SPACEX: Pelopor Jelajah Angkasa Luar Swasta


https://bit.ly/2UK1ssy



SPACEX: 

Pelopor Jelajah Angkasa Luar Swasta

Wulan Ardhana



“You want to wake up in the morning and think the future is going to be great - and that's what being a space-faring civilization is all about. It's about believing in the future and thinking that the future will be better than in the past. And I can't think of anything more exciting than going out there and being among the stars.”

— ELON MUSK, SPACEX









Kamu bangun di pagi hari berpikir ingin masa depan akan menjadi hal yang mengagumkan - dan itulah arti dari dari masa depan yang mengagumkan, yaitu menjadi peradaban yang mampu menjelajah angkasa luar. Semua ini tentang percaya masa depan akan lebih baik daripada masa lalu. Dan saya tidak bisa memikirkan hal yang lebih menarik yaitu masa depan berada di antara bintang-bintang,” begitu ucapan Elon Musk, SpaceX.

An1mareaders bermimpi bisa menjelajah angkasa luar? An1mareaders tidak sendirian, banyak manusia lainnya yang bermimpi mampu menjelajah ruang angkasa. Sebelumnya NASA telah memulai untuk melakukannya, NASA adalah badan angkasa luar milik pemerintah Amerika Serikat. Kini lembaga swasta menjadi agen perubahan, Space Exploration Technologies Corp, disingkat SpaceX, adalah perusahaan dirgantara Amerika Serikat swasta dan perusahaan jasa transportasi ruang angkasa yang berkantor pusat di Hawthorne, California.

Perusahaan ini didirikan pada 2002 oleh Elon Musk dengan tujuan menghemat biaya transportasi ruang angkasa untuk memungkinkan kolonisasi Mars.  SpaceX telah mengembangkan beberapa kendaraan ulang alik dan pesawat ruang angkasa Dragon. Prestasi SpaceX termasuk roket propelan cair pertama yang didanai swasta untuk mencapai orbit, Falcon 1 pada 2008. Spacex juga perusahaan swasta pertama yang berhasil meluncurkan, mengorbit, dan memulihkan pesawat ruang angkasa Dragon pada 2010, perusahaan swasta pertama yang mengirim seunit pesawat ruang angkasa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, Dragon pada 2012.

Pendaratan pendorong pertama untuk roket orbital, Falcon 9 pada 2015, penggunaan ulang pertama roket orbit, Falcon 9 pada 201), dan perusahaan swasta pertama untuk meluncurkan objek ke orbit di sekitar matahari, muatan Falcon Heavy tentang Tesla Roadster pada 2018. SpaceX telah menerbangkan 18 misi cadangan ke International Space Station (ISS) di bawah kemitraan dengan NASA.NASA juga memberi SpaceX kontrak pengembangan lebih lanjut pada 2011 untuk mengembangkan dan mendemonstrasikan pesawat Dragon yang digunakan untuk mengangkut para astronot ke ISS dan mengembalikan mereka ke Bumi dengan selamat.

SpaceX melakukan peluncuran perdana wahana antariksa Dragon 2-nya pada penerbangan demonstrasi yang disyaratkan NASA, dengan Crew Dragon Demo-1 pada 2 Maret 2019 dan akan meluncurkan Dragon 2 awak pertamanya pada 7 Mei 2020. Pada Desember 2015, Falcon 9 melakukan pendaratan vertikal pendorong. Ini adalah pencapaian pertama dengan roket untuk penerbangan luar angkasa orbital. Pada bulan April 2016, dengan peluncuran CRS-8, SpaceX berhasil mendarat secara vertikal di panggung pertama di platform pendaratan kapal drone laut.

Pada Mei 2016, di pertama lain, SpaceX kembali mendarat tahap pertama, tetapi selama misi orbit transfer geostasioner yang jauh lebih energik. Pada bulan Maret 2017, SpaceX menjadi yang pertama yang berhasil meluncurkan kembali dan mendaratkan tahap pertama dari roket orbital. Pada Januari 2020, dengan peluncuran ketiga proyek Starlink, SpaceX menjadi operator konstelasi satelit komersial terbesar di dunia. Pada September 2016, CEO Elon Musk meluncurkan Interplanetary Transport System, sistem peluncuran yang didanai secara pribadi untuk mengembangkan teknologi spaceflight untuk digunakan dalam spaceflight antarplanet awak.

Pada tahun 2018, Musk meluncurkan konfigurasi yang diperbarui dari sistem, bernama Starship, yang direncanakan akan sepenuhnya dapat digunakan kembali dan akan menjadi roket terbesar yang pernah ada pada debutnya, dijadwalkan untuk awal tahun 2020-an. Semoga di masa depan, an1mareaders atau salah satu generasi penerus di Indonesia mampu membuat hal yang sama dan menjelajah angkasa luar untuk planet lain dan menemukan bumi baru yang dapat ditinggali.


Referensi:
https://www.spacex.com/
www.google.com
www.wikipedia.org




 An1magine Volume 5 Nomor 3 Maret 2020






Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini

Komentar

Postingan Populer