SEMINAR: “Indonesia-Korea Animation Industry Cooperation Forum”


SEMINAR: 

 “Indonesia-Korea Animation Industry Cooperation Forum”  

Mas Be




Jakarta, 13 Februari 2020. Sampai hari ini semakin banyak serial animasi buatan dari Negara Korea yang tayang di stasiun televisi swasta di Indonesia dan TV cable, antara lain film serial animasi: Pororo, Bernard Bear, Hai Tayo atau the Little Bus Tayo, Cloud Bread, Super Wings, Banzi Secret Diary, Tobot, Hello Jadoo, Larva, dan sejenisnya.





Penulis mendapat kesempatan terbaik untuk berinteraksi langsung dengan para kreator animasi dari negeri ginseng tersebut dengan hadir dalam seminar animasi buatan Korea, sebagai perwakilan dari PT Studio Shoh Entertainment, Jakarta. Acara seminar Animasi Korea kali ini terasa lebih privat dan lebih intim dengan hanya 50 tamu undangan, di mana undangannya sudah sejak 2 bulan lalu, dan konfirmasi melalui email beberapa kali, Panitia memastikan bahwa pasti hadir pada acara. Seminar ini diselenggarakan oleh KOCCA-Korea Creative Content Agency, Asean-Korea Center, dan bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia; bertempat di Ruby room lantai 3, Fairmont Hotel Jakarta, 13 Februari 2020.


Diikuti 15 perusahan animasi top dari Korea, dan 8 studio di antaranya menjadi narasumber seminar bertajuk “Indonesia-Korea Animation Industry Cooperation Forum” ini acara diawali sambutan dari perwakilan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Bapak Sutriono Edy, kemudian Yang Mulia Lee Hyuk Sekjen AKC-Asean Korea Center, dan Yang Mulia Kim Chang-Beom Dutabesar Korea Selatan untuk Indonesia.

Acara kemudian dilanjutkan Photo Session semua narasumber, Dubes, Sekjen AINAKI, dan perwakilan Kemenperin RI. Penandatanganan MOU atau nota kesepahaman kerjasama antara Indonesia-Korea, Indonesia oleh AINAKI Asosiasi Industri Animasi Indonesia diwakili Sekjen-nya Bapak Eka Chandra dengan Presdir KAPA-Korea Animation Producers Association - Mr. Nam Jin-Kyu. Korea yang terbiasa dengan semua hal “on time” karena sambutan yang sedikit melebihi waktu; sesi Coffee break dihilangkan dan langsung masuk pada pemaparan Session 1, Mr. Nam Jin-Kyu presdir KAPA, tentang “Indonesia-Korea Animation Industry International Cooperation Method” bahwa data tahun 2017 dari KOCCA volume pasar dunia untuk Korea Animation market sebesar 550 juta U$ sedangkan Character Market sebesar 1,77 triliyun U$.

Sehingga sharing antara Indonesia-Korea sangat memungkinkan dalam hal: IP, Character, Story, Script, Storyboard, Art Design, dan sejenisnya jadi bukan hanya melulu tentang produksi animasi saja dalam kerjasama outsourcing project dari Korea. Yang menarik adalah sistem OSMU One Source Multi User yang penulis dapatkan ketika magang di KOCCA Korea tahun 2008 kini berubah menjadi Era of New Media dengan OSMP One Source Multi- Platform; mengingat perubahan besar dari menonton TV kovensional berubah menjadi New Media platform seperti ke Cable TV/ IPTV, expansi keuntungan dengan promosi animasi, dan perubahan instan penonton TV menjadi penonton Youtube dan Netflix. 

Mr. Yang Chang-Ju, team leader of Studio Gale tentang “IP development know-how to enter the global market” bahwa ada lebih dari 120 studio animasi dari Korea yang memproduksi animasi dan tersebar ke seluruh dunia, mulai dari Pororo di tahun 2003, Larva, Pink Fonk (yang terkenal dengan Baby Shark), hingga Tayo menyasar pada animasi Pendidikan selain sekedar untuk tujuan hiburan. 
Animasi Korea menjadi peringkat ke 25 di dunia dan juga ASEAN, naik rata-rata produksi 7,21% per tahun.

Mr. Ku Dong-Hyun, vice president of VOOZCLUB, studio yang juga memproduksi Pucca, menjelaskan “Study on the global expansion strategy of Korean Character” dengan studi kasus Canimals; mulai dari strategi dagang; co- production, product oriented, new media, & brand management. Global Co-PartnershipVOOZCLUB sebagai main production, Asia distribution, dan world-wide licensing, dengan BRB untuk world-wide distribution exclude Asia, dan AARDMAN untuk Scenario-music-sound dan distribution & licensing untuk pasar UK.

