VECTOR: Bermain Shapes, Pattern, dan Moire Effect Untuk Optical Illusion




VECTOR: Bermain Shapes, Pattern, dan Moire Effect Untuk Optical Illusion 

M.S. Gumelar




Moire effects terjadi karena suatu garis lengkung atau lurus dengan bentuk (shapes) tertentu yang berulang sehingga pada titik tertentu dapat membuat ilusi mata (optical illusion). Seperti kebanyakan hasil karya seni, moire effects terbentuk karena adanya bentuk datar (shapes), garis lurus (straight line), garis lengkung (curve), dan garis tikung tajam (zigzag) yang berulang (repetition) dan berdekatan.

Shapes adalah bentuk datar yang dapat dibuat menggunakan alat digital dan nondigital. Shapes memiliki arti bentuk datar atau 2D. Shapes secara digital dapat dibuat secara bitmap atau vector. Shapes secara umum dibentuk oleh garis dan titik. Membuat shapes biasanya bentuk akhirnya berupa shapes secara terbuka (open path) dan shapes secara tertutup (closed path). Cari di mana shapes yang terbuka pada gambar di berikut?


Walaupun sebenarnya bila shapes open path dalam vector tersebut di-zoom in, maka ternyata yang awalnya hanya berupa garis tersebut adalah garis saja sebenarnya adalah closed shapes namun dalam ukuran relatif kecilCorel Draw dan Adobe Illustrator adalah tool digital yang dapat digunakan, namun tentu saja harganya bagi mahasiswa tertentu belum terjangkau, solusinya dapat menggunakan WPS office atau Inkscape.

Tutorial ini menggunakan Inkscape yang dapat diunduh gratis, ketikkan saja di internet search engine kata kunci “inkscape download”, Inkscape diperlukan oleh mahasiwa atau umum yang mementingkan hasilnya yang sama dan bukan karena alatnya.

Membuat Vector Shapes Sederhana
Membuat shapes di Inkscape sangat mudah, sama seperti membuat shapes di software digital lainnya. Caranya klik pada tools bar pilih rectangle (segi empat) kemudian klik pada kanvas kerja.  Penulis memberikan tanda lingkaran merah untuk ragam tools tersebut dan silakan dieksplorasi membuatnya dengan tools shapes lainnya seperti elipse (lingkaran), polygon and star (bintang dan poligon), lalu membuat spiral, freehand lines, dan lainnya. Gunakan tombol mouse tengah untuk menggeser-geser kanvas kerja, dengan cara klik di layar dan drag ke suatu arah sesuai keperluan. 






Mengganti Warna dan Outline
Mengganti warna isian (fill) suatu shape dapat dilakukan dengan mengklik dua kali pada menu fill, bisa juga pada menu stroke yang terletak di sebelah kiri bawah layar, lihat tanda lingkaran merah di gambar bawah. Stroke ini adalah warna untuk outline (garis luar) pada suatu object.





Muncul jendela baru di atas kanan layar, ada tab untuk fill, stroke paint, dan stroke style. Fill untuk mengganti warna isian dalam suatu shape, memilih symbol X berarti tidak memberi warna alias transparan. Stroke paint mengganti warna garis atau line atau outline, dan stroke style adalah mengganti gaya stroke, ada garis putus, bintik putus, dan lainnya, stroke style ini mirip pilihan line di WPS Office, juga dapat diubah tebal tipisnya.






Membuat Pattern
Membuat pola (pattern) suatu bentuk gabungan shapes di inkscape relatif mudah.  Caranya buatlah satu shape terlebih dulu, misalnya membuat lingkaran ukuran kecil saja, karena dengan pattern ini, shape tadi akan dibuat banyak secara otomatis sesuai keperluan.





