerjasama dengan Kenaz Webtoon, Korea.


Bagi An1mareaders yang berminat mengetahui lebih banyak, boleh mengisi questioner dengan link http://bit.ly/SHOHArtCampus sehingga bila ada perkembangan lebih lanjut Shoh Art Campus akan menghubungi via emailSemoga webinar-webinar kolab antara KK dan SSE dapat memberi manfaat bagi para peserta dalam berkarya seputar animasi; perlu diingat bahwa tidak ada karya bagus yang “instant” semua perlu disiplin berlatih setiap hari dan jam terbang. Practice makes perfect; usaha dan kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Sampai jumpa pada Webinar-webinar Kolab KK-SSE berikutnya.

Semangat & Salam Nganimasi!


Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
     @taaci_official
YouTube: Bambang Gunawan Santoso


KELAS KREATIF
IG @kelaskreatifid
YouTube: KelasKreatif ID

Studio SHOH Entertainment
SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com

  1. Home /
  2.  
  3. Archives




An1magine Volume 5 Nomor 7 Juli 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.
 

 

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.
 
 

Komentar

Postingan Populer