NELSON MANDELA: Musuh Pemerintah yang Akhirnya menjadi Pahlawan Negaranya

Sumber:https://fournews-assets-prod-s3-ew1nmprod.s3.amazonaws.com/media/2013/12/27_mandela_r_lead- 2000x1123.jpg



NELSON MANDELA:

Musuh Pemerintah yang Akhirnya menjadi Pahlawan Negaranya 

Wulan Ardhana




Nelson Rolihlahla Mandela atau dikenal dengan nama Nelson Mandela adalah musuh pemerintahnya karena melawan ideologi rasis, di mana pemerintahnya di Afrika Selatan (South Africa) pada masa itu mendiskriminasi warga kulit hitam sebagai inferior dan warga kulit putih superior di atas segalanya. Perlawanan yang sulit selama bertahun-tahun dan Mandela dianggap layaknya penjahat, akhirnya secara politis dipenjarakan karena dianggap melawan hukum pemerintah yang sah.


Nelson Mandela (18 Juli 1918 - 5 Desember 2013) adalah seorang revolusioner anti-apartheid, pemimpin politik dan filantropis Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan dari 1994 hingga 1999. Dia adalah kepala negara kulit hitam pertama di negara itu dan yang pertama terpilih dalam pemilihan demokratis yang sepenuhnya representatif. Pemerintahannya berfokus pada pembongkaran warisan apartheid dengan mengatasi rasisme yang dilembagakan dan mendorong rekonsiliasi rasial. Secara ideologis seorang nasionalis dan sosialis Afrika, ia menjabat sebagai presiden partai Kongres Nasional Afrika (ANC) dari 1991 hingga 1997.


A Xhosa, Mandela lahir dari keluarga kerajaan Thembu di Mvezo, Uni Afrika Selatan. Dia belajar hukum di Universitas Fort Hare dan Universitas Witwatersrand sebelum bekerja sebagai pengacara di Johannesburg. Di sana ia terlibat dalam politik nasionalis anti-kolonial dan Afrika, bergabung dengan ANC pada tahun 1943 dan ikut mendirikan Liga Pemuda di tahun 1944. Setelah pemerintah putih-satunya Partai Nasional membentuk apartheid, suatu sistem pemisahan rasial yang mengistimewakan kulit putih, ia dan ANC berkomitmen untuk menggulingkannya. Mandela diangkat sebagai Presiden cabang Transvaal ANC, menjadi terkenal karena keterlibatannya dalam Kampanye Pembangkangan 1952 dan Kongres Rakyat 1955.



https://en.wikipedia.org/wiki/File:ApartheidSignEnglish Afrikaans.jpg


Dia ditangkap dan dipenjara pada tahun 1962, dan kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena berkonspirasi untuk menggulingkan pemerintah setelah Pengadilan Rivonia. Mandela menjalani hukuman 27 tahun penjara, berpisah antara Pulau Robben, Penjara Pollsmoor dan Penjara Victor Verster. Di tengah meningkatnya tekanan domestik dan internasional, dan dengan kekhawatiran perang saudara rasial, Presiden FW de Klerk membebaskannya pada tahun 1990.


Mandela dan de Klerk memimpin upaya untuk menegosiasikan penghentian apartheid, yang menghasilkan pemilihan umum multiras tahun 1994 di mana Mandela memimpin ANC meraih kemenangan dan menjadi presiden. Memimpin pemerintahan koalisi luas yang mengeluarkan konstitusi baru, Mandela menekankan rekonsiliasi antara kelompok ras negara dan membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi untuk menyelidiki pelanggaran HAM masa lalu. Secara ekonomi, pemerintahan Mandela mempertahankan kerangka liberal pendahulunya terlepas dari keyakinan sosialisnya sendiri, juga memperkenalkan langkah-langkah untuk mendorong reformasi tanah, memerangi kemiskinan dan memperluas layanan kesehatan.


Secara internasional, ia bertindak sebagai mediator dalam persidangan pengeboman Pan Am Penerbangan 103 dan menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok dari tahun 1998 hingga 1999. Ia menolak masa jabatan presiden kedua dan digantikan oleh wakilnya, Thabo Mbeki. Mandela menjadi negarawan senior dan berfokus pada pemberantasan kemiskinan dan HIV / AIDS melalui Yayasan Nelson Mandela amal. Nelson Mandela seorang pahlawan bagi negaranya dan musuh besar bagi pemerintahannya di masa lalu. Mandela paham bahwa pemerintah bukanlah negara. Mandela mengabdi pada negaranya sehingga melawan pemerintah yang buruk.


Mandela mampu menghancurkan sistem rasisme, mengembalikan ekonomi, pendidikan, dan tidak serakah kekuasaan, hanya mau sekali saja dipilih sebagai presiden walaupun sudah membuat perubahan, tampaknya Nelson Mandela tahu benar langkah yang bijak, mundurlah saat dipuncak politik agar namanya selalu dikenang.


Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Nelson_Mandela https://www.minews.id/wp- content/uploads/2019/12/Nelson-Mandela- 1200x675.jpg

artikel terpublikasi juga di:




An1magine Volume 5 Nomor 6 Juni 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.
 

 

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.
 
 
 







Komentar

Postingan Populer