VECTOR: WPAP-kan Fotomu dengan Freeform Pen Vector di WPS Office


VECTOR: WPAP-kan Fotomu dengan Freeform Pen Vector di WPS Office

 M.S. Gumelar



WPAP adalah salah satu style popart dalam dunia seni dan desain yang berasal dari Indonesia. WPAP diciptakan oleh Wedha Abdul Rasyid.  












WPAP dapat dibuat menggunakan banyak software, dapat menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Coreldraw bahkan dengan MS Word atau WPS menggunakan teknik vector, syarat utama adalah tidak ada garis lengkung
atau curve (kurva). Salah satu motto yang digunakan dalam seni WPAP adalah tidak ada kurva di antara kita.

An1mareaders boleh memilih menggunakan software apa pun untuk mengikuti tutorial ini, karena prinsip dasarnya sama. Penulis memberikan contoh membuat WPAP 


menggunakan WPS yang dapat kamu unduh gratis di internet dengan mengetikkan WPS Office, WPS versi mana pun tidak masalah, langkahnya kurang lebih sama. Untuk versi Corel Draw, Adobe Photoshop atau illustrator akan diberikan menggunakan materi lain nantinya.

1. Pertama siapkan lembar kerjanya dengan ukuran misalnya A4, dengan cara tekan kombinasi Ctrl N, setelah lembar kerja muncul, gunakan fotomu untuk dijadikan refrensi WPAP ini. Cari tab menu Insert, biasanya di samping kanan home – klik picture, cari dan pilih fotomu – klik open





2. Setelah fotomu muncul, tekan tombol Ctrl lalu tekan tombol mouse tengah maju untuk zoom in dan mundur untuk zoom out. Zoom out sampai terlihat kurang lebih seluruh halaman A4. Kini klik foto, pilih salah satu ujung kanan bawah yang aktif, tahan tombol shift untuk menskalakan ukuran foto agar mengisi kurang lebih sepenuh halaman.







3. Zoom in sampai terlihat kurang lebih di area wajah. Langkah selanjutnya adalah memberi shapes yang dibentuk secara vector, shapes ini dilarang keras ada garis lengkungnya (curve line). Klik insert, tekan shapes dan pilih freeform pen.





Buatlah shapes di area mata dan fokus di area warna gelap terlebih dahulu, seperti alis mata dan atau mata misalnya. Pastikan shapes-nya tertutup agar dapat diwarnai. Perhatikan, setiap selesai membuat shapes baru, tool freeform pen harus diakses lagi seperti langkah sebelumnya, jadi tidak selalu on, berbeda dengan Corel Draw, Adobe Illustrator, dan atau Adobe Photoshop, si sinilah tantangan menggunakan WPS. Alis mata telah penulis buat shapes-nya dengan cara freeform pen mengikuti area luar outline (tracing) dari bentuk alis.

4. Mengubah warna shapes dan meng-off-kan outline. Klik mouse kanan di shapes yang dimaksud, lalu akan muncul menu pop up, dan pilih format object.



Di sebelah kanan layar monitor akan muncul jendela formating, di sana ada fill & line, mengubah warna isian dengan mengklik tombol tanda panah fill, demikian juga untuk line untuk outline.





Tanda panah fill diklik dan muncul submenu untuk memilih warna di kolom color, dan transparency agar warnanya dapat diatur sesuai keperluan, misalnya 50 persen.





Untuk outline-nya juga di-off-kan dengan cara klik tanda panah di line, dan pilih no line. Langkah selanjutnya, mulai juga dengan memberi shapes dengan tracing pada area yang paling terang, misalnya area mata.




Gunakan zoom in untuk memudahkan membuat shapes agar terlihat jelas, kemudian di area mata, buatlah shapes mata, dan biasanya secara automatis shapes mata akan menutupi shapes warna putih yang telah dibuat sebelumnya. Layer atau lapisan diperlukan agar dapat mengatur urutsn mana lapisan yang di bawah dan lapisan mana yang akan diletakkan di atasnya sesuai keperluan.




Layer (lapisan) versi WPS sama seperti MS Word serta sama dengan Corel Draw, layer tidak memiliki jendela tersendiri, tetapi mengaturnya dengan cara klik pada shapes atau object yang diperlukan, kemudian klik kanan tombol mouse dan pilih bring to front, send to back, bring forward, dan atau send backward. 

Dalam latihan ini, gunakan send backward beberapa kali sampai semua bintik shapes warna putih berada di atasnya shapes hitam mata. Kini simpan file sejauh ini, pastikan menyimpan secara berkala dengan cara save as, misalnya 01 foto wpap, kemudian setelah sampai pada tahapan tertentu saves as lagi dengan nama 02 foto wpap demikian seterusnya agar bila listrik off atau baterai mendadak habis, pekerjaan telah tersimpan dan maka tinggal membuka file yang terakhir saja.




5. Mengubah (meng-edit) bentuk shapes. Perhatikan shapes warna putih di sebelah kiri kurang pas bentuknya, shapes tersebut dapat diubah (di-edit) dengan cara klik shapes tersebut, lalu klik tombol mouse kanan, dan pilih edit point.





Kini atur point-point atau nodal yang membentuk shapes tersebut agar bentuknya pas sesuai keperluan. Bila sudah selesai dan mantap mengaturnya, maka klik tombol kiri mouse untuk mengeksekusi pengubahan yang telah dilakukan.








Tambahkan shapes lainnya, tahap berikutnya setelah membuat shapes area gelap dan terang adalah dengan membuat shapes warna lain di antaranya, area yang berwarna agak terang atau agak gelap, silakan memulai yang mana.

An1mareader dapat memulai area yang agak gelap terlebih dahulu juga tidak masalah, nanti tinggal mengisi area yang agak terang kemudian. Yang pasti diperlukan kesabaran, ketekunan, dan pantang menyerah dalam membuatnya.

Beberapa orang bahkan membuat outline map-nya terlebih dulu untuk mempermudah tracing, tidak masalah, yang paling penting hasil akhirnya OK, yaitu WPAP. Ikuti bentuk wajah dan tambahkan shapes baru sehingga seluruh wajah mulai terlihat seperti petak-petak ala WPAP.




Setelah semua area wajah digantikan oleh shapes dengan cara sebelumnya, save as lagi, dan kini tinggal bermain dan mengubah komposisi warna menjadi warna yang meriah, salah satu khas foto yang di-WPAP-kan adalah warna yang beragam. Selamat berkarya. 

Ig: @bubblegumelar
Twitter @msgumelar 
Fb: @michael.sega.gumelar 







  • AN1MAGINE
    Vol 5 No 4 (2020)
    Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
    An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

    inovel
    Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.

    ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

    iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

    icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.  

Komentar

Postingan Populer