Saat lingkaran masih aktif terseleksi, kini klik Edit dan pilih Clone, lalu Create Tiled Clone. Akan muncul jendela Create Tiled Clone di sebelah kanan atas layar. Perhatikan tab Symmetry, dengan P1: Simple Translation, kemudian di area bawah jendela tersebut ada baris (row), dan kolom (column) yang dapat diisi sesuai keperluan, isikan angka 3 di row dan column ini dan lihat hasilnya dengan menekan tombol create.






Telah terbentuk lingkaran lain dengan jumlah 3 baris dan 3 kolom. Tekan Ctrl Z, kini bermain tab shift, pastikan objek lingkaran masih terseleksi. Beri nilai Per Row Shift Y: -50, lalu tekan tombol create, perhatikan apa yang terjadi?


Area baris (Y) akan saling menimpa (overlaping) sebanyak 50 persen dengan objek di baris sebelumnya. Tekan Ctrl Z untuk undo, lalu Lakukan untuk area Per Column Shift X: -50. Pastikan lingkaran masih aktif terseleksi agar dapat dieksekusi. 





Kini apa yang terjadi saat diinputkan nilai Per Row Shift X: 50 Shift Y: -50, Per Column Shift X: -50. Pastikan lingkaran masih aktif terseleksi agar dapat dieksekusi. Silakan bereksplorasi dengan nilai lainnya, dan juga gunakan randomize, apa yang terjadi?





Gunakan tombol reset setelah memberi nilai sesuai keperluan untuk mengembalikan nilai elemen tersebut pada titik 0. Kini tab scale, isikan dan bermain nilai, contohnya seperti gambar di bawah ini.




Kini tab rotation, isikan dan bermain nilai, contohnya seperti gambar di bawah ini.



Kini tab blur & opacity, isikan dan bermain nilai, contohnya seperti gambar di bawah ini.





Membuat Moire Effect Pattern
Moire effects terjadi karena suatu garis lengkung, lurus dengan bentuk (shapes) tertentu yang berulang sehingga pada titik tertentu dapat membuat ilusi mata (optical illusion). Buatlah garis kurang lebih seperti gambar di bawah menggunakan bezier curve tool (lingkaran merah).




Setelah jadi garis lengkung, lurus, dan zigzag tajamnya, kini gunakan Create Tiled Clones, isikan di area row: 77 dan colum: 1, untuk tab shift isikan Shift Y: -90,  kemudian tekan tombol create.









Hasilnya kurang lebih seperti gambar vector di bawah dan terlihat Moire Effect telah terjadi dan juga terlihat ilusi optic (optical illusion) seolah ada garis samar tambahan yang muncul di area tertentu, saat di-zoom, garis itu tidak ada.

Tekan Ctral A untuk menyeleksi semua garis dan tekan Ctrl G untuk membuat group dari semua garis tersebut agar mudah dipindahkan dan diubah bentuknya bila diperlukan.









Membuat Moire Effect Pattern Bentuk Memusat
Moire effects dapat juga dibuat dengan bentuk yang memusat, dapat dibuat salah satunya dengan menggunakan tool stars and polygons, buatlah suatu star dengan ukuran sesuai keperluan, kurang lebih seperti gambar di bawah.





Kini ubah jumlah corners, spoke ratio, dan rounded-nya sesuai contoh.










Moire effects gambar di atas memiliki ilusi optic (optical illusion) lingkaran seolah memiliki kedalaman dan terkadang dibeberapa area pusatnya seperti bergerak. Bila memerlukan nilai star ke posisi semula, maka isikan corners:5 spoke ratio: 0.350, dan rounded: 0, bentuk star akan kembali ke bentuk awal.

Demikianlah cara membuat pola, moire effects secara memusat dan nonmemusat, Inkscape juga dapat digunakan untuk membuat WPAP, bila ada pertanyaan maka dapat melalui WA: 087786666745 atau ig: @bubblegumelar semoga berguna.




  • AN1MAGINE
    Vol 5 No 4 (2020)
    Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
    An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

    inovel
    Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.

    ikomik Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

    iluckis Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

    icosplayer Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.  

Komentar

Postingan Populer