ANIMASI 2D: Bola Berekor, Karakter Berekor, Secondary, dan Overlapping Action





ANIMASI 2D:

Karakter Berekor, Secondary, 

dan Overlapping Action

©2020: M.S. Gumelar Ig: @bubblegumelar Twitter @msgumelar Fb: @michael.sega.gumelar

Membuat animasi 2D untuk karakter sederhana sebagai dasar atau landasan yang berguna untuk animasi yang lebih kompleks sangat diperlukan. Selain bola yang seolah memiliki keinginan sendiri untuk bergerak sebagai karakter sederhana yang sudah penulis berikan tutorialnya  di artikel sebelumnya yang dapat diakses di link berikut:

https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/04/basic-character-animation-di-animasi-2d.html

Kini artikel tentang animasi 2D ini naik levelnya ke level yang lebih tinggi, tentu saja relatif lebih sulit, artikel ini berdasarkan pada artikel sebelumnya tentang balance of power, di mana satu kekuatan dari satu arah akan memiliki lawan dari arah lainnya, sehingga terjadi equilibrium atau keseimbangan, artikel tentang ini dapat diakses di link berikut:

https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/04/inbetween-pose-sketch-balance-of-power.html

Secondary action versi apa pun di mana suatu benda atau sesuatu diasumsikan menyatu dengan tubuh utama akan mengalami hal ini. Contoh secondary action adalah segala sesuatu yang mengikuti gerak tubuh karakter utama misalnya ikat kepala yang mengikuti gerak utama tubuh  (main action). Saat tubuh utama bergerak (main action) maka ikat kepala yang memiliki tali berekor akan mengikuti (follow through) gerak tubuh utama dengan melakukan gerak tersendiri yang disebut dengan nama gerak kedua (secondary action),  tali atau ekor bergerak karena ditarik (drag) oleh tubuh utama. Tapi tentu saja secondary action memiliki arti yang lebih luas selain penjelasan di atas, misalnya saat suatu karakter berlari sebagai main action, kemudian saat berlari tangannya memegang minuman dan meminumnya, itu juga dapat disebut sebagai secondary action, pembahasan secondary action versi yang ini dapat diakses di link berikut:

https://www.an1mage.org/2017/09/elemen-prinsip-animasi-secondary-action.html

Dua gerak yang sama-sama aktif dilakukan oleh suatu karakter juga dapat diberi dengan nama overlapping action, atau dua aksi atau lebih yang bergerak secara harmoni pada satu karakter yang dianimasikan. Namun untuk artikel kali ini, penulis menekankan pada secondary action yang pertama, yaitu tubuh utama bergerak, dan objek apa pun yang ada di tubuhnya akan mengikutinya.


Sebelum jauh menjelaskan, penulis memberikan contoh gerak ekor karakter sederhana di mana bola merah sebagai karakter diam tidak bergerak sedangkan ekor merahnya bergerak mengalir seperti gerak tali yang digerakkan,  ya bola berekor yang ekornya bergerak seperti animasi di link berikut:

https://1.bp.blogspot.com/-yDKKgdNZxew/XqzxgcDew4I/AAAAAAAANEA/O9nkgJxAfKE5b6BX2BjfWwrpYLk3Fy7xgCLcBGAsYHQ/s640/04-basic-character-animation-tail-by-msgumelar.gif

Untuk dapat membuat gerak ekor tersebut, diperlukan praktik, pengertian, dan pemahaman tentang equilibrium, gerakan yang saling menyeimbangkan, satu gerak aksi akan dilawan oleh gerak dari arah lainnya  (opposing direction) yang penulis buat di artikel sebelumnya tentang balance of power:

https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/04/inbetween-pose-sketch-balance-of-power.html

Di mana satu kekuatan dari satu arah akan memiliki lawan dari arah lainnya, sehingga terjadi equilibrium, artikel tentang ini dapat diakses di link tersebut. Kini penulis  memberikan inbetween pose sketch  untuk diterapkan pada bola melompat dengan memiliki ekor, atau bola berekor sebagai karakternya dengan gaya gambar dan gerak alami animasi cartoon sehingga terjadi pengubahan bentuk (deformed) dari normal ke penyek (squash) dan memanjang (strecth).

Link berikut adalah hasil dari animasi tersebut setelah inbetween pose sketch-nya diganti dengan gambar sequence untuk animasinya.

https://1.bp.blogspot.com/-XxHqwOc7b3Y/Xq0Kvi1Q2mI/AAAAAAAANEM/j68GcvoSj9UDAIujOGGq92-IKmCAwhlHgCLcBGAsYHQ/s640/09-basic-character-bola-berekor-oleh-ms-gumelar.gif

Demikianlah cara atau metode bagaimana membuat animasi secondary action juga dapat disebut dengan nama overlapping action untuk karakter bola sederhana yang memiliki ekor, untuk animasi karakter kompleksnya dapat diterapkan pada kebanyakan mahluk berekor seperti tupai, bajing, dan sejenisnya. Animasi 2D ini juga dapat dijadikan acuan untuk animasi 3D karena pada dasarnya, prinsip geraknya sama. Tutorial berikutnya tentang dasar karakter berjalan (walk cycle character animation). Mau belajar langsung atau mau belajar online? Yuk gabung.

Tutorial berikutnya dapat diakses di link berikut: https://michaelgumelar.blogspot.com/2020/05/dasar-animasi-karakter-berjalan-bagi.html

Tutorial bagaimana menganimasikan dari gambar tangan lalu menjadi animasi, dapat diakses di link berikut: https://youtu.be/HeJvMk-Xmgo

artikel ini terpublikasi juga di An1magine Volume 5 Nomor 5 Mei 2020



An1magine Volume 5 Nomor 5 Mei 2020

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.

An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

 

 

inovel
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

 

iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.  

 

icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.      

Komentar

Postingan Populer