RCC ASESOR ANIMASI: Relisensi Asesor Kompetensi Animasi




RCC ASESOR ANIMASI:  

Relisensi Asesor Kompetensi Animasi 

Mas Be



Asesor adalah seseorang yang berhak melakukan asesmen/pengujian terhadap kompetensi seseorang. Sesuai dengan ruang lingkup asesmennya. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah Lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).






Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi.
Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, ketrampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan.

Ke 4 hal di atas saling berkaitan antara 1 hal dengan yang lainnya; penulis yaitu Bambang Gunawan Santoso (Bambi) dari PT Studio Shoh Entertainment sebagai asesor khusus bidang animasi yang telah mendapatkan Sertifikat Kompetensi pada Oktober 2016, dengan masa berlaku selama 3 tahun; dari LSP Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar yang sudah terakreditasi dari BNSP Pusat.

Sedangkan dalam proses asesmen atau menguji seseorang/asesi dengan kompetensi Animasi 2D maupun 3D berdasarkan SKKNI bidang animasi yang berlaku yaitu SKKNI Animasi tahun 2014, sebagai informasi: sudah ada perubahan SKKNI Animasi 2020 yang belum disosialisasikan.

Mengingat masa berlaku sertifikat hanya 3 tahun; sehingga pada tanggal 26-27 Februari 2020 diadakan acara Recognition Current Competency (RCC) atau Relisensi Asesor Kompetensi yakni perpanjangan sertifikat dengan latihan dan tes materi sekaligus penjelasan beberapa perubahan dan pembaruan sistem asesmen yang dilaksanakan di Gedung BDI Denpasar, Bali.

Acara RCC diikuti 10 asesor dari beberapa daerah seperti Padang yaitu Mas Taufik & Mbak Dini, Tangerang yaitu Mas Bharoto, Mbak Agatha, dan penulis, Solo yaitu Mas Alfan, Surabaya yaitu Mas Dhani, Mas Didit, dan Mas Ramok, dan Bali yaitu  M.S. Gumelar; dengan Master Asesor Bapak Made Arya Astina dari Bali; pengurus dari BDI Denpasar yaitu Mas Ngurah, Mas Ibnu, Mbak Mundi dan Mas Muhammad Reizadkha Ketua LSP BDI Denpasar, beserta Bapak I Made Artana selaku Kepala Seksi Penyelengara Diklat.

Acaranya tentang penjelasan dan perubahan sistem asesmen; contoh kasus (dengan memilih 1 skema unit kompetensi; disertai Kode Unit dan Judul Unit Kompetensi yang diambil dari bagian SKKNI tahun 2014) terdiri dari 4 bagian:
1. Pelaksanaan asesmen di mana bagian ini
  berisi 19 item dan/atau formulir)
2. Keputusan (2 item)
3. Laporan & meninjau asesmen (2 item)
4. Validasi (1 item)

Dengan melakukan Metode Penilaian 3 Unit Kompetensi, antara lain:
1. Merencanakan aktivitas dan proses asesmen
2. Melaksanakan Asesmen
3. Memberikan kontribusi dalam validasi asesmen 

Contoh SKKNI Animasi 2D: Membuat gerak digital puppeteer atau biasa disebut juga dengan cut out animation; bagian keterangan utama saja sebagai berikut:

KODE UNIT : J.591120.018.01
JUDUL UNIT : Membuat Gerak Digital Puppeteer 
DESKRIPSI UNIT   : Unit ini berhubungan
dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat gerak digital puppeteer


ELEMEN KOMPETENSI
KRITERIA UNJUK KERJA
Mengidentifikasi cerita, storyboard dan karakter desain kedalam pola gerak digital puppeter
Cerita, storyboard dan karakter desain teridentifikasi
Rencana gerak berdasarkan cerita dan storyboard teridentifikasi
Mengidentifikasi mekanika sistem gerak (rigging) digital puppeteer
System kerja mekanika gerak digital teridentifikasi
Terapan kontrol mekanika gerak teridentifikasi
Melakukan pergerakan digital Puppeter

Terapan prinsip dasar animasi dilakukan pada cut/scene/shoot sesuai cerita dan storyboard
Akting setiap karakter dengan memberikan emosi dan ekspresi termasuk dialog tervisualkan secara digital
Tahapan kerja disesuaikan standard prosedur kerja