Penjelasan Canimals mulai dari concept, produksi animasi, merchandise (plush toys & other product); New Media co-producing dengan Samsung electronics (Smartphone Game, SNS game FB, TV Appstore game, 3D stereophonic, & Education Contents). Dan bagian Brand Management yang mengurus: Trademark rights, Copyrights, Legal Management, Brand Assurance. Mr. Lee Dahl, CEO of Retrobot memaparkan “Serial Episodes: Will it work for Kids’ show?” dengan film serial animasi Tobot yang membahas: serial episodes dari Korean Drama, Japan animation, & American TV shows yang umumnya sangat OK untuk pemirsa dewasa; namun sangat tidak cocok untuk pemirsa anak-anak.

Dari hasil riset mereka didapatkan kesimpulan serial episode for kids untuk Tobot, bahwa sebaiknya film animasi untuk anak di atas usia 5 tahun, setiap episode dengan durasi pendek, setiap season juga tidak terlalu panjang, ada bagian scene yang paling keren di tiap episode, dan tidak melupakan komedi. Mr. Lee Joon-Woo, CEO dari B.I Group membawakan seminar dengan tema “Co-production case study & know-how” yang beberapa film animasi serial dan feature bekerjasama dengan Tiongkok, dan kerjasama di Indonesia dengan MSV Studio di Yogyakarta.

Pada intinya B.I Group area bisnisnya adalah:
1. Animated series & Feature for kids.
2. TV/Web drama development & production
3. Webtoon development & Production
4. K-drama IP remake rights.

Mr. Lee Yong-Ho, vice president of Funny Flux berbicara tentang “Success story from Tickety Toc to Katuri
” dengan mereka berkantor di Seoul, Gwangju, dan HangZhou Huani Animation Studio-China; dengan produksi andalannya film serial animasi “Tickety Toc”, Super Wings”, dan “Katuri” yang bisnisnya sudah mencapai ke 170 negara di dunia, termasuk U.S, China, Germany, Italy, & Spain. Dan penayangannya broadcast on Netflix worldwide di 20 negara termasuk America, Germany, France, Spain, Italy, Australia, South Korea dan Japan.

Dengan Global Toy Business untuk Superwings yang mencapai 235 million USD, dengan pendapatan 31 million USD royalty dari merchandise, juga memiliki Super Wings indoor kid’s park sebanyak 4 buah di kota Songdo, Jeju, Anyang, dan Gangwon-do Korea.

Mr. Cho Gyu-Suk, CEO of Pictionary Art Factory membawa tema “Successful case study Aerover” Setelah sebelumnya menerima outsourcing service film animasi; Pictionary membuat karya sendiri dengan judul: AEROVER yang diawali dengan comic digital penggabungan 3D dan 2D digital animation dan menjadi the first Drone Sport Animation; multiculturalism a Gender-equal story Future science content; Content optimized for the fourth industrial revolution.

Sehingga Aerover selain comic dan animasi juga menjadi Toys drone yang bekerjasama dengan Academy Plastic Model Co. Ltd dengan berbagai model dan fungsi sesuai dalam cerita; original soundtrack-nya bekerjasama dengan A-Yeon dari JYP agency, Webtoon, Aerover VR Game, drone theme park + training + contest, emoji, figurin, & licensing. Untuk broadcast atau tayang di Indonesia bekerjasama dengan RTV.

Yang terakhir Mr. Choi Sang-Hong, CEO of Neotany Media menjelaskan “Successful case study of Petit Dragon” dengan start up hanya beranggotakan 5 orang di tahun 2018, kini Petit Dragon menyasar pada 3 hal utama:
1. Web TV (any content for any device)
2. Mobile Game interactive fan
3. NeoTany contents for Multi-Platform
dengan 3 modal dasar perkembangannya, yaitu: Character, Story, & Apps.

Dengan hanya 2 karakter utama & 1 karakter pendamping, short slapstick comedy, any kind of apps termasuk AR Petit Dragon photo kiosk, dan berbagai macam merchandise
Dengan visi bisnis NeoTany: distribution, production, International Co-Pro partnership, licensing, dan Additional Business Merchandising, dalam setahun mendapatkan beberapa penghargaan Best Content Start-up.  Intinya bisnis animasi “zaman now” bukan hanya film seri animasi dan feature, tetapi merambah ke semua platform baru (OSMP – One Source Multi-Platform) di era New Media sekarang ini; sangat memungkinkan bekerjasama bidang VR, AR, Sport games, theme park, training + contest, toys & robot, musical show, apps, webtoon, dan juga platform menonton TV seperti Youtube & Netflix.

Semangat & Salam Nganimasi!

Studio SHOH Entertainment
SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com



  • AN1MAGINE
    Vol 5 No 2 (2020)
    Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.





An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini



Komentar

Postingan Populer