Struktur dan Komposisi Tegakan Tinggal di Kelompok Hutan Sungai Kuayan dan Mentaya Kalimantan Tengah





Struktur dan Komposisi Tegakan Tinggal
di Kelompok Hutan Sungai Kuayan dan Mentaya Kalimantan Tengah

Dr. Ir. Sosilawaty, M.P. Editor: R. Masri Sareb Putra, M.A.
ISBN: 978-602-6510-90-7 Dimensi: 21x29,7 cm 78 halaman 
Lay out : An1mage Team, Edisi : Juni 2020
Penerbit : An1mage, Jakarta dapat diperoleh di Play Store dan Google Book


Kegiatan penebangan pada hutan hujan tropika basah akan menghasilkan tegakan tinggal dengan berbagai tingkat pertumbuhan. Tegakan tinggal inilah yang harus mendapat perhatian utama melalui tindakan pemeliharaan agar diperoleh pertumbuhan jenis yang diinginkan secara optimal. Dalam pedoman Tebang Pilih Tanaman Indonesia (TPTI) dinyatakan bahwa kelestarian produksi hutan didasarkan pada banyaknya pohon binaan jenis niagawi yang ada setiap hektarenya yang tersebar merata. Untuk mencapainya, perlu dilakukan pemeliharaan pada areal bekas tebangan. 

Kegiatan pemeliharaan tersebut memerlukan informasi yang lengkap sesuai dengan kondisi hutan yang ada, jenis, dan faktor lingkungan yang berpengaruh di sana antara satu tempat dengan tempat lain yang dapat berbeda.  Diangkat dari suatu penelitian lapangan, inilah sebuah pustaka yang memaparkan kajian mengenai Struktur dan Komposisi Tegakan Tinggal dalam pelaksanaan Tebang Pilih Tanaman Indonesia (TPTI) di Kelompok Hutan Sungai Kuayan dan Mentaya, Kalimantan Tengah. Menjadikannya sebuah Referensi yang sangat pas bagi akademisi lingkungan, praktisi, serta para pemangku kepentingan lingkungan hidup di mana pun berada. Semoga memberi kontribusi yang berarti di bidangnya demi kemaslahatan masyarakat banyak dan kehidupan yang lebih baik lagi umat manusia.


Punya naskah? 

Gabung yuk di Komunitas Penulis Buku Indonesia. KOMUNITAS PENULIS BUKU INDONESIA (KAPEBI) adalah komunitas para penulis buku nonfiksi, edukasi, penelitian, dan nonfiksi lainnya. Contoh karya nyata komunitas yang telah terpublikasi adalah 2D Animation: Hybrid Technique, Elemen dan Prinsip Animasi 2D,  Memproduksi Animasi TV: Solusi Murah dan Cepat, Elemen dan Prinsip Menggambar, Comic Making, serta karya lainnya dapat diakses di Play Store. Komunitas Penulis Buku Indonesia (KAPEBI) atau iteks di Facebook Group, tempat bertukar informasi dan belajar bersama bahkan publikasi karya untuk pengembangan karyamu, untuk KUM dosen bila kamu adalah seorang dosen di Indonesia. Dilarang posting masalah suku, agama, ras, politik, pornografi, dan berita hoax. 


Punya buku? Jual dan dapatkan passive income dari bukumu, buruan daftar di ITEKS pasar buku untuk para penulis. KAPEBI memiliki Jurnal Studi Desain dan An1magine untuk publikasi karya puisi, cerita mini (cermin), cerita bersambung, dan novel digital, iteks facebook group siap membantu teman-teman nonakademis dan akademis menuangkan pemikirannya dalam karya yang terpublikasi. Rahasia menjadi pengarang atau penulis buku yang dikenal adalah berkarya dan publikasi terus menerus agar namamu abadi. Nama abadi bukan karena gelar yang menjulang tinggi tetapi dari berapa banyak karya yang dihasilkan dan menjadi acuan bagi orang lain dalam berkarya, salam karya.





Komentar

Postingan Populer