POLITEKNIK NEGERI BALI: Ketika “Green Tourism” Menjadi Paradigma Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI BALI: Ketika “Green Tourism” Menjadi Paradigma Pendidikan


Program Magister (S2) Perencanaan Pariwisata (Tourism Business Planning), Politeknik Negeri Bali (PNB) Sabtu, 28 Desember 2019 memperingati hari jadinya yang pertama. Momen ini terhitung sejak keluarnya SK Menristekdikti 1246/KPT/I/2018 pada tanggal 28 Desember 2018 sehingga, berdasarkan nomenkaltur Dikti.




Program studi ini boleh menabalkan dirinya sebagai program studi terapan perencanaan pariwisata pertama dan hingga kini satu-satunya di Indonesia. Dikatakan pertama karena selama ini yang banyak bermunculan adalah Program Studi Pariwisata, Program Studi Kajian Pariwisata atau Program Magister Manajemen (berkonsentrasi pariwisata) sebagaimana terdapat di banyak universitas, institut, dan sekolah tinggi. Hari ulang tahun yang cukup spesial ini dilaksanakan di Gedung MICE PNB di Kampus Bukit Jimbaran, Badung, dan dihadiri oleh para petinggi lembaga PNB, Jurusan Pariwisata, dan seluruh dosen Prodi Magister Terapan Perencanaan Pariwisata PNB serta para mahasiswa angkatan pertama yang berjumlah 33.

Acara yang berlangsung mulai pukul 17.00 hingga 19.00 ini begitu mengesankan meskipun dikemas secara sederhana sesuai konsep green, berupa sambutan-sambutan ringan, untaian doa dan potong tumpeng sebagai rasa syukur, ramah tamah penuh keakraban, yang semuanya ditingkah alunan musik akustik dan jingle Prodi dari para mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.  Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Pariwisata I Ketut Suarta menyatakan bahwa pihaknya bersyukur bahwa dalam semester pembelajaran yang sudah berjalan, Prodi kebanggaan Jurusan Pariwisata maupun PNB ini sudah berlangsung on the track, bahkan lebih dari yang dipikirkan banyak orang.

Namun demikian, ke depan, menurutnya, tantangan akan semakin besar karena dengan menjadi yang pertama dan terdepan, otomatis akan muncul follower satu demi satu dan persaingan semakin keras dan ketat. Karenanya potensi dan kapital yang bersifat hard maupun soft yang dimiliki Prodi ini harus dimaksimalkan dan diintensifkan. Suarta mengakui, keunggulan penting yang dimiliki Prodi ini adalah keberadaan green tourism sebagai paradigma kampus yang diimplementasikan dalam tridarma perguruan tingginya. Green tourism sebagaimana marwahnya menjaga keselarasan dalam sustainabilitas ekologis, sustainabilitas ekonomis, dan sustainabilitas sosial-budaya.

Kenyataan yang dihadapi seluruh manusia hari ini adalah bumi sedang mengalami persoalan lingkungan global; bisnis pariwisata yang berkembang tampak over dan kapitalistik; perilaku manusia pun kurang care pada kelompok-kelompok sosial dan kebudayaan lokal, dan sejenisnya. Sejalan dengan Pemerintah Provinsi Bali yang mengedepankan program pembangunan “Nangun Sad Kertih Loka Bali” (upaya memelihara dan menyucikan sumber-sumber kehidupan masyarakat), PNB sendiri bahkan sejak lima tahun terakhir menjalankan pola ilmiah pokok green tourism.

Menurut Suarta, konsekuensi logisnya bagi Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata adalah, konten kurikulum dan proses pembelajaran, kegiatan penelitian dan penulisan artikel, serta praktik pengabdian kepada masyarakat, semuanya berbasis atau setidaknya bernuansakan konsep-konsep green living“Ini (green tourism) menjadi selling point utama kita. Green tourism harus dipertahankan, diwujudkan dalam kenyataan, dan terus dikembangkan. Karenanya, mereka yang butuh belajar memimpin perusahaan pariwisata tanpa merusak alam, lingkungan, dan ekologi, serta tatanan sosial-budaya sekitarnya, di sini tempatnya!”, ujar Suarta bersemangat.

Fakta menunjukkan, didukung sejumlah guru besar dan doktor profesional lulusan dalam dan luar negeri yang dimiliki Prodi ini serta para general manager industri pariwisata yang ahli di bidangnya masing-masing, kurikulum yang dijalankan dengan pendekatan problem-based learning.  Artinya, apa pun realitas yang terjadi di dunia industri pariwisata langsung menjadi subject-matter pembelajaran di kelas. Tidak mengherankan, napas pembelajaran di kampus ber-branding The School of Managers in Tourism ini adalah link and match, yakni kepaduan antara apa yang terjadi di industri pariwisata dan apa yang ditekuni di kampus.

Apalagi, profil lulusan kampus ini adalah pemimpin dan manajer industri pariwisata, akademisi dan peneliti ilmu terapan pariwisata, serta entrepreneur dan birokrat kepariwisataan. Ketua Prodi Magister Perencanaan Pariwisata PNB I Gede Mudana mengingatkan mulai tahun mendatang, Prodinya akan menjalani proses akreditasi nasional (Akreditasi Program Studi 4.0) selain akreditasi internasional karena proses pembelajarannya sudah menggunakan modul internasional. Proses melaksanakan seminar internasional; menerbitkan buku; mengintensifkan persiapan pembentukan program doktor (S3) terapan; dan merealisasikan program double-degree dengan sebuah universitas di Eropa; semakin mengglobalkan jurnal internasional ilmu terapan pariwisata yang dikelola secara internal.

Jurnal-jurnal tersebut yaitu International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events (IJASTE); Journal of Applied Sciences in Travel and Hospitality (JASTH); dan International Journal of Green Tourism Research and Applications (IJOGTRA). Mudana menandaskan, demi menjaga kualitas pendidikan Prodinya, tahun 2020 pihaknya konsisten mencari satu kelas atau tidak lebih dari 35 mahasiswa saja sebagaimana di tahun akademik pertama (2019/2020). Di luar dugaannya, di bulan Desember 2019 saja sudah lebih dari 10 calon mahasiswa baru siap mendaftar padahal pendaftaran online di sion.pnb.ac.id baru dibuka 06 Januari 2020.

Informasi selengkapnya tentang program 4 semester ini dapat diperoleh di s2pariwisata.pnb.ac.id. Seperti biasa, sebelum diterima menjadi mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, para pelamar akan menghadapi seleksi administrasi, tes tulis, TOEFL, tes wawancara, dan tes kepribadian yang diadakan sekitar bulan Mei 2020. Perkuliahannya sendiri dimulai awal September.




Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam ragam genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun. Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.






An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.


An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu.

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu.


icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini





Komentar

Postingan Populer