KURIKULUM ANIMASI: SSE Perwakilan DUDI Meeting Kesetaraan Kurikulum Animasi di SMK STRADA DAMOS

Mas Alfie dari Kampoong Monster, Kang Asep dari Studio Kumata Bandung, Pak Masnun dari PT Sindhen Caste Jaya, dan Bambang Gunawan (Bambi) dari Studio Shoh Entertainment

KURIKULUM ANIMASI:
SSE Perwakilan DUDI Meeting Kesetaraan Kurikulum Animasi di
SMK STRADA DAMOS
Mas Be




DUDI adalah singkatan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri, dalam evaluasi kurikulum SMK-Sekolah Menengah Kejuruan diperlukan masukan dan saran dari DUDI mengingat lulusan SMK yang tidak lanjut ke Perguruan Tinggi akan langsung bekerja di dunia industri, sehingga kolaborasi sekolah dan dunia usaha diharapkan berhasil mencetak lulusan SMK yang benar-benar “siap kerja” di bidangnya.



Undangan dari SMK – ASJI (Asosiasi Sekolah Jesuit Indonesia) dalam hal ini diwakili SMK Strada Daan Mogot; atau dikenal dengan Strada Damos, untuk membahas kesetaraan kurikulum Program Studi Animasi, dilaksanakan di Kantor Strada Pusat, Jl. Gunung Sahari 88, Jakarta Pusat pada Rabu, 12 Februari 2020.
Acara yang juga dihadiri Bapak M. Bakrun Ditjen PSMK; dibuka dengan sambutan Direktur Perkumpulan Strada & Ketua ASJI.



Setelah pemaparan dari jurusan yang ada di Sekolah Strada, antara lain:

1. Akuntansi Keuangan Lembaga
2. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
3. Animasi
4. Teknik Kendaraan Ringan


Dilanjutkan dengan Sambutan dari Kadisdik Provinsi DKI, dan dibuka oleh Bapak Dirjen Pendidikan Vokasi M. Bakrun (dahulu disebut Ditjen PSMK). Segera setelah dibagi masing-masing kelompok DUDI; meeting DUDI Kurikulum Animasi SMK Strada Damos dimulai. Dari Strada diwakili oleh: Bapak Ignatius Sigit Rinta Padmaka, Kepala SMK Strada 1 Jakarta, Bapak Mulyanto, S.Sn, Kajur Animasi Strada Daan Mogot Tangerang, Bapak Haerudin, S.Kom, Guru Animasi SMK Strada Daan Mogot Tangerang, Ibu Natalia Ismawati, Guru Animasi SMK Strada Daan Mogot Tangerang.

Sedangkan perwakilan dari DUDI, antara lain: Mas Alfie dari Kampoong Monster, Kang Asep dari Studio Kumata Bandung, Pak Masnun dari PT Sindhen Caste Jaya, dan Bambang Gunawan (Bambi) dari Studio Shoh Entertainment; segera dilaksanakan. Acara semakin memanas ketika membahas Tuntutan Pengguna (DUDI) bagi siswa jurusan Animasi; yang secara garis besar kesimpulannya adalah siswa SMK menguasai kompetensi Animasi 2D dan fokus pada:


1. 2D Digital Puppet Animator, biasa juga disebut Cut Out animation, 2D In-between, 2D Background, 2D Coloring, 2D Clean Up, dan 2D Compositor. Dengan persyaratan utama “Harus bisa menggambar”. Khusus untuk Animasi 3D; hanya seputar pengantar dan 3D Modeling seperti hard surface & organic saja.  

2. Dan yang paling penting kebutuhan soft skill adalah “attitude” bahwa siswa SMK harus mandiri, sedikit kreatif, pantang menyerah, dan juga kemampuan bekerja secara teamwork.

3. SKKNI-Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia untuk Animasi tahun 2014; sudah diganti versi terbaru 2020 tetapi belum disosialisasikan. Sehingga semua sekolah animasi di Indonesia diharapkan segera meng-update hasil SKKNI terbaru; khususnya perlu kerja ekstra dari para guru terkait.


Dari hasil resume bersama secara umum ke 4 jurusan SMK Strada, sebagai berikut:

- attitude, DUDI lebih menyukai siswa dari daerah, bukan yang berasal dari Jabodetabek karena yang dari  daerah rata-rata “lebih niat bekerja” tidak manja, dan pantang menyerah. 

- waktu magang, sebaiknya 6 bulan, dan bila memungkinkan setahun.

- usulan mengubah nama SMK Sekolah Menengah Kejuruan menjadi Sekolah Menengah Vokasi; agar pandangan masyarakat bahwa SMK adalah siswa “kelas 2” bisa berubah.

- khusus Animasi; kebutuhan lulusan yang bisa menggambar 2D, menggambar benar bukan menggambar yang bagus. Lebih kepada pengetahuan tentang skala, konstruksi anatomi, dan perspektif; sehingga menggambar apa pun semua konsepnya sudah ada dalam otak atau sudah termemori dengan baik bagi masing-masing siswa.

Untuk software akan bisa dan mudah dipelajari, tetapi kemampuan pribadi dalam berpikir konseptual jauh lebih penting bagi seorang siswa. Semoga ke depannya lulusan SMK jurusan apa pun akan benar-benar siap pakai; baik dari skill/kemampuan maupun attitude/perilaku siswa selama bekerja di industri nantinya. Dan kurikulum belajar harus senantiasa diperbarui setiap tahunnya; mengingat begitu cepatnya perubahan dan perkembangan teknologi dan kebutuhan software yang digunakan DUDI.  

Semangat & Salam Nganimasi!

Studio SHOH Entertainment
SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com







  • AN1MAGINE
    Vol 5 No 2 (2020)
    Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.





An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.


An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.


icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini






Komentar

Postingan Populer