SSE WEBINAR: SMA Hellomotion, Kelas Kreatif, dan Universitas Budi Luhur


SSE WEBINAR:

SMA Hellomotion, 

Kelas Kreatif, dan 

Universitas Budi Luhur

Mas Be




Masa pandemik yang berdampak di seluruh dunia sekarang ini, berdampak juga di negara kita Indonesia, sehingga banyak dilakukan work from home (WFH) dan learn from home (LFH) dengan melakukan tatap muka dalam dunia maya yang dikenal dengan Webinar.  Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet.


Menggunakan beberapa aplikasi yang termasuk mudah cara penggunaannya seperti Zoom, Webex, Youtube dan Google Hangout dengan segala kekurangan dan kelebihannya, di mana masih menjadi perdebatan untuk urusan keamanan, yang mampu menghimpun ratusan peserta webinar dan dimoderatori oleh hanya 1 orang saja, bertugas membagi siapa yang aktif berbicara dan siapa yang di”mute” atau speaker-nya dinon-aktifkan, termasuk juga berbagi materi presentasi seperti file power point, .pdf dan juga movie atau video. 


Bagian tanya-jawab bisa langsung berinteraksi dan ngobrol, atau diketik pada bagian pesan sehingga bisa langsung dijawab oleh pembicara atau narasumber. Kali ini penulis diminta menjadi narasumber dari 3 webinar yang diselenggarakan oleh 3 institusi yang berbeda, yaitu dengan SMA Hellomotion, Bintaro, Tangerang; dengan komunitas Kelas Kreatif, dan dengan DKV-Desain Komunikasi Visual dari UBL-Universitas Budi Luhur, Jakarta. Webinar “HOW TOBE A PRO ANIMATOR” dari SMA Hellomotion, Bintaro, Tangerang diikuti 90 peserta dari siswa SMA dan umum dari Jakarta, Tangerang, Riau, Kalimantan, dan Surabaya pada Kamis, 30 April 2020 mulai pk 10.00 hingga 11.30.


Presentasi tentang seluk-beluk PT Studio Shoh Entertainment (SSE), dengan CEO bapak Seung Hyun-Oh disingkat SHOH dengan pengalaman lebih dari 27 tahun berkecimpung di Industri Animasi Internasional dan dengan networking kelas dunia seperti dari Walt Disney Animation, Warner Bross, 20th Century Fox, Nickleodeon, Cartoon Network, dan Dreamworks. Sehingga kebanyakan pekerjaan animasi pesanan yang dikerjakan SSE berupa film serial animasi 2D dan 3D dari Korea Selatan dan Amerika, pekerjaan animasi dari Dreamworks, sehingga semua pekerjaan animasi sudah berstandar internasional. Untuk mengetahui dan terkoneksi dengan SSE, pemirsa bisa cek video perkerjaan animasi dan demoreel di YouTube: Studio Shoh Entertainment; dan bila ingin berinteraksi via social media bisa gabung dengan Instagram @shohentertainment untuk mengetahui berita seputar animasi dan lowongan kerja di setiap bulannya.

Bagi an1mareaders yang ingin mendengarkan ulang silahkan cek di Youtube: Bambang Gunawan Santoso dengan judul: Webinar How To be A Pro Animator dengan durasi 1 jam lebih 6 menit. Pada masa pandemik ini; sejak tanggal 17 Maret 2020 SSE menerapkan bekerja dari rumah (WFH) dengan sistem remote dari masing-masing projek secara online yang berhubungan langsung dengan koordinator produksi. Untuk rekan-rekan yang merasa masih kurang pengetahuan produksi animasi yang berstandar internasional, SSE akan membuka “training for recruitment” yang dinamakan Shoh Art Campus rencana awal akan dibuka bulan Agustus 2020; karena pandemik akan ada beberapa penyesuaian termasuk kemungkinan training secara online.


Ada 12 bidang yang akan dibuat trainingnya; mulai dari: Concept Design, Storyboard, 2D Animation, 3D Animation, 3D Modeling, 3D Rigging, 3D Layout (Previsualization), Editing, Light-Render-Compose, Technical Script, dan Webtoon, bekerjasama dengan Kenaz Webtoon, Korea. Bagi an1mareaders yang berminat mengetahui lebih banyak, boleh mengisi Questioner dengan link http://bit.ly/SHOHArtCampus sehingga bila ada perkembangan Shoh Art Campus akan dihubungi via email.


Hal terpenting untuk menjadi seorang Animator professional diusahakan masing-masing pribadi memiliki 3 aspek:

1. Kerja Sama/Teamwork
2. Disiplin dan Tepat Waktu
3. Attitude (sikap dan tingkah laku)
Bagi rekan-rekan yang ingin melamar ke Studio Shoh Entertainment silahkan berkirim email ke recruitment@studioshoh.com dengan menyebutkan bidang yang dilamar dan disertai link portfolio.

