TESLER: Cut, Copy, and Paste

Tesler: Cut, copy, and paste. Sumber: https://mpmania.com/news/computer-larry-tesler-creator-of-copy-and-paste-dies-at-74/



TESLER

Cut, Copy, and Paste

Wulan Ardhana


Lawrence Gordon Tesler, berusia 74 tahun lahir pada 24 April 1945 dan meninggal pada 16 Februari 2020 adalah seorang ilmuwan komputer Amerika yang bekerja di bidang interaksi manusia-komputer. Tesler bekerja di Xerox PARC, Apple, Amazon, dan Yahoo! Sementara di PARC, salah satu karya Tesler adalah Smalltalk, bahasa pemrograman berorientasi objek dinamis pertama, dan Gypsy, pengolah kata pertama dengan antarmuka pengguna grafis untuk Xerox Alto.



Selama di PARC ini, bersama dengan rekannya Tim Mott, Tesler mengembangkan gagasan fungsi potong (cut), salin (copy), dan rekat atau tempel (paste) serta gagasan lain untuk perangkat lunak modeless. Sementara di Apple, Tesler bekerja di Apple Lisa dan Apple Newton, dan membantu mengembangkan Object Pascal dan penggunaannya dalam toolkit pemrograman aplikasi termasuk MacApp. Tesler lahir di Isidore & Muriel di Bronx, New York City. Tesler tinggal di Bronx, melalui masa kecilnya dan lulus dari Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Bronx pada tahun 1961.Ketika di sekolah menengah, ia dibimbing ke arah komputer oleh seorang guru setelah ia menunjukkan kepada gurunya algoritma untuk menghasilkan bilangan prima.

Tesler kemudian ia belajar tentang bahasa program di Universitas Columbia di mana ia dapat menghabiskan setengah jam setiap minggu untuk belajar sistem komputer, di mana ia belajar sendiri pemrograman sebelum kuliah.Tesler masuk di Universitas Stanford, tempat dia belajar ilmu komputer pada 1960-an. Ia lulus pada tahun 1965 dengan gelar dalam bidang matematika. Di Stanford, ia menghabiskan waktu sebagai programmer untuk Joshua Lederberg di platform LINC. Selama kuliah dan sesudahnya, Tesler melakukan beberapa pekerjaan freelance untuk bidang pemrograman, dan setelah lulus, bekerja sebagai konsultan yang menawarkan layanan pemrogramannya di daerah tersebut.

Saat di Palo Alto, karena hanya dia salah satu yang terdaftar sebagai programmer dari sedikit programmer komputer yang ada di direktori telepon kuning Palo Alto, dia menerima banyak pekerjaan. Namun, resesi regional menyebabkan pekerjaan konsultasi ini mulai tidak menghasilkan income lagi.Tesler juga bekerja di Stanford Artificial Intelligence Laboratory di akhir 1960-an. Dengan Horace Enea ia merancang Compel, bahasa penugasan tunggal awal. Bahasa pemrograman fungsional ini dimaksudkan untuk membuat pemrosesan secara bersamaan (multitasking) agar lebih alami dan digunakan untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada pemula.

Selama berada di Stanford, Tesler berpartisipasi dalam kompetisi budaya tahun 1960-an, termasuk protes anti-Vietnam War. Pada akhir 1960-an, Tesler terlibat dalam Midpen Peninsula Free University, di mana ia mengajar topik-topik seperti bagaimana mengakhiri Monopoli IBMKehidupan rumah tangganya juga dinamis. Setelah perceraian pertamanya sekitar tahun 1970, Tesler menikah dengan Colleen Barton, seorang ahli geofisika.Salah satu program terakhir yang diawasi Tesler di Apple adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk digunakan oleh anak sekolah bernama Cocoa, program ini tidak terkait dengan antarmuka pemrograman aplikasi membuat game Cocoa yang kemudian dirilis oleh Apple.

Mengantongi dari izin Apple, Tesler mendirikan Stagecast Software di Palo Alto pada tahun 1997, di mana tim kecilnya mengembangkan Stagecast Creator, suatu program yang ditujukan untuk keperluan pendidikan yang telah dikembangkan di Apple. Stagecast Creator dirilis pada tahun 1999, tepat pada saat pasar pendidikan berubah secara finansial, dan penjualan program tidak cukup untuk mempertahankan bisnis perusahaan. Tesler memecat sebagian besar karyawan pada pertengahan 2000, dan dia sendiri mengundurkan diri, meninggalkan dua karyawan untuk melanjutkan perusahaan.

Tesler bergabung dengan Amazon di Seattle pada Oktober 2001. Awalnya ia telah dipekerjakan sebagai wakil presiden bidang teknik, dan kemudian dipromosikan menjadi seorang wakil presiden, di mana ia membantu meningkatkan antarmuka situs web Amazon, termasuk mengembangkan program pratinjau buku. Namun, dengan istrinya yang masih tinggal di daerah Lembah Silikon, ia memilih untuk keluar dari Amazon dan pindah kembali ke Lembah Silikon pada 2005 untuk bergabung dengan Yahoo! sebagai wakil presiden.

Pada November 2008, Tesler meninggalkan Yahoo! untuk bergabung dengan perusahaan informasi genetika pribadi 23andMe, tetapi hengkang dari perusahaan tersebut pada tahun berikutnya. Sejak Desember 2009, ia adalah konsultan independen.Tesler mempertahankan preferensi kuatnya untuk perangkat lunak modeless melampaui zamannya di PARC. Untuk mempromosikan pilihannya, pada 2010, Tesler melengkapi mobilnya dengan plat nomor California yang dipersonalisasi dengan nomor lisensi "NO MODES". Bersama dengan yang lain, ia juga telah menggunakan ungkapan "No Mode Me In" selama bertahun-tahun, sebagai seruan untuk menghilangkan atau mengurangi mode. Tesler meninggal di Portola Valley, California pada 16 Februari 2020, pada usia 74 tahun. Terima kasih dengan sumbanganmu.

Referensi:
Google
Wikipedia




Berita juga terpublikasi di An1magine Volume 5 Nomor 2 Februari 2020






  • AN1MAGINE
    Vol 5 No 2 (2020)
    Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.





An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini


Komentar

Postingan Populer