KARIER: Industri Animasi dengan Studio Shoh Entertainment


KARIER:  Industri Animasi dengan Studio Shoh Entertainment
Mas Be







An animator is an individual artist creating an animation. They are the person who decides how a character will move, what a scene looks like, and also what kind of software and tool will be used for the production. 







Animator adalah seorang seniman individu yang membuat animasi. Mereka adalah orang yang menentukan bagaimana karakter-karakternya akan bergerak, akan seperti apa adegannya, dan juga software dan alat apa yang akan digunakan dalam pembuatan produksi animasi. Bila sudah memasuki tahap produksi; animator akan bekerja-sama dengan bagian lain dalam mengerjakannya, diawali tahap praproduksi, lanjut produksi, hingga tahap pascaproduksi; hasilnya berupa produk animasi yang siap untuk ditayangkan.


Rekan-rekan pembaca yang mempunyai cita-cita untuk menjadi animator professional; PT Studio Shoh Entertainment (SSE) memberikan kesempatan bagi siapa saja yang mempunyai cita-cita dan keahlian menjadi animator professional untuk bergabung.

Ada 11 bidang kerja yang bisa rekan-rekan pilih sesuai dengan skill dan kemampuannya (Concept Design, Storyboard, 2D Animation, 3D Animation, 3D Modeling, 3D Rigging, 3D Layout/Pre-Visualization, Editing, VFX/Visual Effects, Light-Render-Compose, dan Technical Script) bila minat bergabung dengan SSE.


Para siswa, baik lulusan SMK maupun tingkat universitas, mahasiswa yang merasa kemampuan dan skill-nya seperti contoh perkerjaan animasi SSE, bisa dilihat dari YouTube: Studio Shoh Entertainment, Showreel Studio Shoh, an1mareaders dapat mengirimkan email lamaran ke: recruitment@studioshoh.com dengan menjelaskan akan melamar di bidang apa, disertai link demoreel contoh hasil kerja dalam bidang yang dipilih.


Dari pihak SSE akan memberikan test untuk dikerjakan selama jangka waktu tertentu, umumnya sekitar 1 minggu dan hasil test silakan dikirim balik melalui email. Bila hasilnya sesuai dengan kebutuhan industri dan standar SSE maka akan dilanjutkan ke tahap wawancara.


Bagi rekan-rekan yang yang ingin meng-upgrade skill/kemampuannya, SSE akan membuka Shoh Art Campus pertengahan tahun 2020, dan yang berminat mengetahui tentang Shoh Art Campus mohon meluangkan waktu untuk mengisi questioner di link http://bit.ly/SHOHArtCampus. Focus Group Discussion (FGD) dihadiri perwakilan SSE Mbak Dewi Rosma (Producer) dan mas Bambi atau Bambang Gunawan (Training Manager); bersama para dosen dari Fakultas Industri Kreatif, Desain Komunikasi Visual, Multimedia-Animasi-Game-Film, Telkom University, Bandung.


Antara lain Bapak Aris Rahmansyah sebagai Sekretaris Prodi S1 DKV, dosen peminatan Multimedia, Game, dan Animasi. Bapak M. Iskandar, Bapak Yayat Sudaryat, Bapak Zaini Ramdhan sebagai dosen peminatan Multimedia- Animasi. Bapak Anggar Erdhina Adi koordinator peminatan Multimedia, dosen pemintatan Multimedia Film, dan Bapak Ardy Aprilian Anwar sebagai dosen peminatan Multimedia-Film yang membahas bagaimana kebutuhan industri animasi bersinergi dengan kurikulum pengajaran di kampus dan juga tentang kunjungan industri.

Kemudian setelah FGD lanjut dengan acara yang bertajuk “SSE Goes to Campus” di Telkom University dihadiri 40 mahasiswa Fakultas Industri Kreatif, Desain Komunikasi Visual, peminatan Multimedia-Animasi-Game, acara dimoderatori oleh Bapak M. Iskandar Dosen Concept Art-Animasi.

Dalam acara ini juga kedatangan Mas Ikhlas Tawakal dari komunitas Naoon dan atau Tawakal Animation Studio bersama 2 siswa magang Shofia dari SMKN 1 Ciomas dan Alif dari SMKN 2 Cikarang Barat.

Mahasiswa sangat antusias berdiskusi bagaimana nantinya setelah lulus mereka akan bergabung dengan dunia industri, kiat-kiat bagaimana persiapan demoreel, dan pertanyaan krusial tentang gaji atau salary yang bisa didapat nantinya ketika bekerja dalam industri. Intinya gaji standar animator baru lulus pasti di atas standar UMP (Upah Minimum Provinsi - DKI Jakarta); sedangkan kemampuan dan skill masing-masing individu yang akan membedakan pendapatan seorang animator; termasuk juga pengalaman kerja dan “jam terbang” pasti akan diperhitungkan. 


Keesokan harinya; tanggal 29 Januari 2020 perwakilan SSE mbak Dewi Rosma (Producer) dan mas Bambang Gunawan (Training Manager) sebagai narasumber dalam Seminar “Berkarier Dalam Industri Animasi” di SMK Bakti Nusantara 666 Bandung jurusan  Desain Komunikasi Visual (DKV)-Animasi. Acara seminar dan diskusi kali ini diikuti 219 siswa, dengan Moderator Bapak Fathoni Hidayah, S.Sn dari jurusan DKV, didampingi Bapak Yoga sebagai wakil kepala bidang Humas, dan Pak Sony sebagai kaprodi Animasi.


Acara berlangsung seru, mengingat hal yang disampaikan dari SSE merupakan hal baru bagi siswa yang hadir; serta ada juga siswa yang mampu baca tulis Hangeul (Bahasa Korea), dan muncul sejumlah pertanyaan seperti; untuk lulusan SMK bekerja di industri akan masuk level apa? Pastinya Junior, tetapi bila sudah mempunyai pengalaman kerja selama sekolah; maka level akan menyesuaikan kemampuan, skill, pengalaman, dan sikap(attitude) masing-masing siswa. Juga pertanyaan mengenai pekerjaan menulis skrip untuk cerita animasi, dubber animasi, bagaimana hubungan kerja antardivisi, dan lain sebagainya.

Pada hari yang sama di PT Studio Shoh Entertainment di Palmerah, Jakarta, kedatangan tamu sejumlah 53 siswa dan 2 orang guru; kelas 10 dari Multimedia SMKN 1 Cibadak, Sukabumi. Para siswa sangat antusias mengikuti acara kunjungan industri kali ini, dan siswa banyak berinteraksi tanya-jawab dengan para Supervisor animasi, terlebih pada bagian 3D animasi. Banyak pertanyaan yang dilontarkan, di antaranya: Apakah di sini mengerjakan “anime”? sementara belum karena sekarang ini pekerjaan studio 2D dan 3D animasi kebanyakan dari Korea dan Dreamworks, tentang proses produksi dibagi menjadi praproduksi, produksi, dan pascaproduksi, bahkan menjadi animator professional kini menjadi cita-cita mereka setelah lulus sekolah nanti.

Semangat & Salam Nganimasi!

Studio SHOH Entertainment
Ascendo International Building 2nd Floor
Jl. Palmerah Barat No. 8/42, RT.2/RW.3, Grogol Utara, Kby.Lama, Jakarta Selatan 12210
Indonesia
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com

SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com





  • AN1MAGINE
    Vol 5 No 2 (2020)
    Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.





An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di inovel facebook group.


ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat juga gabung di ikomik facebook group.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu atau dapat bergabung di iluckis facebook group.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat pula bergabung di icosplayer facebook group.


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini




Komentar

Postingan Populer