VIRUS*

VIRUS*

M.S. Gumelar



“Kau pikir ini keputusan yang mudah?” tanyanya dengan wajah serius dan tampak penuh dengan keputusasaan.

“Tentu tidak Pak Sekretaris,” jawabku penuh ketegasan.

“Bagus!” jawabnya lagi dengan raut wajah tetap penuh keputusasaan.





“Bagaimana? Ada pertanyaan lainnya?” tanyanya untuk memantapkan pilihan.

Semua yang ada di dalam ruangan rapat darurat ini menjadi hening.

“Baiklah, ada baiknya kita resume rapat ini, dan memberi waktu bagi kita untuk memikirkannya, siapa tahu ada solusi lain yang memungkinkan dan lebih memberikan potensi lebih lunak, Pak Graham, silakan resumenya, ”pinta Sekretaris.

“Terima kasih Pak Sekretaris, baiklah, semua wakil tiap negara sudah hadir, minimal menteri, jika presiden serta wakilnya tidak dapat hadir. Rapat ini dihadiri oleh 195 negara di Bumi ini,”Graham berhenti sejenak, melihat ke para peserta rapat yang tampak gelisah, kemudian Graham melanjutkan.

“Populasi berlebih manusia di Bumi atau overshoot populasi di Bumi adalah ketika ada terlalu banyak orang di suatu lingkungan dengan sehingga potensi makanan, air minum, udara bersih untuk bernapas, dan sebagainya melebihi daya dukung tempat itu …”

“..., potensi kelebihan populasi manusia mampu merusak lingkungan lebih cepat daripada yang dapat diperbaiki oleh alam …”

“..., hal ini berpotensi menyebabkan keruntuhan ekologis dan sosial. Populasi manusia yang berlebih di seluruh permukan Bumi secara keseluruhan akan mengakibatkan peperangan paling besar dalam sejarah di Bumi …”

“..., manusia kelaparan mampu merusak, membunuh, bahkan cenderung berpotensi hal-hal mengerikan akan terjadi, seperti kanibal bila hal ini dibiarkan terjadi …”

“Penduduk Bumi ini telah mencapai titik paling membahayakan, data dari world survey of human population yang digabungkan dari tiap negara yang ada, populasi penduduk Bumi mencapai 10 biliun orang pada tahun 2022 jika dalam kecepatan pertumbuhan penduduk Bumi tahun 2020 ini …”

“..., itu pun ada potensi lebih besar lagi jumlahnya karena diperkirakan ada sekitar 20 persen penduduk belum tersurvei dengan alasan apa pun …” Graham menghela napas, kemudian melanjutkan.

“Potensi solusi pertama membuat skenario perang atas nama agama; kedua membuat skenario perang atas nama paham nonagama seperti politik, isme dengan ragam aliran, kepercayaan nonagama; ketiga membuat skenario penyakit yang pandemik menyebar ke seluruh Bumi …”

“Graham, cukup,” kata Sekretaris.

“Baik Pak Sekretaris,” jawab Graham.

“Ketiga pilihan tersebut semuanya berat, pilihan pertama, kita semua tahu, kita berusaha mendamaikan Bumi ini dengan mulai tidak mempermasalahkan agama, apa pun agamanya, menjadi tidak menarik lagi memulai perang atas nama agama, tidak semua orang tertarik lagi di masa ini, zaman telah berubah …” ucap salah satu peserta dari UK.

“Boris Johnson benar sekali, ucapannya mewakili seluruh UK dan negara-negara persemakmuran di bawahnya, saya pribadi, perwakilan dari Indonesia, setuju untuk tidak menggunakan agama lagi, manusia di tiap negara sekarang semakin pintar, agama sudah tidak mempan untuk mengurangi populasi manusia,” ujar Retno Marsudi.

“Tentu saja pilihan pertama kita coret, pilihan kedua menjadi pilihan, tetapi seperti kita semua tahu, semua paham atau isme yang sengaja kita buat dan benturkan agar memiliki pengikut, ternyata tidak sebanyak pengikut agama, sehingga pilihan terakhir dan paling logis adalah pilihan ketiga,” ujar Xi Jinping.

“Siapa yang memiliki simpanan virus yang dapat digunakan untuk direkayasa genetiknya menjadi virus jenis baru?” tanya Sekretaris Jendral.

“Pak Antonio Gutteres. Kami memiliki simpanan corona virus dari eksperimen sebelumnya, yang menyebar melalui unggas, flu burung,” ujar Xi Jinping.

“Kami telah rekayasa lagi dan lebih mematikan bagi beberapa orang yang tidak memiliki kekebalan tubuh tertentu, dan menyerang beberapa tipe DNA tertentu, sesuai keperluan” ujar Xi Jinping.

