SSE: Sinergi dengan SMK Animasi


SSE: Sinergi dengan 

SMK Animasi

Mas Be




“Sinergi” adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimum. Ada beberapa syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreativitas.


Sinergi antara PT Studio Shoh Entertainment (SSE) dengan sekolah menengah kejuruan, sekolah tinggi dan universitas yang mengajarkan animasi; hasilnya mengarah kepada kebutuhan industri akan talenta animator-animator baru yang siap tempur dengan standar internasional; juga kebutuhan pihak sekolah dalam menyalurkan lulusan-lulusannya dalam memasuki dunia industri. Sinergi inilah yang belakangan tengah dilakukan antara SSE dengan beberapa sekolah yang mengajarkan animasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan talenta animator dalam industri animasi, baik sebagai studio yang menerima lulusan terbaik dari sekolah terkait dan juga studio yang menyediakan training animasi bagi para lulusan baru untuk upgrade skill agar setara dengan kebutuhan industri. 

Juga dapat berlanjut dengan kerjasama dalam menselaraskan kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri, kunjungan berkala, lowongan kerja, Career Day, seminar dan workshop, dan sebagainyaDalam laporan kali ini, SSE bersinergi dengan 4 sekolah; kebetulan sekolah-sekolah Animasi dan Multimedia yang dibicarakan kali ini terdapat di dalam data Sekolah Animasi di Indonesia dalam buku “NGANIMASI INDONESIA; Indonesia Animation Industry DataBuku karya penulis Bambi Bambang Gunawan tersebut diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo – Gramedia pada tahun 2018, selain juga berisi data dari 56 IP (Intellectual Property) Animasi 2D dan 3D, data studio animasi, dan event tahunan animasi yang kini semakin menjamur.

Yang pertama sinergi dengan SMK Tunas Media Depok jurusan Multimedia datang berkunjung ke PT SSE pada Selasa 14 Januari 2020 yang dibagi menjadi 2 kloter; yakni 41 siswa pada kloter pertama pada pukul 11.00 dan 40 siswa pada pk 14.00 dipimpin Bapak Asep Lukman, Wakil Kepala Sekolah dan beberapa orang guru pendamping. Para siswa sangat antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang proses produksi film animasi dan juga penasaran dengan software apa saja yang digunakan; peserta yang hadir diberi kesempatan untuk bertanya dan melihat langsung per bagian divisi dengan para Supervisor.

Pada hari yang sama SMK Tunas Media selain mengunjungi SSE; juga melakukan kunjungan industri di beberapa tempat lain seperti: Inews TV, kantor Arsip Nasional RI, dan PT Code Development Indonesia. Sementara itu di waktu yang sama perwakilan SSE hadir di SMK Mahanaim Bekasi jurusan Animasi, bertemu langsung dengan kepala sekolah Bapak Roy Miller dan ketua jurusan Animasi Bapak Lukas. Acara kali ini dihadiri 70 siswa, dengan segudang pertanyaan seputar proses dan pipeline produksi, software yang dipakai di dunia industri, dan bagaimana mengatasi ‘artblock’ pada saat mengerjakan animasi. 

SMK Mahanaim selain sedang berusaha menjadi pusat animasi di Bekasi; juga tengah mempersiapkan IP (Intellectual Property) animasi sebagai bahan praktek siswa dari pelajaran yang diberikan oleh para guru animasi. Keesokan harinya pada Rabu 15 Januari 2020 perwakilan SSE mas Bambi dan mbak Dina hadir ke SMK Islam PB Soedirman 2, Cijantung, Jln. Raya Bogor yang dihadiri 59 siswa kelas 10, 11, dan 12, didampingi Bapak Suhari ketua jurusan Animasi dan Ibu Sri Suselaningsih Waka Kurikulum.

SMK Islam PB Soedirman juga sudah melaksanakan “Teaching factory” (disingkat Tefa) bekerjasama dengan RUS Animation Kudus (untuk kegiatan magang Guru) dengan Mythologic Studio untuk prakerin (praktek kerja industri) siswa animasi. Hasil Tefa yang dilakukan sepenuhnya oleh para siswa; menghasilkan produksi yang beragam seperti: 3D asset untuk game & animation, membuat film animasi 2D, juga produksi sampingan seperti menerima: digital printing, produksi sablon kaos, mug, pin, ID card, tumbler, dan sebagainya. 

