COREL DRAW: Konversi Digital Bitmap ke Digital Vector secara Cepat



COREL DRAW:

Konversi Digital Bitmap ke Digital Vector secara Cepat

©2020: M.S. Gumelar
Ig: @bubblegumelar, Twitter @msgumelar, Fb: @michael.sega.gumelar


Pernahkah An1mareaders kehilangan atau menghapus tidak sengaja logo vector atau lupa membawa filenya, atau tidak menyimpannya secara cloud di email sehingga memutuskan untuk mentrace ulang logo yang ada dari file bitmap resolusi cenderung rendah.

Langkah trace ulang sangat diperlukan sebagai solusi, namun terkadang waktu tidak menjadi teman, karena harus melakukannya dengan cepat, trace ulang gaya lama menggunakan pen digital memerlukan waktu, terkecuali logonya sangat sederhana, tentu akan relatif lebih cepat. Bagaimana bila logonya sangat kompleks?

Langkah awal adalah menyiapkan logonya atau gambar apa pun yang akan ditrace ulang, gambar didapat dengan cara mencari data secara digital di internet atau memfoto, namun tentu saja menggunakan smartphone dengan kualitas yang relatif buruk hasilnya karena kemampuan kamera dismartphone yang dimiliki ternyata resolusinya rendah, solusi lainnya adalah scanner bila memilikinya.


Untuk latihan penulis memilih gambar bitmap WPAP karya sendiri, diasumsikan versi vectornya telah hilang, dan kini memerlukan trace ulang agar kualitasnya kurang lebih sama dengan file vector sebelumnya. Caranya buat file baru di Corel Draw, pilih ukuran kanvas kecil saja agar ringan saat proses konversinya, penulis memilih ukuran A5, kemudian tekan Ctrl I untuk import file bitmap yang diperlukan.


Cari lokasi filenya dan click import, dalam contoh ini penulis menggunakan Corel Draw versi 2020 yang dapat diunduh gratis, tapi dapat juga menggunakan Corel Draw versi lainnya selama memiliki Power Trace feature.




Click gambar bitmap yang telah diimport agar aktif terseleksi, kini click menu bitmap, pilih quick trace, tunggu proses selesai, tergantung besar kecilnya file dan kompleksnya gambat bitmap, bila sudah selesai, hasilnya akan berada tepat di atasnya, kini tinggal geser saja bila proses konversi vector telah selesai dan lihat hasilnya.



Bila hasil dari quick trace kurang memuaskan, dapat menggunakan trace cara cepat lainnya, yaitu Outline Trace, dan pilih Detailed Logo.





Di mana dapat diatur warna background bila diperlukan, dan juga mengatur seberapa detail gambar atau logo yang akan ditrace di before dan after trace. Setelah pengaturan selesai sesuai keperluan, click OK untuk konfirmasi dan tunggu hasilnyaPower Trace ini juga dapat diakses di menu tool bar Trace Bitmap, untuk memilih kualitas lebih baik terutama foto, dapatmenggunakan high quality image untuk tracingnya.




Setelah jadi versi vector dari bitmapnya, kini click dan drag versi vector yang biasanya menimpa tepat di atas versi bitmapnya, dan geser menjauh sesuai keperluan.



Demikianlah cara konversi bitmap dari vector, kini praktikkan untuk mengonversi gambar bitmap karyamu ke versi vector sesuai keperluan. Software hanya alat, dapat menggunakan software lainnya untuk hasil yang kuran glebih sama seperti menggunakan adobe illustrator dan atau software lainnya, selamat berkarya.


Tutorial ini juga ada versi onlinenya: https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/06/ko nversi-bitmap-ke-vector-secara-cepat.html




An1magine Volume 5 Nomor 6 Juni 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.
 

 

icosplayer
Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.
 
 
 




Komentar

Postingan Populer