GREEN TOURISM INTERNATIONAL SEMINAR: Cara Magister Terapan Perencanaan Pariwisata PNB Rayakan Hari Bumi


GREEN TOURISM INTERNATIONAL SEMINAR:

Cara Magister Terapan Perencanaan Pariwisata PNB Rayakan Hari Bumi


Program Magister Terapan Perencanaan, Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali (PNB) menyelenggarakan event besar tahun 2020, yakni Green Tourism International Seminar (GTIS) tepat di Hari Bumi, Rabu 22 April, di Gedung Widya Guna - PNB, Bukit Jimbaran, Badung. Green tourism secara umum adalah konsep kepaduan ekologi-ekonomi-sosial budaya dalam menjalankan praktik pariwisata untuk kepentingan semua pihak dan sifatnya jauh ke jangka panjang. Di PNB sendiri, green tourism merupakan payung pengembangan tridarma perguruan tinggi khas kelembagaan yang mewujud dalam berbagai aspek kurikulum, pengajaran, riset-riset, dan pengabdian kepada masyarakat untuk semua jurusan dan program studi.

Ketua Panitia GTIS, I Putu Aban Wibawa, menyatakan, tujuan pelaksanaan seminar internasional yang direncanakan dibuka Gubernur Bali ini tidak lain adalah mensosialisasikan paradigma green tourism dan sekaligus membudayakan green living di segenap stakeholder kepariwisataan, termasuk publik pada umumnya. Menurutnya, selama ini, yang dikenal secara luas hanya konsep sustainable tourismKata green dalam green tourism ingin menekankan pentingnya alam, lingkungan, dan ekologi serta gaya hidup green (green living) agar bisnis pariwisata yang dipilih mampu berjalan dengan baik dan dapat terus memupuk keberlangsungan kehidupan sosial-budaya kemasyarakatan di sekitarnya.

Aban Wibawa menambahkan, secara teoretis, sebagaimana halnya sustainable tourism, green tourism diniatkan menjaga keselarasan ekologis, keselarasan bisnis-ekonomi, dan keselarasan sosial-budaya yang sering disebut tiga P yaitu planet, profit, people. Ekologi itu tentang planet, bisnis-ekonomi tentang profit, dan sosial-budaya tentang manusia. “Pesan moral green tourism sangat perlu didengar dan diteladani tidak saja bagi kalangan dosen dan mahasiswa di kampus, tetapi juga bagi pelaku bisnis terkait hingga publik seluas-luasnya. Karenanya, GTIS menjadi relevan dan signifikan di tengah semakin menderitanya Bumi akibat egoisme manusia dan keserakahan kapitalisme”, ujar mahasiswa Matrappar pebisnis muda ini bersemangat.  
Sepanjang diketahui, seminar tepat di hari perayaan planet tempat makhluk manusia lahir dan hidup ini dengan menggunakan image “green tourism” baru pertama kali diselenggarakan secara internasional di Indonesia.  

Seminar ini mengeksplorasi sejumlah diskursus penting green tourism yang akan dibahas para keynote speaker, seperti persoalan-persoalan alam-lingkungan-ekologi dan tata nilai sosial-budaya terkait; green destination dan green operation/management; serta green technology dan e-marketing dalam praktik bisnis pariwisata. Untuk itu, sebagai keynote speaker akan ditampilkan pakar dan pelaku bisnis terkemuka:

· Prof Dr I Gde Pitana M.Sc (Academician/Researcher, Universitas Udayana) “Religiosity, local knowledge, and ecology in developing green tourism”;
· Mr. Kartik Anand (General Manager STS World Pvt Ltd) “Green tourist, green destination, and green operation/management”; dan
· Gede Gunawan MBA (Country Director of Agoda International Indonesia) “Digital technology and e-marketing for tourism business”.
· sustainable geo-tourism
· eco-, agro-, natural, and village/rural tourism
· cultural, religious, and alternative tourism
· community-based tourism
· green hotel, hospitality, and tourism infrastructure
· digital tourism operation/management
· e-marketing in tourism
· all travel and tourism businesses and tourist activities which are or have to be ecologically/environmentally and socio-culturally friendly.  

Sejalan dengan terobosan Pemerintah Provinsi Bali saat ini yang menggelorakan “Nangun Sat Kertih Loka Bali menuju Bali Era Baru” yang sangat prolingkungan, manusia, dan kebudayaan religius ke-Bali-an, Prodi Magister Terapan Perencanaan Pariwisata (Matrappar) sangat berkomitmen mewujudkan green tourism tidak saja dalam konteks wacana keilmuan di dunia kampus tetapi lebih jauh hingga ke ranah-ranah praktis di dunia nyata. Green tourism berjalan bergandengan tangan dengan “Nangun Sat Kertih Loka Bali”. Di Matrappar sendiri, ada sejumlah mata kuliah yang secara tegas menjalankan panduan-panduan green tourism, yaitu:

(1)  Paradigma Green Tourism  (Green Tourism  
Paradigm);
(2)  Studi Kelayakan Green Tourism (Green  
Tourism Feasibility Study);
(3)  Strategi Kebijakan dan Regulasi Green
Tourism (Policy Strategy and Regulation in
Green Tourism);
(4)   Analisis Penerapan Perencanaan Green Tourism (Analysis on Application of Green Tourism Planning); dan
(5)    Proyek Bisnis Green Tourism (Green Tourism Business Project).

Ada satu mata kuliah yang mengkhususkan diri menempa mahasiswa untuk mengikuti secara aktif seminar-seminar internasional seperti GTIS ini, yaitu Penulisan Ilmiah Terapan dan Seminar Internasional Pariwisata (Applied Scientific Writing and International Seminar in Tourism). Selaku Ketua Jurusan Pariwisata dan dosen koordinator untuk mata kuliah Penulisan Ilmiah Terapan dan Seminar Internasional Pariwisata di Matrappar, Prof. Ni Made Ernawati MATM, PhD menyatakan, seminar yang diselenggarakan mahasiswa angkatan/gen 1 (2019) ini boleh dikatakan merupakan pengejawantahan segi-segi perencanaan pariwisata (tourism business planning) dalam suatu event yang nyata dan tidak lagi berupa praktik-praktik dan simulasi-simulasi di kelas.

Menurut Prof Ernawati, GTIS akan menjadi agenda tetap tahunan Matrappar dan Jurusan Pariwisata. Syukurnya, dalam pelaksanaannya nanti, GTIS didukung sepenuhnya oleh tiga jurnal internasional publikasi internal (mandiri), yaitu (1) International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events (IJASTE); (2) Journal of Applied Sciences in Travel and Hospitality (JASTH); dan (3) International Journal of Green Tourism Research and Applications (IJOGTRA). “Semoga karya besar ini sukses adanya, agar bisa dijadikan penanda keberadaan Magister Terapan Perencanaan Pariwisata dan Jurusan Pariwisata pada setiap tahunnya dalam konstelasi pendidikan tinggi vokasi baik dalam konteks lokal, nasional, dan global”, ujarnya mantap dan optimistik.

Lebih jauh informasi tentang GTIS 2020 dapat diperoleh di website: https://s2pariwisata.pnb.ac.id;
email: gtis-matrappar@pnb.ac.id;
Facebook: magister terapan perencanaan pariwisata;
Instagram: matrappar;
WA: +62 812 4648 1058 (Aban Wibawa) [Pakmud].



 An1magine Volume 5 Nomor 3 Maret 2020






Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.
An1magine edisi ini dapat diunduh juga di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya. Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini

Komentar

Postingan Populer