SMK Yappika Serpong, Tangerang jurusan Multimedia dikunjungi SSE pada tanggal 22 Januari 2020 dengan peserta 14 siswa kelas 10 didampingi 7 orang guru (Bapak Doddy Mandares Kepala Sekolah, Ibu Ary, Ibu Luci, Pak Dede guru Multimedia, dan Pak Heru hubin-hubungan industri), bagi para siswa kesempatan kali ini menambah pengetahuan bagaimana proses produksi film animasi dan bagian apa saja yang melengkapinya. Sehingga nantinya pada saat lulus sekolah mereka ada bayangan seperti apa bekerja sebagai animator professional dalam industri animasi.

Pada setiap kesempatan SSE menjelaskan tentang Pipeline Produksi Animasi 2D dan 3D, membuka kesempatan bagi para siswa yang kemampuan dan skill-nya seperti contoh perkerjaan animasi SSE (bisa dilihat dari YouTube: Studio Shoh Entertainment, Showreel Studio Shoh) bisa langsung mengirimkan email lamaran ke: recruitment@studioshoh.com dengan menjelaskan akan melamar di bidang apa yang akan dilamar.  Seperti Concept Design, Storyboard, 2D Animation, 3D Animation, 3D Modeling, 3D Rigging, 3D Layout/Pre-Visualization, Editing, VFX/Visual Effects, Light-Render-Compose, dan Technical Script 
dengan menyertakan link portofolio pribadi.

Nantinya akan diberikan soal yang harus dikerjakan dalam waktu tertentu; dengan hasil test yang bagus akan lanjut ke wawancara dan diakhiri dengan diterima sebagai karyawan baru, dan mulailah petualangan baru sebagai animator berkelas dunia. Silakan gabung dengan IG Instagram SSE @shohentertainment agar selalu update berita dan juga tentang recruitment setiap bulannya. Untuk durasi portofolio pribadi disarankan cukup 1 sampai maksimal 3 menit, jangan terlalu panjang; yang menampilkan hanya karya-karya terbaik yang pernah dikerjakan. Sehingga 30 detik di bagian awal akan sangat menentukan apakah seorang pelamar bisa masuk/diterima atau tidak di perusahaan atau studio animasi.

Bagi pembaca yang berminat mengetahui tentang SHOH Art Campus (produk training dari SSE yang rencana buka di bulan Agustus 2020), mohon meluangkan waktu untuk mengisi questioner di link http://bit.ly/SHOHArtCampus  Shoh Art Campus didirikan untuk menjembatani para calon animator agar bisa diterima bekerja di dunia industri; dengan para pengajar Supervisor di bidangnya yang berpengalaman mengerjakan proyek animasi berstandar internasional; sehingga peserta bisa meng-upgrade kemampuannya dengan training selama 3 sampai 4 bulan sesuai bidang yang dipilih.

Walaupun tujuan awalnya adalah ‘training untuk recruitment’ namun tidak menutup kemungkinan bagi peserta (baik siswa, mahasiswa, maupun yang hanya hobi) yang nantinya lulus tetapi tidak ingin bergabung dengan SSE, sedangkan bagi mereka berminat gabung dengan SSE setelah training akan diberikan tes lebih lanjut.

Semangat & Salam Nganimasi!

Studio SHOH Entertainment
Ascendo International Building 2nd Floor
Jl. Palmerah Barat No. 8/42, RT.2/RW.3, Grogol Utara, Kby.Lama, Jakarta Selatan 12210
Indonesia
YouTube: Studio Shoh Entertainment
IG @shohentertainment
recruitment@studioshoh.com

SHOH Art Campus
Gedung Plaza 89, lantai 12M
Jl. HR. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6, Kuningan, Jakarta Selatan 12940
artcampus@studioshoh.com




Liputan secara lengkap ada di An1magine versi emagazine.


Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.






An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu.

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini



Komentar

Postingan Populer