SAPARDI DJOKO DAMONO: Prediksi Hujan pada Puisi Hujan di Bulan Juni yang menjadi Nyata

https://www.blibli.com/friends/assets/2020/07/sapardi-djoko-damono-696x391.jpg



SAPARDI DJOKO DAMONO: Prediksi Hujan pada Puisi Hujan di Bulan Juni yang menjadi Nyata

Wulan Ardhana


Juli 2020) adalah seorang penyair Indonesia yang dikenal dengan puisi liris, dan yang secara luas dianggap sebagai pelopor puisi liris di Indonesia. Beliau meninggal di Tangerang Selatan, Banten pada 19 Juli 2020 setelah lama mengalami sakit. 

 

 

Sapardi saat kecil bersekolah di Sekolah Dasar Kasatriyan di kota asalnya Surakarta (juga dikenal sebagai Solo), dan dari sana ia melanjutkan ke SMP dan SMA di SMP 2 dan SMA 2. Sapardi menyukai membaca sejak usia dini, dan sering berkunjung ke perpustakaan lokal di sekitar Solo. [3] Minatnya luas, mulai dari karya-karya Karl May, William Saroyan, dan Pramoedya Ananta Toer, hingga komik-komik karya R.A. Kosasih.

Akhirnya Sapardi, bersama dengan salah satu adik lelakinya, memulai perpustakaan pinjaman di lingkungan mereka. Sapardi mulai menulis puisi saat masih di sekolah menengah di Surakarta. Setelah lulus dari sekolah menengah, Sapardi pindah ke Yogyakarta untuk belajar di divisi Bahasa Inggris dari departemen Sastra di Universitas Gajah Mada, dan kemudian menyelesaikan studinya dalam bidang sastra Indonesia. Selama periode ini ia juga terlibat dalam siaran radio dan teater, serta menulis puisi. Karier sastra Sapardi berkembang bersamaan dengan karier akademisnya.

Setelah lulus dari UGM, Sapardi mengajar di sejumlah tempat, termasuk Madiun, Solo, dan Universitas Diponegoro di Semarang, sebelum pindah ke Amerika Serikat untuk waktu yang singkat. Pada tahun 1973, setelah kembali dari AS, ia menjadi anggota staf pengajar tetap di Departemen Sastra di Universitas Indonesia. Pada tahun 1989 ia menerima gelar doktor dari universitas yang sama, dan pada tahun 1993 menjadi profesor penuh. Koleksi puisi pertamanya, DukaMu Abadi (Kesedihan Abadi Anda), dirilis pada tahun 1969. Fokus DukaMu Abadi adalah pada kepedihan individu yang mempertanyakan keberadaan, dan tidak seperti banyak rekan sastra lainnya saat ini, puisi Sapardi lebih berfokus pada kondisi manusia daripada gagasan revolusioner dan sosial.  

Pada 1974, ia menerbitkan Mata Pisau (Pisau) dan Akuarium (Akuarium). Ini diikuti oleh Perahu Kertas (Paper Boat) dan Sihir Hujan (Rain Spell), dan pada tahun 1986 ia menerima Penghargaan Penulis Tulisan yang disponsori ASEAN untuk puisi. Pada tahun 1987, ia adalah salah satu dari beberapa tokoh Indonesia terkemuka seperti Goenawan Mohamad, Subagio Sastrowardoyo, Umar Kayam, dan John H. McGlynn yang terlibat dalam pendirian Yayasan Lontar. Untuk menandai peresmian yayasan, koleksi puisi Sapardi, berjudul "Tiba-tiba Malam Hari" dirilis.

Pada 1998/1999, Sapardi menulis tentang turbulensi sosial yang dihasilkan dari jatuhnya rezim Orde Baru. Sapardi pada masa itu menghasilkan buku Ayat-ayat Api, yang mendapat kritik negatif, sebagian besar karena nada marah dari karya yang sangat berbeda dari gaya normalnya. Karya-karyanya yang paling terkenal termasuk Hujan Bulan Juni (A June Rain) dan Berjalan ke Barat di Waktu Pagi Hari (Berjalan ke Barat di Pagi). Hujan Bulan Juni, salah satu karyanya yang paling populer, diterbitkan pada tahun 1994.

Berisi 95 puisi, termasuk pilihan puisi-puisinya dari tahun 1964 hingga 1992, buku tersebut telah digambarkan sebagai semacam "hit terbesar" dari Sapardi. Beberapa puisi termasuk ditulis selama satu tahun dihabiskan di Universitas Hawaii di Honolulu pada awal 1970-an. Sapardi juga telah menyelesaikan sejumlah terjemahan karya sastra dari negara lain ke dalam bahasa Indonesia. Karya-karya tersebut  termasuk karya sastra dari T.S. Eliot, Khalil Gibran dan Jalaludin Rumi; terjemahannya tentang The Old Man and the Ernest Hemingway dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia.

Puisi-puisi Sapardi juga telah membentuk inspirasi di balik beberapa komposisi musik, terutama oleh pianis Indonesia yang diakui internasional Ananda Sukarlan. Beberapa penyanyi juga telah merilis album menggunakan puisinya: Hujan Bulan Juni (1990), Hujan Dalam Komposisi (1990) Gadis Kecil (Little Girl) (2006) dan Becoming Dew (2007). Dalam ranah film, Aku Ingin telah disusun ulang menjadi suatu soundtrack oleh musisi Dwiki Dharmawan untuk film Cinta dalam Sepotong Roti 1991 karya Garin Nugroho (Love in A Slice of Bread).

Sapardi adalah seorang profesor di Universitas Indonesia. Keterlibatan Damono yang ekstensif dan intensif di universitas telah memberinya gelar tidak resmi 'Profesor Penyair Indonesia'.Beliau pernah terpilih sebagai dekan fakultas. Puisi-puisinya terus menikmati daya tarik populer yang luas. Suatu pembacaan puisi, yang diatur untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70 pada bulan Maret 2010, dipadati oleh orang-orang dari segala usia dan dari semua lapisan masyarakat, antre untuk memasuki area acara.

Entah mampu memprediksi secara sengaja atau tidak, pada masa beliau dahulu, Juni cenderung mengalami masa kemarau, namun kini hujan di saat Juni telah menjadi nyata, terlepas apakah ada ada makna tersirat dari yang tersurat, sepertinya Sapardi telah menyaksikan bahwa akhirnya ada hujan di saat Juni, dan beliau meninggal dengan damai pada Juli 2020. Selamat jalan penyair legenda.

 

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Sapardi_Djoko_Damono



  1. Home /
  2.  
  3. Archives




An1magine Volume 5 Nomor 7 Juli 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.
 

 

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.
 
 
 




Komentar

Postingan Populer