Artinya pada saat asesmen, seorang asesi harus mampu menunjukkan atau mempraktikkan setiap poin dari Kriteria Unjuk Kerja (KUK) dari setiap Elemen Kompetensi. Jadi seorang animator pada saat asesmen bukan dituntut membuat hasil animasi yang sangat bagus; tetapi membuat animasi yang benar di semua lini, sesuai prosedur (SOP), dan tepat waktu. Bila dari keseluruhan KUK (biasanya sekali tes untuk 1 paket, yang terdiri dari beberapa Unit Kompetensi memiliki sekitar 50 sampai 75 item KUK) sehingga bila ada 1 item KUK yang tidak bisa dikerjakan oleh peserta/asesi dengan 74 item KUK-nya benar; maka peserta tersebut dinyatakan BK atau Belum Kompeten; sehingga tidak lulus proses sertifikasi.

Artinya peserta harus sangat teliti dan cermat, serta berfikir cerdas agar semua item KUK bisa dilewati, dikerjakan dan dijawab dengan yakin tanpa ada kekurangan 1 item pun.Tes kompetensi/asesmen ini biasanya terdiri dari beberapa bagian; mulai dari wawancara sebelum dan sesudah asesmen; tes praktek, tes tertulis, cara menyelesaikan kasus dan strategi yang digunakan dalam menjawab dan mengatasi permasalahan.

Setiap pertanyaan akan mengandung 1 atau lebih hal:

TS : Task Skill
TMS : Task Management Skill
CMS : Contingency Management Skill
TRS : Transfer Skill
JRES: Job/Role Environment Skill

Setelah mengerjakan serangkaian tes; peserta/asesi diberikan wawancara akhir sebagai penentuan lulus atau tidaknya seseorang mendapatkan Sertifikat Kompetensi; yang bersifat rahasia hanya asesi dan asesor yang mengetahui hasil rekomendasi sertifikasi ini. Bila memang berhasil direkomendasikan kompeten; proses akan dilanjutkan ke BNSP pusat untuk berikutnya pemberian sertifikat.

Proses yang sederhana ini di atas kertas tidaklah sederhana; banyak hal yang harus diobservasi dan divalidasi; sehingga diperlukan proses awal dan pemeriksaan dokumen, semua hal yang musti tercatat pada saat asesmen, dan setelah mendapatkan keputusan baik kompeten maupun belum kompeten pun ada proses lagi. Semoga proses mendapatkan Sertifikasi Profesi Animasi semakin dimengerti dan dibutuhkan baik bagi individu yang mempunyai kompetensi di bidang animasi sebagai karyawan; juga bagi pihak industri atau perusahaan yang membutuhkan pekerja/karyawan yang sudah bersertifikat yang berlaku baik di Indonesia, Asia, hingga dunia.

Semakin banyak animator yang bersertifikat dan kompeten di bidangnya, akan semakin maju pula industri animasi Indonesia di mata dunia.  Oh iya; di BDI Denpasar penulis sangat beruntung karena bertemu dengan 2 orang sahabat, yaitu: Cak Waw alias Wiryadi dari Surabaya yang punya IP Trio Hantu Cs & baru meluncurkan komik “Hantu Nusantara” dan Bapak Agung Oka dedengkot background 2D yang mendunia dari Timeline Studio Bali; beliau yang mengerjakan background film animasi Shincan, Doraemon, dan background untuk film layar lebar karya Makoto Shinkai “Kotonoha no Niwa/The Garden of Words”.

Semangat & Salam Nganimasi!





LSP-Lembaga Sertifikasi Profesi BDI Denpasar
Jl. WR. Supratman No. 302, Denpasar, Bali
Telp/Fax (0361) 465455
www.bdidenpasar.kemenperin.go.id

Penulis:
Bambang Gunawan Santoso (Bambi)
Animation Training Manager PT Studio Shoh Entertainment
Email: si.bambi@gmail.com
IG @bambigunawan
Youtube: Bambang Gunawan Santoso
Facebook group: ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be
Karakter Unyu Nganimasi
FB page: MAS Be





 An1magine Volume 5 Nomor 3 Maret 2020






Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini

Komentar

Postingan Populer