PRATIWI PUJILESTARI SUDARMONO: Astronot Perempuan Pertama Indonesia

Sumber: https://bit.ly/36EIl92


PRATIWI PUJILESTARI SUDARMONO:

Astronot Perempuan  Pertama Indonesia

Wulan Ardhana




Insiden meledaknya pesawat ulang-alik Challenger 28 Januari 1986, tidak banyak diketahui oleh generasi millenial kini. Kejadian tersebut mengakibatkan salah satu calon Astronot perempuan Indonesia, yaitu Pratiwi Pujilestari Sudarmono, tetap menjadi astronot perempuan pertama Indonesia batal ke luar angkasa. Namun animareaders, jejak Pratiwi belum ada yang mengikutinya sampai kini.

Pratiwi dijadwalkan terbang ke antariksa membawa satelit Palapa B3 dari pusat peluncuran roket di Florida, AS. Namun insiden pesawat ulang alik Challenger meledak lima bulan sebelumnya membuat semua misi NASA ke luar angkasa ditangguhkan selama tiga tahun. Rencananya, Pratiwi akan berangkat ke luar angkasa pada Juni 1986 bersama astronot Inggris untuk mengawal peluncuran satelit Palapa dan mengerjakan eksperimen ilmiah lainnya. Sebelum proses peluncuran, Pratiwi menjalani pemusatan latihan secara ketat dan padat di Amerika Serikat. Selain itu, persiapan juga dilakukannya dengan menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Musibah pesawat ulang alik Challenger, membawa impak pada keberangkatan ahli mikrobiologi Universitas Indonesia itu tak kunjung terlaksana. Insiden yang menggagalkannya terbang saat pesawat ulang-alik Challenger milik AS dengan misi STS-51-L, meledak di udara pada 73 detik setelah diluncurkan di ketinggian 15 atau 16 kilometer.Tujuh orang astronot meninggal dunia. Peristiwa saat itu disiarkan secara langsung melalui saluran televisi di seluruh dunia, peristiwa yang menyedihkan banyak orang. Walupun tidak jadi berangkat ke luar angkasa. Pratiwi tetap membuat bangga Indonesia dengan mengukirkan prestasi dan banyak dikenal oleh publik serta menjadi idola kaum muda.

Pada 1988, ia tetap mengukirkan prestasi sebagai peneliti terbaik UI. Pratiwi juga tetap aktif dalam kegiatan riset dan manajemen birokrasi. Pada tahun 1990-an, Pratiwi menghabiskan waktunya di laboratorium yang dikembangkan dengan dana Bantuan Presiden yang sering ia sebut "laboratorium indah". Banyak riset yang dilakukannya di laboratorium itu, seperti pengembangan kit diagnostik untuk demam berdarah. Pratiwi Pujilestari Sudarmono perempuan hebat ini lahir di Bandung, 31 Juli 1952, ia adalah seorang ilmuwan sekaligus seorang profesor mikrobiologi di Universitas Indonesia, Jakarta. Pratiwi Sudarmono menerima gelar master dari Universitas Indonesia pada tahun 1977, dan Ph.D. dalam Biologi Molekuler dari Universitas Osaka, Jepang, pada tahun 1984.

Ia kemudian memulai karir ilmiahnya sebagai penerima beasiswa WHO yang meneliti biologi molekuler Salmonella typhi. Dari 1994 hingga 2000, ia adalah kepala Departemen Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dari tahun 2001 hingga 2002, ia adalah seorang sarjana di Program Beasiswa Abad Baru Fulbright. 

Misi Antariksa Luar Angkasa STS-61-H. Pada Oktober 1985, ia terpilih untuk mengambil bagian dalam misi Antariksa Angkasa NASA STS-61-H sebagai Spesialis Muatan. Taufik Akbar sebagai backup di misi tersebut. Namun, setelah bencana Challenger, pengangkutan satelit komersial Palapa B-3 Indonesia yang direncanakan untuk misi STS-61-H dibatalkan, sehingga misi tersebut tidak pernah terjadi. Satelit itu kemudian diluncurkan dengan roket Delta.

 

Referensi:

Wikipedia.org

https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/22/152000065/mengenal-pratiwi-sudarmono-astronot-perempuan-pertama-indonesia


artikel ini terpublikasi juga di An1magine Volume 5 Nomor 5 Mei 2020



An1magine Volume 5 Nomor 5 Mei 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

 

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      

Komentar

Postingan Populer