“Baik, terima kasih infonya Xi Jinping. Apakah semua wakil negara setuju?” tanya Antonio Gutteres.

Sekitar 70 persen peserta yang hadir mengangkat tangannya tanda setuju. Antonio Gutteres melihatnya dengan penuh kegalauan, kemudian meminta salah satu asistennya untuk meminta mereka yang setuju menandatangani form persetujuan.

“Baik, lebih dari separuh, tepatnya tujuh puluh persen peserta rapat yang hadir setuju untuk menggunakan virus sebagai pengendali populasi manusia, diharapkan ke depannya, manusia akan berkurang minimal mampu diredam agar mencapai titik keseimbangan ideal dengan Bumi ini, sehingga terjadi harmoni …” ujar Antonio Gutteres.

“..., populasi manusia untuk Bumi ini yang ideal adalah sekitar 1.5 sampai 2 biliun manusia, semoga keputusan kita yang sepertinya sangat kejam ini membuat kita semua menjadi pahlawan di masa depan atau menjadi penjahat kemanusiaan, hanya sejarah di masa depan yang tahu …”

“..., siapa yang mau berkorban menjadi penjahat pertama yang bakal teridentidikasi di negaranya nanti?” tanya Antonio Gutteres.  

“Saya Pak, bersedia berkorban dan siap menjadi martir di negara saya sendiri sebab negara kami memiliki jumlah populasi terbesar di Bumi,” jawab Xi Jinping.

“Kau memiliki jiwa pahlawan yang luar biasa temanku, mau berkorban menghentikan potensi kekacauan di masa depan,” puji Antonio Gutteres.

“Entahlah, aku pikir, daripada perang, daripada mengadu domba, ada baiknya menyelamatkan Bumi dari populasi berlebih yang akhirnya mengakibatkan perang dan kemunduran kemanusiaan yang pernah kita sejauh ini akan hancur …”

“..., tapi kupikir apakah dengan membunuh banyak orang dengan virus juga merupakan kebaikan? Tetap bagiku lebih manusiawi mereka terkena virus dan sakit daripada oleh perang dengan alasan apa pun …”

“..., walaupun aku tahu hal ini adalah juga keputusan yang buruk, tetapi aku pikir, tetap pilihan yang terbaik dari semua yang terburuk …,” ujarnya dengan wajah putus asa dengan kegalauan, tetapi sangat mantap dengan perkataannya.

“Aku bersedia sebagai negara kedua yang ikut berkorban untukmu, tidak ada hardfeeling karena masalah ekonomi dunia, populasi berlebih adalah masalah kita bersama …”

“..., walaupun sudah kuusahakan perang atas nama agama sebelumnya, tapi belum berhasil mengurangi jumlah penduduk secara signifikan,” ujar Donald Trump, sembari mengangkat gelas ke arah perwakilan Republik Rakyat China dan kemudian meminum air yang ada di dalamnya sebagai penghormatan.

“Ada solusi lain, tetapi kita memerlukan waktu sekitar paling cepat sepuluh tahun dan paling lambat lima puluh tahun untuk memindahkan populasi manusia yang berlebih ke planet lain, tetapi tentu saja tidak semua negara akan kami pindahkan penduduknya,” jawabku.

“Itu pilihan yang sangat sulit untuk dilakukan, dalam waktu mungkin kurang dari sepuluh tahun, maka manusia akan saling makan memakan atas nama lapar,” jawab Antonio Gutteres.

“Baiklah kita semua setuju, pilihan ketiga untuk dilaksanakan, rapat darurat dan tertutup ini ditutup,” Antonio Gutteres mengetukan palu tiga kali.


*


“Virus baru menyebar dan menyebabkan kematian, virus berasal dari Wuhan di Republik Rakyat China,” berita menyebar mendunia via internet yang kulihat dari smartphone di genggamanku.

Aku meneteskan airmata.

”Kau masih hidup, walaupun kau yang menyebarkannya pertama kali, karena kau telah menggunakan obat penawarnya,” ujar ahli virus dan dokter yang merawatku.

“Entahlah, apakah aku harus berterima kasih ataukah aku telah menjadi monster karenanya,” jawabku dengan tetesan air mata, tak mampu menatap mata lawan bicaraku.


Gum
ig: @bubblegumelar

* ini cerita fiksi saja, mohon maaf bila ada kesamaan nama dan tempat.




Karya secara lengkap ada di An1magine versi emagazine.


Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.






An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.


An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu.

ikomik

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini



Komentar

Postingan Populer