KATAPEL NEXT: The Pallas, SCBD, Jakarta 10 Desember 2019 Mas Be


KATAPEL NEXT:
The Pallas, SCBD, Jakarta 10 Desember 2019
Mas Be



Tahun lalu ketika BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) belum berubah menjadi Parekraf (Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif) mempunyai acara yang bernama KATAPEL (Instagram @katapel.id) adalah Creative IP Bootcamp yang sudah terlaksana 2 batch dengan 150 IP karya lokal Indonesia terpilih, dan akhirnya menjadi 5 IP pemenang batch 1 dan 5 IP pemenang batch 2.

Acara bootcamp-nya berlangsung 4 hari dengan para pembicara mentor di bidang yang berhubungan dengan urusan IP-Intelectual Property, peserta diberikan wawasan baru mengenai apa dan bagaimana tentang mengelola IP; sehingga pada hari ke 5 semua peserta wajib membuat presentasi baru berupa “IP Style Guide” masing-masing; dari apa yang didapatkan 4 hari sebelumnya. Setelah penilaian, yang lolos ke babak final diminta berpameran lengkap dengan booth dan merchandise seminggu kemudian, dan pada saat final ditentukan 5 pemenang yang diikutkan pada beberapa acara pameran seperti di Shanghai, China mewakili negara Indonesia.

Pemenang IP di batch 1 tahun 2018:
-Komik Ga Jelas
-Garudayana
-Tahi Lalats
-Hey Blo
-Emak Matic

Pemenang IP di batch 2 tahun 2019:
-Mintchan
-Ghosty’s Comic
-Gugug
-Manguni Squad
-NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini)

Nah, tanggal 10 Desember yang baru lalu diadakan acara “KATAPEL NEXT” dengan rencana akan diadakan Katapel berikutnya di tahun 2020 sekaligus dengan Katapel Award yang bekerjasama dengan Kementerian Parekraf yang baru. Sehingga acara Katapel Next menampilkan banyak pembicara yang sudah maestro di bidang pemasaran IP termasuk urusan hukum dan diskusi panel dengan para empunya IP seperti Gugug, Tahi Lalats, Komik Ga Jelas, Si Juki, Ghosty, dan juga dari Line; termasuk lomba sticker Line yang dilakukan selama acara & berhasil menampilkan 5 pemenang terbaik sticker Line dan mendapat kesempatan menjadi Line Creator Official.

Dari panitia pelaksana, Robby Wahyudi melaporkan sejauh mana perkembangan IP buatan Indonesia, dari mulai dari fashion jeans, sneakers, t-shirt, accessories ke film layar lebar, komik, game, animasi, dan superhero Indonesia. Kerja sama antar IP dengan para vendor seperti BRI, Seagate, Giordano, Huion, dan Pioneer. Yang menarik diramalkan tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi di peringkat 7 dunia, dan pada tahun 2050, Indonesia akan melaju menjadi peringkat ke 4 dunia.

Sedangkan Mochtar Sarman, beliau yang mengurus IP ASEAN Games 2018, dengan karya merchandise yang luar biasa dan berhasil menambah pundi-pundi devisa negara, menjelaskan masa depan IP Indonesia dari berbagai hal; diawali dengan dominasi brand-brand luar negeri, mengangkat lokal menjadi global, dengan mengangkat tema kelokalan dari cerita, humor, budaya, serta rasa atau aroma. Yang akan berdampak pada GDP, pariwisata, dan nasional branding; ke 3 hal ini besar pengaruhnya pada Sports, Heroes, & Music.

Superhero lokal Indonesia dimulai dari reservasi komik-komik zaman dahulu hingga yang di-update menjadi film layar lebar seperti Wirosableng, Susi Susanti, Gundala, & Gatotkaca.

Ke depannya yang diperlukan IP lokal adalah: menjadi profesional, berkolaborasi, dan support dari pemerintah serta dunia industri. Dari diskusi panel para pemilik IP dan perwakilan dari Line; banyak berbagi cerita seperti bagaimana mereka mulai, kendala yang ada, bagaimana memelihara dan mengembangkan IP, kerjasama dengan vendor, kolaborasi, dan harapan ke depan masing-masing empunya IP. Juga penjelasan dari Line mengenai profit yang didapat para kreator Sticker Line, yang intinya siapa pun bisa menjadi Kreator untuk Line.

Sampai jumpa di acara KATAPEL tahun 2020, maju terus animasi Indonesia & salam kreatif!.


YouTube: Bambang Gunawan Santoso
IG @bambigunawan
LINE sibambi
FB group:
ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be
Karakter Unyu Nganimasi
FB page: MAS Be

Liputan terpublikasi juga di An1magine versi cyber magazine

Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access system). Silakan klik link di atas untuk mengunduhnya.


An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine mewadahi karya cerita mini, cerita bersambung dalam raga genre, tutorial, dan komik dalam ragam gaya gambar apa pun.

An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage Journal, Play Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter


inovel

Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: inovel.group@gmail.com subject: gabung inovel dengan isi: nomor kontak WA kamu.

ikomik
Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667 dapat mengirimkan email ke: ikomik.group@gmail.com subject: gabung ikomik dengan isi: nomor kontak WA kamu.

iluckis
Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667 atau dapat mengirimkan email ke: iluckis.group@gmail.com subject: gabung iluckis dengan isi: nomor kontak WA kamu.

icosplayer

Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667


Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini

Komentar

Postingan Populer