TAMASYA BALI: Menikmati Patung GWK dari Dekat


TAMASYA BALI:
Menikmati Patung
GWK dari Dekat
Mas Be



Garuda Wisnu Kencana (GWK) statue depicts Wisnu riding Garuda, In Hindu mythology, Lord Wisnu is seen as the protector of the universe, while he trusted companion, the mighty eagle-like Garuda represents loyalty and selfless devotion. Kencana means gold, and both are adorned in crowns of gold mosaic. The Garuda is also the national emblem of Indonesia and represents freedom. Designed by renowned Balinese artist Nyoman Nuarta, the statue is made of copper and brass and features 754 modules with 25 steel segments weighing in at a hefty 900 tons, with a steel weight of 1300 tons, The statue and pedestal is 120,9 meters high with a width of 64 meters thanks to Garuda’s wingspan. Its distinct green colour comes from oxidization as the copper reacts with the elements.



Mengagumi karya besar artis dari Bali, Nyoman Nuarta dari dekat; amat sangat berbeda dibandingkan hanya melihat dari foto, video maupun Youtube. Penulis; Bambi bersama 2 teman Mas Alfan dari Solo dan Mr. M.S. Gumelar dari Bali, kami bertiga memanfaatkan waktu setelah acara diklat RCC di BDI Balai Diklat Industri, Denpasar, Bali berakhir. Selain bertujuan untuk berkunjung ke patung GWK yang merupakan patung tertinggi ke 4 di dunia dengan tinggi 120,9 meter yang selesai dibangun pada tahun 2018; kami juga ingin menonton film animasi 3D “Petualangan GARUDA CILIK” karya rekan-rekan animator Indonesia.

“GWK Cultural Park” dikelola oleh PT Alam Sutera dengan berbagai fasilitas dan acara pertunjukan budaya ala Bali; seperti banyaknya kios-kios penjual cindera mata khas ala Bali; beberapa tempat makan termasuk beberapa restoran dan food court, tempat berfoto memakai pakaian adat ala Bali, Amphitheater yang dulunya terbuka; sekarang sudah mempunyai penutup sehingga aman dari hujan, plaza Kura-kura, Plaza Wisnu & Plaza Garuda.

Patung sebatas dada dari Wisnu dan kepala dari Garuda yang pada awalnya akan digunakan sebagai bagian dari patung GWK dan sempat terbengkalai beberapa tahun, namun akhirnya keseluruhan patung GWK dibuat baru semuanya, lotus pond, festival park, indraloka garden, dan lain sebagainya. Sejak jam 10.00 hingga jam 18.30 di setiap jam-nya terdapat berbagai pertunjukan budaya seperti Tari Bali, Tari Barong Keris, Garuda Wisnu Ballet, Tari Nusantara, Balinese Parade di mana menyesuaikan cuaca, karena ditarikan di tempat terbuka, Tari Joged Bumbung, hingga Kecak Garuda Wisnu; dibuat koreografi khusus untuk GWK; ditarikan menjelang malam di area terbuka Lotus Pond.

Sedangkan tujuan utama untuk melihat patung GWK dari dekat, terletak di ujung paling belakang dari area gunung kapur yang direkayasa sedemikian rupa hingga menjadi tempat wisata. Pedestal atau dasar dari patung GWK bisa dimasuki hingga ke dalam patung dengan membayar 175K rupiah di luar tiket masuk dengan harga mulai dari 125K rupiah; sehingga bagi mereka yang tidak berminat naik bisa berfoto di bagian bawah dan dari depan kanan-kiri patung. Selain berfoto di depan patung GWK dan menonton pertunjukan budaya; kami ber-3 mendatangi Garuda Cinema untuk menonton movie animasi 3D “The Adventure of Garuda Cilik” berdurasi 35 menit yang ditayangkan setiap jam mulai dari jam 11.00 siang hingga jam 18.00 petang.

Movie animasi ini bercerita tentang asal-muasal patung GWK yang dibuat dengan gaya cerita yang lebih ringan dan dipenuhi humor/komedi dengan tokoh utama si Garuda yang masih belia; sehingga masih cupu dan banyak melakukan kesalahan di sana-sini; disutradarai oleh Chandra Endroputro yang juga menyutradarai film animasi Didi Tikus & Si Unyil 3D, movie ini ringan dan enak dinikmati; walaupun sebetulnya diangkat dari cerita legenda yang cukup berat.

Movie dikerjakan oleh banyak rekan-rekan animator Indonesia, bekerjasama dengan beberapa studio animasi seperti Infinite Framework, Batam, Kampoong Monster, dan sejenisnyaFilm Garuda Cilik mendapatkan penghargaan sebagai film animasi terbaik pada FFI-Festival Film Indonesia tahun 2015. Untuk FFI tahun 2019 kategori animasi dimenangkan oleh film “Nussa Bisa” karya The Little Giantz, Jakarta.

Kemudian kami mewarnai gambar karakter atau tokoh-tokoh dari film Garuda Cilik yang disediakan di lobby Garuda Cinema; gambar-gambar karakter berikut crayon pewarnanya. Usulan penulis kepada pihak GWK, sebaiknya Garuda Cilik dan teman-temannya bisa dijadikan IP Intellectual Property dan/atau mascot GWK; yang bisa dikembangkan menjadi berbagai merchandise dan kegiatan anak yang mendidik (tanpa harus menggurui), kelanjutan film animasi, komik, webtoon, game/permainan anak, figurin, boneka, dan lain sebagainya.

Tentu saja harus dikelola dengan matang; melalui survei dan riset yang memadai, serta pengembangan IP-nya. Dengan bekerjasama desainer dari PT Alam Sutera, Pemda Bali, pengrajin, dan pelaku industri kecil sehingga memberi peluang pekerjaan dan income bagi pemerintah setempat. Hal ini sudah dilakukan khususnya untuk kerjasama Cultural Performance tinggal melanjutkan ke hal lainnya, semangat!

GWK Cultural Park, by Alam Sutera
Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali 80364
Telp +62 361 700 808
IG @gwkbali
FB GWK Cultural Park
Twitter @gwk_bali
www.gwkbali.com
Semangat & Salam Nganimasi!

Penulis: Bambang Gunawan Santoso (Bambi)
Animation Training Manager PT Studio Shoh Entertainment
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
Youtube: Bambang Gunawan Santoso
Facebook group: ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be
Karakter Unyu Nganimasi
FB page: MAS Be




 An1magine Volume 5 Nomor 3 Maret 2020







Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini



Komentar

Postingan Populer