HELLOFEST: Animation & Short Movie Festival 2019


HELLOFEST: Animation & Short Movie Festival 2019
Mas Be



23-24 November 2019, CGV FX Sudirman, Jakarta. Kalau 3 tahun sebelumnya acara Hellofest dimeriahkan oleh lebih dari 1300-an peserta Cosplay, pameran & bazaar, plus makanan; sekarang konsep acara Hellofest lebih fokus pada screening film animasi dan film pendek, termasuk lomba film 8 detik pas, visual content seminar, dan awarding.


Acara HELLOFEST ke 13, berlangsung di CGV teater 1, FX Sudirman, Jakarta; hari Sabtu dan Minggu tanggal 23 dan 24 November 2019. Penulis berbagi cerita tentang keseruan acara di hari pertama; dibuka oleh si empunya acara Hellofest Mas Waditya alias Wahyu Aditya dari Hellomotion School & Academy.

Kemudian nonton finalis film pendek lanjut dengan Seminar tentang “Jualan IP Character: Gimana caranya” yang pertama oleh Jasmine HS creator IP “KOMIK GA JELAS” tentang proses awal karier hingga sekarang, tentang selalu terus mencoba dan berkarya, jangan takut salah atau kurang bagus karena sebuah IP bisa terus berkembang.

Berikutnya seorang ibu rumah tangga yang background pendidikannya Geologi, Puty Puar seorang illustrator yang karyanya muncul di banyak tempat termasuk Grab apps, dan lain-lainnya. Bahwa networking sangat diperlukan dalam era milenial sekarang ini.


Pengumuman pemenang Lomba Video Ragam Budaya Indonesia dari Diversity.ID.  Sedangkan Seminar bagian ke 2 “Resep Mengembangkan Karakter Lokal” dibawakan oleh dua pentolan narasumber, yakni Chris Lie dari Caravan Studio yang mempersiapkan ilustrasi konsep desain dari beberapa film layar lebar di antaranya “Wiro Sableng” dan “Gundala” bahwa sesuatu yang unik dari sebuah budaya bukan hanya yang tampak secara visual, tetapi tradisi, budaya, tingkah laku atau kebiasaan, makanan, musik, beladiri, dan sejarah.

Imansyah Lubis, biasa dikenal dengan Bapak Ranger dari Bumilangit, menjelaskan panjang lebar tentang merestorasi komik buatan Indonesia selama 10 tahun yakni rentang waktu 2003-2013 telah terkumpul lebih dari 1300 superhero lokal, mengumpulkan maestro cergam atau cerita bergambar dari Indonesia yang sebagian besar sudah almarhum, dan memasarkan kembali superhero dari Jagad Bumilangit dengan desain yang lebih kekinian.

Di antaranya memopulerkan kembali tokoh “si Buta dari Gua Hantu”, kemudian film animasi “Patriot Cilik” berisi cerita tentang para superhero Indonesia yang masih Sekolah Dasar. Dan rencana film layer lebar superhero Indonesia 2019-2025 dimulai dengan film “Gundala” di tahun ini, kemudian “Sri Asih” dan tokoh-tokoh superhero yang lainnya.

Pada hari kedua selain pemutaran film karya finalis dan seminar tentang “Referensi Produksi Konten: Bukan Cuma Vlog!” dan “Kisi-kisi dan Realita Terjun di Dunia Kreatif” juga merupakan malam awarding.

Puji dan syukur dari Studio Shoh Entertainment (SSE) mendapatkan 2 penghargaan, yakni:
1. Film animasi 2D berjudul “MAIN” karya team 2D animasi SSE (Clara, Firmansyah, Sukaiman, Iliyas) berhasil memperoleh penghargaan Special Mention Animation.
2. Film animasi 3D berjudul “LILLY” karya 3D modeler SSE (Fakhri Muzaki, lulusan SMKN 1 Ciomas) berhasil mendapatkan Best Picture.

Sampai jumpa di acara Hellofest tahun berikutnya, maju terus animasi Indonesia.
Salam Nganimasi!

YouTube: Bambang Gunawan Santoso
IG @bambigunawan
LINE sibambi
FB group:
ANIMART
Nganimasi Bersama Mas Be
Karakter Unyu Nganimasi
FB page: MAS Be




Liputan terpublikasi juga di An1magine versi cyber magazine







  • An1magine ISSN: 2502-3381. Jurnal majalah bulanan populer seni, desain, animasi, komik, novel, cerita mini, dan sains ringan yang dikemas dalam format education dan entertainment (edutainment). Jurnal majalah An1magine ini dapat diakses secara gratis (open access). An1magine edisi ini dapat diunduh di An1mage JournalPlay Store, dan Google Book. Silakan klik link aktif yang ada untuk mengunduhnya.

    Gak mau ketinggalan berita saat An1magine terbit? Gabung yok di An1mareaders WA GroupFacebookInstagramTwitter

    icosplayer
    Para cosplayer yang keren-keren, gabung yuk di icosplayer WA grup, foto kalian yang menggunakan kostum bisa masuk ke majalah digital An1magine yang terbit bulanan, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke WA ke Aditya PIC: 0818966667

    inovel

    Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, tutorial, pelatihan, dan membahas puisi, cerita mini, cerita pendek, novel, dan scenario untuk diterbitkan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667

    ikomik
    Gabung di An1mage WA Grup untuk workshop, pelatihan, tutorial, dan membahas komik untuk diterbitkan, dianimasikan dan atau difilmkan, jangan ngabisin waktu nungguin chat, mari berkarya nyata, terlibat dalam produksi secara langsung, gabung dengan mengirimkan pesan WA ke PIC Aditya: 0818966667

    iluckis
    Gabung yuk di grup WA iluckis, tempat para pelukis berkarya, berpameran, dan berpublikasi, karya lukisanmu dapat dipublikasikan secara gratis di majalah An1magine yang terbit bulanan dan beredar sejangkauan jari di Play Store yang berdampak pada promosi karya dan namamu agar lebih dikenal , gabung dengan mengirimkan pesan WA ke Aditya PIC: 0818966667


    Lowongan menjadi agen iklan An1magine dengan sistem komisi sampai 50% net, kirim lamaran via email ke: an1mage@an1mage.org atau isi online form agen iklan freelance berikut ini



Komentar

Postingan Populer