Webinar yang ke 2 bersama Kelas Kreatif pada hari Sabtu, tanggal 02 Mei 2020 pukul 10.00-11.30 diikuti 53 peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sumsel, Sumatera Utara, Lampung, Medan, Banjarmasin, Sulawesi, Tangerang, Jakarta, Bandung, Tulung Agung, Jogja bertajuk “Calon Animator Wajib Join” membahas seluk-beluk PT Studio Shoh Entertainment (SSE) dan juga tentang IP-Intellectual Property animasi. Kekayaan intelektual (IP – Intellectual Property) adalah kategori properti yang mencakup kreasi tidak berwujud dari kecerdasan manusia. Selain IP animasi, terdapat banyak IP untuk Kuliner, Tarian, Lagu, acara olah raga seperti Asian Games, dan sejenisnya.


Pembicaraan mengenai IP untuk animasi meliputi: Cerita & Karakter, Konsep, Format.

Untuk mendapatkan HKI-Hak Kekayaan Intelektual (copyright) karakter animasi yang kita buat, cek pendaftarannya di link https://www.dgip.go.id/  Laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia; dengan menyertakan “character bible” yaitu gambar karakter tampak depan, belakang, samping, dan ¾, pose-pose sesuai kepribadian karakter, dan berbagai ekspresi wajah, plus data warna; disertai keterangan tentang siapa dan bagaimana karakter tersebut.

Pengembangan IP sebaiknya dipersiapkan minimal 5 hal:
1. Karakter dan keluarga plus musuh, sifat dan kepribadian plus bentuk fisik.
2. Cerita dan naskah/skenario, baik untuk web series, serial, cerita pendek, maupun cerita untuk layar lebar.
3. Future Development; akan dikembangkan kemana IP-nya misal: karakter 2D dibuat menjadi 3D, dibuat animasinya, kemudian dibuat game, dikembangkan dan menambah karakter IP pendukung.
4. Licensing; IP sebaiknya muncul occasional seperti acara Lebaran, Tahun Baru, menghadapi pandemik, ucapan ulang tahun, kolaborasi, sticker Line & WA, webtoon, komik, pattern, merchandise dan sejenisnya.
5. Publishing; memunculkan karakter IP di social media, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, dan sejenisnya. Dibuat buku dan muncul dalam acara seminar, workshop, webinar, dan sejenisnya.

Terima kasih pihak PT Huion BIC Indonesia reseller pentablet Huion yang memberikan kepada rekan-rekan peserta Webinar yang beruntung; berupa voucher discount pembelian Pentablet Huion sebesar 100 ribu Rupiah atau pembelian Pendisplay Huion sebesar 500 ribu Rupiah. Pada Webinar ke 3 kali ini diselenggarakan oleh UBL-Universitas Budi Luhur, Jakarta dengan host Benny Muhdaliha, M.Sn Kaprodi DKV UBL dan Ricky Kepala Lab dan dosen DKV UBL; pada hari Selasa, 5 Mei 2020 pk 14.00 – 16.00 diikuti 38 peserta mahasiswa UBL dan umum bertajuk “LANDSCAPE INDUSTRI ANIMASI INDONESIA”.

Pada bagian awal membahas mengenai SSE-Studio Shoh Entertainment, lanjut bagian kedua membahas perkembangan Industri animasi di Indonesia dari data dalam buku “NGANIMASI INDONESIA, Indonesia Animation Industry Data” yang penulis buat dan diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo, Gramedia, Indonesia tahun 2018. Dijelaskan mengenai data 56 IP Animasi Serial dan layar lebar, plus 15 film animasi pendek sambil diseling pemutaran 9 film animasi pendek dan trailer. Lanjut dengan data 49 studio animasi di Indonesia, data sekolah animasi (135 SMK & 44 Universitas) di Indonesia, beberapa komunitas, event tahunan animasi, dan AINAKI-Asosiasi Industri Animasi Indonesia yang sekarang diketuai Daryl dari Kumata Animation Studio di Bandung, link ainaki.or.id .

Termasuk penjelasan beberapa IP yang tayang setelah buku Nganimasi Indonesia rilis (artinya IP-IP yang tidak terdapat dalam buku ini) seperti Nussa & Rara karya studio The Little Giantz, Dalangpelo karya Acil/Nuralif Ramadhan, si Nopal, Titus animasi layar lebar dari MNC Animation, dan sejenisnya. Semoga webinar kali ini memberikan sedikit manfaat dan membuka wawasan seperti apa kondisi industri animasi di Indonesia sekarang ini; dengan contoh Studio Shoh Entertainment (SSE) tempat saya bekerja sekarang, dan tentang IP Animasi.


Semangat & Salam Nganimasi!

Bambi (Bambang Gunawan Santoso)
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
YouTube: Bambang Gunawan Santoso

Studio SHOH Entertainment
SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com



artikel ini terpublikasi juga di An1magine Volume 5 Nomor 5 Mei 2020



An1magine Volume 5 Nomor 5 Mei 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

 

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      

Komentar

Postingan Populer