TALKSHOW: Seberapa Besar Peluang Animator di Tengah Pandemi




TALKSHOW: Seberapa Besar Peluang Animator di Tengah Pandemi

Mas Be


“Kita pasti bisa, kita harus bisa Kita lawan bersama. Kita pasti bisa, kita harus bisa Kita bangkit bersama”

Refrain dari lagu berjudul “Kita Bisa” karya DXA band mengilhami secara keseluruhan talkshow kali ini yang sangat berbeda dari talkshow dan webinar yang dilakukan penulis sebelumnya. Talkshow bertajuk “Seberapa Besar Peluang Animator di tengah Pandemi” terbagi menjadi 3 segment mengenai asal-mula dan pekerjaan sekarang, tentang video klip animasi, teknik morphing animasi, dan seberapa penting musik dalam suatu produksi animasi.


Diseling penampilan live dari DXA band membawakan 4 lagu; khusus lagu ke 4 berjudul “KITA BISA” sebagai lagu utama agar kita bisa bangkit dan melawan pandemik. Dengan host GatutSuryo acara “TALKSHOW ID” ini disupport oleh PANDI (domain .id) dan ASKOMIK (Asosiasi Komunitas Musisi Indie Kreatif) dengan PIC: Star Music Community terjalinlah kerjasama yang apik dalam talkshow live via YouTube: Musikindie ID pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 pukul 16.00 WIB. Hobby menggambar seorang Bambi (Bambang Gunawan Santoso) dari kecil berkembang hingga tahun 1998 bergabung dengan Asiana Wang Animation, Bekasi; kemudian tahun 2000 gabung dengan Matahari Studios di bidang game, hingga pada tahun 2008 mendapat beasiswa dari pemerintah Korea Selatan magang 6 bulan di KOCCA-Korea Creative Content Agency (semacam BEKRAF-nya Korea) dan sekembali dari Korea bergabung dengan CAM Solution dengan CEO Ibu Peni Cameron hingga tahun 2012.


Tahun 2012-2017 sebagai dosen pengajar animasi di Binus University, UPH-Universitas Pelita Harapan, dan Raffless & menjadi juri nasional LKS-Lomba Kompetensi Siswa Animasi SMK. Sekarang Bambi sebagai Training Manager di SSE-Studio Shoh Entertainment tengah mempersiapkan Shoh Art Campus; training animasi untuk recruitment. Perkembangan animasi saat ini di mana pekerjaan dalam industri animasi sudah berstandar internasional; sehingga munculnya Studio-studio animasi seperti Studio Shoh Entertainment, BrownBag Animation, The Little Giant, MNC animation, MPIC, MSV studio, dan sejenisnya; yang mampu mengerjakan film animasi pesanan Hollywood-Amerika & Korea dengan baik dan diakui dalam skala internasional.


AINAKI – Asosiasi Industri Animasi Indonesia menjadikan wadah berkumpulnya para animator dan kerjasama dengan pemerintah (dari Kemdiknas, Perindustrian, Parekraf, Depnaker) juga penentuan SKKNI-Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang animasi, dapat diakses di https://ainaki.or.id/ Dari banyaknya teknik animasi baik 2 Dimensi maupun 3 Dimensi; juga muncul teknik hybrid (gabungan dari berbagai macam teknik) juga teknik Morphing animation; yakni animasi yang gambarnya selalu berubah dari 1 bentuk ke bentuk yang lain/morph. Dengan contoh animasi pendek Idul Fitri (lagu karya host kali ini Gatut Suryo) dan Natalan. Juga membahas sedikit tentang karya buku ke 5 dari penulis, berjudul “NGANIMASI INDONESIA; Indonesia Animation Industry Data” yang berisi 56 IP-Intellectual Property Animasi, 49 studio animasi, 135 SMK, 44 universitas/perguruan tinggi, komunitas dan event tahunan animasi yang terbit tahun 2018 dari penerbit Elexmedia Komputindo, Gramedia.




Berikutnya hadir Bumper animasi Mas Be berdurasi 1 menit karya penulis, pekerjaan animasi dibantu Allie Animation Studio Malang, Lagu oleh Gatut Suryo, penyanyi Sinta Schuman, arrangement oleh Adryans; menampilkan karakter Mas Be, Donat kirik, Nimas penari Jaipong, Eyang Semart, dan Han-han monyet yang mampu berubah menjadi Superhero. Hanya dalam waktu 2 hari sebelum talkshow; penulis mendapat kiriman lagu “Kita Bisa” karya DXA band dari panitia acara. Awalnya hanya akan dibahas kalau ada lagu seperti ini kira-kira ide untuk video klip animasinya akan seperti apa. Karena acaranya Talkshow sehingga menurut penulis alangkah bagusnya kalau dibuat secara visual; sehingga dalam waktu singkat muncullah 29 detik animasi dengan karakter Mas Be dan karakter TAACI Tasty Adventure-keluarga Tahu Aci Tegal (Cita, Cici, Cimoy, Tama, Taku) melawan Moron-monster corona.


Semoga talkshow singkat kali ini dapat memberi sedikit pencerahan dan hiburan bagi pemirsa & netizen. Rekaman talkshow dapat ditonton di Youtube: Bambang Gunawan Santoso. Semangat & Salam Nganimasi! 

Bambi (Bambang Gunawan Santoso) Email: si.bambi@gmail.com 

IG @bambigunawan 

@taaci_official

YouTube: Bambang Gunawan Santoso Rekaman talkshow berjudul: “Seberapa Besar Peluang Animator di tengah Pandemi”


Studio SHOH Entertainment SHOH Art Campus Gedung Plaza 89, lantai 12M Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940 artcampus@studioshoh.com YouTube: Studio Shoh Entertainment IG @shohentertainment recruitment@studioshoh.com

artikel lengkap terpublikasi di An1magine Volume 5 Nomor 6 Juni 2020




An1magine Volume 5 Nomor 6 Juni 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.
 

 

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.
 
 
 

Komentar

Postingan Populer